in: Notebook / Laptop | August 9, 2011 | by: Bimanto

Review Gateway ID47H : Notebook Cantik dengan Layar Berkesan Frameless

Setelah beberapa lama vakum dalam kancah persaingan di pasar notebook, akhirnya produk notebook dari produsen Gateway mulai masuk dalam pasaran Tanah Air. Kali ini, kami mendapatkan kesempatan untuk me-review salah satu produk andalan mereka, Gateway seri ID47H. Notebook ini membuat kami “meneteskan air liur” karena memiliki desain casing yang menarik dengan spesifikasi yang cukup menunjang pekerjaan. Bahkan, menilik spesifikasinya, dapat juga dijadikan mesin bermain game 3D. Seperti apakah Gateway ID47H ini? Silakan simak review berikut.

Notebook Gateway ID47H yang datang ke meja pengujian kami ini menggunakan perpaduan casing berwarna silver dengan motif garis aluminium di bagian penutup layar LCD dan bagian handrest. Warna hitam matte ditemui di bagian samping dan bawahnya. Perpaduan warna ini berhasil menghadirkan desain notebook yang cukup menawan. Dimensi dari Gateway ID47H terlihat lebih tipis dibandingkan notebook dengan ukuran layar sejenis. Beratnya pun lebih ringan beberapa gram. Di tangan Anda, notebook ini akan terasa ringan dan tipis.

Di dalam casing Gateway ID47H tersimpan prosesor Intel core i5 2410M yang berjalan di kecepatan 2.3GHz dan juga dilengkapi dengan Turbo Boost serta memory DDR3 SODIMM sebesar 4 GB. Dilihat dari spesifikasi dasar, kami percaya notebook ini dapat menghadirkan kinerja kelas atas yang cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi umum dengan lancar. Ketika kami menengok ke bagian penyimpanan data, kami cukup terkesima. Bagaimana tidak, Gateway ID47H memberikan hard disk sebesar 750 GB yang menurut kami jarang sekali ditemukan di notebook yang beredar di pasaran. Satu hal yang tak kalah penting, walaupun tipis, notebook ini tetap menyertakan optical drive DVDRW multi drive.

Urusan graphics card, Gateway ID47H mempercayakannya kepada NVIDIA GeForce GT540M dengan memory sebesar 1 GB. Graphics card NVIDIA ini menggunakan teknologi optimus sehingga graphics on prosesor Intel GMA 3000 tetap dapat digunakan saat tidak memerlukan kinerja graphics yang tinggi. Dengan graphics yang baru ini, kami mengharapkan Gateway ID47H tidak hanya menjadi sekadar mesin pekerja tetapi juga sebuah mesih gaming yang cukup mumpuni menjalankan berbagai game 3D dengan lancar. Sedikit catatan kecil, notebook ini memang tidak ditujukan sebagai mesin gaming sehingga ketika kami menggunakan secara terus-menerus dalam waktu lama untuk bermain game 3D, yang terjadi adalah panas yang berlebihan dan terjadi gejala throttling. Ada baiknya Anda membaca artikel “Solusi untuk Bermain Game Lebih Lama dengan Notebook” untuk mengantisipasi gejala tersebut.

Gateway ID47H ini menggunakan ukuran layar 14″  dengan resolusi maksimal 1366×768.  Satu hal yang menarik dari layar gateway yang dipasang ini adalah pinggiran layar sangat tipis sekali sehingga terlihat seperti frameless dan mempunyai ketebalan layar yang sangat tipis karena pemakaian lampu LED. Berbicara soal layar, Gateway ID47H menggunakan layar glossy. Nantinya, Anda mungkin akan sedikit terganggu dengan bayangan di sekitar Anda. Namun, Anda dapat meminimalisasi hal tersebut dengan menaikkan tingkat brightness. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan gradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan gradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES