Fox Engine: Engine Grafis ala Hideo Kojima
Jika kita membicarakan salah satu elemen yang cukup menentukan pengalaman yang dihadirkan sebuah game, maka kualitas grafis adalah salah satu yang berpengaruh signifikan. Walaupun tidak menjadi faktor satu-satunya yang menentukan kualitas keselurahan permainan, visualisasi akan sangat menentukan seberapa betah gamer menatap layar kaca. Tidak harus nyata, namun harus hadir dalam tema dan bentuk yang mencerminkan game itu sendiri. Hal yang mampu mewujudkan hal tersebut? Pemilihan engine grafis yang tepat.
Metal Gear Solid 4 merupakan salah satu game dengan kualitas grafis terbaik di Playstation 3. Petualangan terakhir Snake ini mampu diwujudkan dengan epik oleh tangan dingin si jenius, Hideo Kojima. Walaupun game ini berhasil mendapatkan review yang luar biasa baik, Kojima tetap tampak tak puas. Di dalam otaknya, ia selalu memiliki konsep MGS 4 yang mampu tampil lebih keren. Ketika Rockstar mempelihatkan motion capture L.A. Noire yang memesona, Kojima langsung jatuh cinta dengannya. Hal ini pulalah yang menjadi inspirasi awal untuk bagi si jenius untuk mulai mengerjakan engine grafisnya sendiri.
Walaupun sudah memasuki tahap pengembangan yang serius, Kojima masih belum menjelaskan tujuan utama dibangun mesin grafis bernama Fox Engine ini. Ia hanya menyatakan bahwa engine ini akan digunakan dalam game-game yang akan ia buat di masa yang akan datang dan akan terbuka untuk pengembang yang lain. Fox Engine akan didesain dengan dasar multiplatform, sehingga bisa digunakan untuk konsol dan PC. Berpijak pada usaha membangun realitas yang lebih baik, teknologi motion capture – terutama wajah akan menjadi fokus utama.
Semoga saja tangan dingin Hideo Kojima benar-benar bisa melahirkan sebuah mesin grafis mumpuni untuk industri game. Jika menilik sepak terjang Kojima selama ini, kualitas hasil karyanya tak perlu lagi dipertanyakan. Apakah Fox Engine ini akan menjadi fenomena tersendiri? Apakah kita akan melihatnya di Metal Gear Rising? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.