in: Processors | July 25, 2011 | by: Bhisma Sidarto

Review Kinerja AMD Llano A6-3650 dan A8-3850

Kami telah menyajikan kepada Anda “sneak peek” kedua varian APU terbaru dari AMD, yaitu AMD A8-3850 dan A6-A3650. Keduanya lebih dikenal dengan nama Llano. Kami pun telah mengulas dengan lengkap arsitektur dari APU terbaru AMD tersebut. Kini saatnya kami menggelar hasil pengujian prosesor (atau AMD lebih senang menyebutnya APU) ini. Penasaran? Silahkan baca artikel kami berikut ini.

Datang dengan kemasan yang berbeda, pasti membuat kita berharap bahwa prosesor ini membawa sebuah perubahan besar ke arah yang benar bagi AMD. Seperti apakah “penampakan” dari APU andalan AMD ini? Mari kita kupas bersama.

Kemasan

Berbeda dengan kemasan sebelumnya yang selalu bernuansa hijau, kali ini AMD mengusung warna merah seakan ingin menekankan kegarangan dari produk terbarunya ini.

Isi kemasan penjualannya tak berbeda dengan sebelumnya. Cukup sederhana. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah bagian stiker. Di bagian tersebut terdapat sebuah stiker yang bertuliskan AMD Vision.

Tak lengkap kalau kita tidak mengupas heatsink yang menyertai prosesor ini. Seperti apakah heatsink yang dipercayakan AMD untuk mendinginkan processor yang mempunyai TDP 100 Watt? Silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Sekilas heatsink ini mengingatkan kami kepada era prosesor AMD Duron dan Athlon XP. Sudah lama kami tidak menemui heatsink dengan penampilan yang cukup “sederhana” seperti ini.

Tanpa adanya copper base pada heatsink standard ini (berbeda dengan heatsink standard Phenom II yang seluruhnya terbuat dari copper) membuat kami sedikit meragukan kemampuan heatsink standard ini untuk mampu mendinginkan Llano dengan baik. Tapi kami percaya bahwa AMD memiliki alasan mengapa menyertakan heatsink dalam paket penjualannya.

Seperti apakah penampilan fisik dari Llano APU? Silahkan simak foto di bawah ini.

Bentuk fisik prosesor Llano A8-A3850.
Bentuk fisik processor Llano A6-A3650

Prosesor baru AMD ini mengusung socket FM1. Pin yang digunakan socket ini sebanyak 905. Jumlahnya lebih sedikit dari yang digunakan socket AM3 yang berjumlah 940.

Prosesor ini telah siap di dalam socket. Maka saatnya kami menguji kemampuan APU terbaru dari AMD. Apakah performanya mampu menyaingi produk kompetitornya? Apakah performa produk AMD ini mampu menyamai hype-nya?

Tetapi sebelum melanjutkan kebagian pengujian mari kita sedikit ulas spesifikasi APU ini, berikut dengan dua prosesor yang kami pilih sebagai pembandingnya.

Llano A6 dan A8 bersaing langsung dengan produk Intel Core i3 2100 sehingga sangat wajar ketika kami menyertakannya dalam pengujian kami. Langkah kami menyertakan Phenom II X4 840 dalam pengujian karena secara spesifikasi prosesor ini identik dengan APU baru ini. Kami juga menguji Phenom II X4 840 dengan menggunakan clock speed yang sama dengan yang digunakan oleh A8-A3850 untuk sekadar membandingkan kemampuan kedua prosesor ini ketika berjalan di clock speed yang sama.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES