NostalGame: PepsiMan

Reading time:
August 30, 2011
cover2

Kesederhanaan di dalam industri game seringkali menjadi pedang bermata dua yang bisa membuat sebuah game sukses luar biasa atau malah tenggelam tak dikenal sama sekali. Sudah tidak terhitung berapa banyak game yang mampu menjadikan kemampuan ini sebagai senjata utama yang sangat menjual, namun cukup banyak pula yang harus menggigit jari. Apa yang menyebabkan fenomena seperti ini? Kekuatan untuk memadukan tema yang tepat, tantangan, dan berbagai elemen yang adiktif akan menjadi senjata utama keberhasilan. Salah satu yang berhasil melakukannya? Pepsiman!

Bukanlah sesuatu yang mengherankan jika beberapa gamer memang tidak mendengar nama ini sebelumnya. Game yang dirilis untuk Playstation generasi pertama ini memang tidak menampilkan kesan pertama yang cukup untuk membuat Anda segera membelinya. Namun bagi yang menyediakan waktu untuk sekedar mencobanya, Pepsiman menawarkan sesuatu yang lebih, bahkan cenderung sangat sulit untuk dilupakan. Manusia biru perak yang terus berlari ini akan menetap selamanya di otak Anda.

Pepsiman 3

Memang tidak banyak yang ditawarkan oleh game ini. Sebagian besar hal yang Anda lakukan hanyalah mengarahkan ikon minuman berkarbonasi ini untuk sampai ketujuan. Dalam larinya yang cepat, Anda “hanya” perlu mengarahkannya agar tidak menabrak setiap rintangan yang ada. Berbagai rintangan datang dengan pergerakan, beberapa yang lainnya hanya diam. Namun semua rintangan ini akan memaksa Anda untuk menekan tombol reaksi dengan cepat, melompat atau sliding. Walaupun konsepnya sangat sederhana, game ini menawarkan gameplay yang cukup menantang.

Pepsiman juga tercatat sebagai satu-satunya game yang berhasil memakai brand eksklusif produk tertentu dan meramunya sebagai media promosi yang super efektif. Dalam hal ini tentu saja adalah Pepsi. Sepanjang permainan Anda akan menemukan kaleng minuman berkarbonasi ini, baik dalam wujud model tiga dimensi maupun nyata. Tidak akan mengherankan jika Anda akan langsung haus dan merasa ingin minum Pepsi selama memainkan game ini. Seriously!

Plot

Pepsiman 6 Pepsiman 42

Apa pekerjaan seorang Pepsiman? Itu mungkin menjadi pertanyaan yang paling penting saat kita membicarakan game yang satu ini. Mengapa ia bisa muncul begitu saja? Sayangnya, tidak ada penjelasan yang menceritakan tentang latar belakang lahirnya karakter ikonik ini. Dari awal permainan, Anda sudah disuguhkan bagaimana manusia kaleng berwarna biru dan perak ini berperan sebagai brand ambassador untuk Pepsi. Ia adalah superhero khusus untuk Pepsi!

Tidak ada misi yang khusus bagi Pepsiman, tidak ada pula villain yang berusaha untuk membunuhnya. Pepsiman hanya datang bagi mereka yang membutuhkan bantuannya, terkait dengan Pepsi juga. Permainan akan dibagi dalam beberapa level dan chapter. Pepsiman biasanya dimintai bantuan untuk menyelesaikan masalah tertentu yang mengharuskannya untuk berlari dengan cepat, bahkan dalam kondisi chaos sekalipun. Maka seperti film Forest Gump milik Tom Hanks yang fenomena: Run Pepsiman, RUN!

Apa yang Saya Sukai dari Pepsiman?

Kesederhanaan yang Menantang

Pepsiman 29 Pepsiman 33

Apa yang paling membuat sebuah Pepsiman tampil begitu menarik? Maka kesederhanaan gameplay yang ditawarkan menjadi yang paling utama. Anda hanya memerankan seorang pahlawan tanpa identitas yang terus berlari ke depan untuk menyelesaikan sebuah misi yang sebenarnya bisa diselesaikan oleh orang lain. Anda berperan untuk menggerakkannya dan menghindari semua rintangan yang mungkin mengancam. Walaupun begitu, tantangan yang diberikan dan kesederhanaan untuk menyelesaikannya menghasilkan sensasi tertentu. Anda tidak akan mudah melupakan karakter ini.

Theme Song

Pepsiman!! Pepsiman!! Anda yang pernah memainkan game ini tentu saja akan mengingat theme song sang superhero. Walaupun theme song ini seringkali muncul dalam event yang tidak terlalu penting, namun suara yang dihasilkan benar-benar memorable. Theme song Pepsiman ini seolah membuat usaha yang Anda lakukan tampil super-epik!. Siapa yang menyangka jika manusia biru ini akan tampil bak superhero hanya dengan tambahan lagu seperti ini.

Animasi Jatuh

Pepsiman 21

Pepsiman 51

Menghindari tantangan bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika semuanya tampil begitu berdekatan. Kecuali Anda benar-benar seorang dewa game yang turun dari langit, kegagalan untuk menyelesaikan sebuah misi dengan mulus sudah pasti terjadi. Anda pasti akan pernah menabrak sesuatu atau jatuh selama memainkan Pepsiman. Tidak jarang, walaupun Anda harus mengulangnya dari awal, kesalahan sama tetap terjadi. Untung saja animasi yang dihadirkan cukup memancing senyum. Setidaknya tidak terlalu membuat Anda kesal.

Berlari Dari Benda Besar

Pepsiman 38

Walaupun sebagian besar misi Pepsiman adalah berlari menuju ke tempat tujuan, beberapa misi juga mengharuskan kita untuk berlari dari sebuah benda besar yang membahayakan. Tantangan yang diberikan misi seperti ini menghadirkan tantangan yang jauh berbeda dan lebih sulit. Jika kita berlari maju, semua rintangan dapat dilihat, dianalisa, dan dicari jalan keluarnya. Sedangkan jika Anda belari dengan arah kebalikan, hampir semua rintangan muncul secara tiba-tiba. Terkadang misi seperti ini bisa menimbulkan sensasi frustrasi sendiri. Tapi apalah artinya hidup tanpa sebuah tantangan ekstra?

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…