in: Software | August 17, 2011 | by: Sony Hanifudin

Nux Radio: Radionya Orang Indonesia

Device Blackberry yang banyak beredar saat ini memang tidak menyediakan Radio FM. Padahal, Anda merupakan pendengar setia beberapa channel radio lokal yang ada di kota Anda. Untuk masalah seperti ini, salah satu solusinya adalah dengan mempergunakan Nux Radio, aplikasi streaming radio yang berisi kumpulan radio di Indonesia.

Dengan Nux Radio, Anda dapat mendengarkan channel apa saja dan di mana saja. Berbagai chanbel terkemuka yang sudah sering Anda dengarkan dapat ditemukan di aplikasi ini. Selain mendengarkan radio, aplikasi ini juga memberikan sesuatu yang berbeda dibandingkan aplikasi pesaingnya. Tidak sampai di situ saja, software ini juga memiliki fitur lebih yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Instalasi

Aplikasi yang dibuat oleh iBNux Net ini adalah sebuah internet radio Indonesia dengan kapasitas sebesar 295 KB saat diunduh dari Blackberry Apps World. iBNux Net membuat aplikasi ini khusus untuk penggemar radio Indonesia saja. Sampai saat kami melakukan pengujian terhadap Nux Radio, aplikasi ini masih dalam versi 3.0.

Fitur

Sebagai radio internet, aplikasi ini tentunya membutuhkan jalur internet. Software ini dapat menggunakan BIS ataupun WiFi. Sementara itu, untuk mempermudah para user menggunakan aplikasi ini, iBNux Net menyediakan beberapa fitur menarik.

Radio Favorit – Menu ini merupakan kumpulan dari list radio radio favorit Anda.

MNC Radio Network – Berisi kumpulan radio dari MNC Network.

Paling Banyak Didengar – Frekuensi radio yang paling banyak didengarkan ada di bawah menu ini.

Cari Radio – Proses pencarian dapat dilakukan dengan mudah melalui menu ini.

Daftar Radio – Sekumpulan daftar radio yang dapat Anda dengarkan melalui Nux Radio.

Twitter @Nux Radio – Perkembangan Nux Radio dapat Anda ikuti melalui Twitter.

Beri Komentar – Ingin memberi komentar mengenai suatu topik yang Anda dengarkan? Di sinilah tempatnya.

Pengujian

Dari sekian banyak radio internet yang ada saat ini, Nux Radio-lah yang kami pilih untuk dicoba apakah layak digunakan atau tidak. Aplikasi ini memang merupakan internet radio yang menawarkan daftar radio di Indonesia. Beberapa hal kami termukan saat melakukan pengujian software ini.

Links – Aplikasi ini memiliki link ke Twitter, Facebook, bahkan mendukung Blackberry Messenger versi 6 untuk OS 5 ke atas. Ini adalah nilai lebih yang dimiliki oleh utilities ini.

Konektivitas – Nux Radio sangat bergantung kepada konektivitas internet. Anda dapat memilih untuk menggunakan BIS atau WiFi. Kami menyarankan Anda menggunakan device dengan spesifikasi minimum EDGE atau device yang memiliki konektivitas WiFi bila ingin menggunakan aplikasi ini. Di koneksi jaringan GPRS, aplikasi ini akan berjalan kurang optimal.

List Radio – List Radio yang disediakan cukup banyak dan beraneka ragam. Sebuah internet radio memang menyediakan list yang cukup lengkap.

Support

Paduan file tidak tersedia, dan memang tidak diperlukan dalam penggunaan utilities ini. Aplikasi ini dapat Anda nikmati secara gratis dengan mengikuti term of use yang disediakan oleh pihak pengembang. Selain itu, server yang digunakan software ini didukung penuh oleh indoserver.com.

Personal

Dalam penggunaan Nux Radio dibutuhkan sebuah koneksi internet yang cukup baik untuk dapat mendengarkan siaran radio kesayangan Anda. Secara keseluruhan, aplikasi ini memang memiliki kinerja cukup baik, tetapi memang terdapat beberapa kekurangan jika Anda menggunakan OS di bawah OS 5.

Kesimpulan

Bila Anda seorang yang gemar mendengarkan siaran radio, tidak ada salahnya menggunakan Nux Radio yang dikembangkan oleh iBNux Net ini. List radio yang ditawarkan cukup banyak dan dapat terhubung dengan Twitter, Facebook, dan BBM versi 6. Hal-hal lain yang berkaitan dengan aplikasi ini dapat Anda tentukan sendiri dengan mencobanya langsung di perangkat Blackberry Anda.

Keterangan

Kategori
Radio, internet, Blackberry Apps

Versi
3.0

Vendor
iBNux Net

Platform
Blackberry OS 5 ke atas

Unduh file
Blackberry Apps World

Tags: