in: Games | July 21, 2011 | by: Pladidus Santoso

Review InFamous 2: Selamatkan Atau Hancurkan Dunia?

Game yang mengusung sistem open-world tidak akan pernah mengecewakan. Kebebasan untuk melakukan hampir semua hal di atas dunia yang begitu terbuka menjadi konsep yang menarik. Namun benarkah seperti itu? Ternyata tidak. Bukan rahasia lagi jika cukup banyak yang berusaha mengusung cara ini namun harus berakhir dengan kekecewaan besar di pihak gamer. Sebuah basis game open-world tidak akan mampu menjual jika tidak memiliki elemen pendukung mumpuni di dalamnya. Salah satu yang patut dijadikan kiblat adalah seri InFamous.

InFamous merupakan game action open-world yang dikembangkan oleh Sucker Punch Productions dan Sony Computer Entertainment. Dirilis eksklusif untuk Playstation 3, game ini mampu mencapai kesuksesan yang luar biasa di perilisan awalnya, bahkan membantu konsol hitam milik Sony tersebut untuk bangkit dari persaingan dengan XBOX 360. Mengusung plot yang menarik, InFamous dikenal karena mengusung sistem gameplay yang belum pernah ada di genre open-world sebelumnya. Sistem karma, skill, plot yang bercabang, dan masih banyak lainnya menjadikan game ini unik.

Kini, setelah 1,5 tahun sejak seri pertamanya dirilis, franchise ini melahirkan seri keduanya. InFamous 2 termasuk salah satu game yang paling ditunggu di tahun 2011 dan tetap muncul sebagai eksklusif Playstation 3.  Setelah sempat sedikit memberikan gambaran kepada Anda tentang apa yang ditawarkan game ini melalui preview sebelumnya, tiba saatnya untuk menilai apakah game ini benar-benar cukup bernilai untuk dimainkan. Jadi, apa yang ditawarkan Infamous 2 ini?

Plot

Event yang mengubah hidup Cole.

Di seri kedua ini, kita masih akan berperan sebagai si manusia listrik, Cole MacGrath. Setelah ia menemukan kekuatannya yang luar biasa di seri pertama akibat ledakan Ray Sphere, Cole terpanggil untuk menjalani takdir yang lebih besar. Usaha investigasi akan ledakan tersebut membuatnya  bertemu dengan Kessler, dirinya yang datang dari masa depan. Setelah pertarungan epik yang terjadi, Kessler memberikan visi masa depan pada Cole tentang kehadiran The Beast, monster yang akan menghancurkan dunia. The Beast sedang menuju ke Empire City, tempat di mana Cole berada. Sebagai satu-satunya orang yang mampu mengalahkan The Beast, Cole tak punya pilihan. Ia harus berdiri melawan kekuatan Beast yang absolut.

Konfrontasi pertama melawan The Beast.
Dengan kekuatan terbesar Cole, The Beast tetap tak bergeming.

InFamous 2 berjalan sebulan setelah event akhir di seri pertama. Cole yang bersiap menghadapi sang monster tiba-tiba dikejutkan dengan hadirnya The Beast secara tiba-tiba di Empire City. Berjuang dengan semua kekuatan yang ia miliki, Cole berusaha mengalahkan entitas super kuat tersebut. Namun upaya tersebut gagal, Cole masih terlalu lemah. Walaupun ia berhasil melarikan diri, Empire City harus menjadi korban pertama The Beast. Kota tersebut hancur rata dan semua penduduknya tewas dengan sebuah energy blast.

Cole harus mencari lebih banyak Blast Core untuk memicu RFI.

Cole bersama dengan teman setianya, Zeke dan Kuo memutuskan untuk berangkat ke New Marais untuk menemui Dr. Wolfe, jenius yang dipercaya mampu melipatkagandakan kekuatan Cole dan mempersiapkannya melawan The Beast. Wolfe datang dengan sebuah solusi “sederhana”. Selain memperkuat diri dengan Blast Core, Cole juga harus menggunakan RFI (Ray Field Inhibitor) yang akan menyerap kekuatan The Beast, membuatnya lebih lemah. Dengan kekuatan Cole yang semakin kuat dan The Beast yang semakin lemah, skenario ini tampaknya akan menjadi jalan keluar terbaik. Cole pun bersedia.

Welcome to New Marais.

Namun, New Marais bukanlah sebuah kota yang indah. Dengan kota yang dipenuhi dengan militia, monster, dan pasukan conduit yang masif,  Cole harus berjuang keras untuk menemukan Blast Core untuk menaklukkan The Beast, namun sekaligus juga berhadapan dengan kelompok yang menginginkan nyawanya. Konflik pun tak dapat dihindarkan dan Cole harus memecahkan misteri yang menyelubungi New Marais. Siapakah The Beast? Dapatkan ia dikalahkan? Siapakah yang berada di balik konflik faksi New Marais? Anda akan menemukan semua jawaban itu seiring dengan jalannya plot.

Setting-nya sendiri akan menutup akses Cole di satu kota saja, yakni New Marais. Kota yang dibangun dengan detail yang cukup baik ini akan terbagi menjadi 3 bagian yang akan dapat diakses sejalan dengan perkembangan permainan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This: