in: News | August 30, 2011 | by: Deliusno

Gadget Penghilang Kebosanan di Kala Mudik

Apakah Anda termasuk orang yang selalu menjalani tradisi mudik setiap tahunnya? Acara berkumpul bersama keluarga besar saat Lebaran memang sudah menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan setiap tahunnya. Perjalanan mudik akan terasa menyenangkan apabila ditempuh melalui jalur udara. Beda ceritanya jika Anda harus merasakan perjalanan pulang ke kampung halaman melalui jalur darat. Jauhnya lokasi kampung halaman berimbas ke waktu tempuh perjalanan. Salah satu rekan di Jagat Review bahkan harus menempuh perjalanan hingga 10 jam untuk mencapai kampung halamannya! Kemacetan panjang juga menghantui setiap pemudik setiap tahunnya. Kebosanan dipastikan akan menggentayangi Anda selama perjalanan.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh agar perjalanan mudik tidak membosankan. Salah satunya adalah dengan menggunakan gadget. Saat ini sudah ada begitu banyak macam gadget yang hadir di Indonesia. Gadget apakah yang kira-kira menyenangkan untuk dibawa mudik?

Smartphone

Gadget yang paling banyak beredar saat ini. Nyaris semua produsen gadget memiliki lini produk ini. Samsung dengan seri Galaxy-nya, HTC dengan smartphone Android dan Windows Phone 7-nya, Apple dengan iPhone-nya, dan masih banyak lagi. Menggunakan perangkat ini, Anda bisa melakukan fungsi mobile phone pada umumnya ditambah kemampuan untuk browsing, chatting, mendengarkan musik, menonton video, dan juga gaming. Saat membutuhkan informasi tentang jalanan, Anda bisa browsing melalui Internet. Saat bosan menyerang, Anda bisa memainkan game, mendengarkan musik, dan menonton video. Beberapa perangkat smartphone yang ada di pasaran pun sudah dilengkapi dengan internal GPS. Anda bisa memanfaatkannya untuk menunjukkan jalan saat Anda tersesat. Sayangnya, layar yang digunakan di perangkat smartphone ini tidak sebesar gadget berikutnya, yaitu tablet.

Tablet

Anda bisa gunakan perangkat tablet, seperti iPad 2,untuk bermain game.

Perangkat ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan smartphone. Bedanya, kebanyakan perangkat tablet yang ada di pasaran tidak dilengkapi dengan fungsi menelepon. Samsung Galaxy Tab 7 inci dilengkapi dengan fungsi tersebut, walaupun Anda harus menggunakan earphone dengan mic. Selain itu, perangkat tablet dilengkapi dengan layar yang lebih besar dari smartphone, yaitu sekitar 7 inci hingga 10 inci. Perangkat ini pun sudah mulai banyak jenisnya di pasaran Indonesia. Dengan layar yang lebih besar, pengalaman browsing dan menonton video akan lebih menyenangkan. Bahkan, beberapa perangkat tablet telah dilengkapi dengan GPS.

Portable Game Console

Kedua portable game console ini sudah hadir di Indonesia.

Ingin bermain game saat perjalanan mudik? Beberapa mobil biasanya dilengkapi dengan beberapa TV dan juga game console. Namun, pengaturan sistem konsol di dalam mobil biasanya sangat merepotkan. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak melakukan hal tersebut. Masalah tersebut berhasil diatasi dengan hadirnya begitu banyak portable game console. Beberapa perangkat yang telah hadir di Indonesia adalah Sony PlayStation Portable, Nintendo DS, dan Nintendo 3DS. Selain dapat digunakan untuk bermain game, perangkat-perangkat tersebut dapat digunakan untuk menonton video dan mendengarkan musik. Saran kami, isilah portable game console Anda dengan game bergenre RPG. Game dengan jenis tersebut dijamin dapat menghabiskan waktu Anda dari pergi mudik hingga kembali ke kota asal. Jangan lupa, belilah sebuah baterai cadangan!

Kamera

Perjalanan mudik yang sangat panjang memang sangat melelahkan dan terkadang membosankan. Namun, apabila Anda melihat ke luar jendela, biasanya Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa indah. Jangan lewatkan momen tersebut! Segera abadikan momen tersebut dengan menggunakan kamera! Saran kami, jangan pernah lepaskan kamera dari tangan Anda. Memang kegiatan mengambil gambar dapat dilakukan dengan menggunakan mobile phone atau smartphone. Namun, biasanya hasilnya tidak akan sebaik menggunakan kamera compact dan juga SLR. Kegiatan mengambil gambar ini dijamin dapat membunuh waktu Anda.

DVD Portable

Perangkat ini lazim hadir di toko-toko elektronik. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan mudah. Harga per unitnya pun murah. Nyaris semua perangkat DVD Portable yang beredar di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan layar. Ukurannya pun tidaklah besar. Anda bisa langsung menikmati koleksi film dalam bentuk DVD di perjalanan.

Terkadang perjalanan mudik dapat menjadi sangat membosankan. Untuk menghabiskan waktu, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan membawa gadget. Kalau ditanya, gadget apa yang akan kami bawa ke kampung halaman, kami dijamin akan membawa semua gadget yang disebutkan di atas. Bagaimana dengan Anda? Gadget apa yang akan Anda bawa saat perjalanan mudik?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES