in: Notebook / Laptop | August 15, 2011 | by: Bimanto

Review Notebook Lenovo Thinkpad X120e: Kecil dan Tahan Banting

Beberapa waktu lalu AMD telah memperkenalkan Fusion. Sejak awal kemunculannya tersebut, Fusion langsung menggebrak pasaran notebook. Produsen notebook berlomba-lomba untuk mengadopsi salah satu platformnya, Brazos, ke dalam setiap unit produknya. AMD Fusion menjanjikan sebuah platform yang mampu memberikan kinerja yang lebih baik dari prosesor yang saat ini banyak mengisi produk-produk netbook melalui prosesor AMD Zacate E350 dan AMD Ontario C50. Janji tersebut terbukti. Brazos mampu membuat sebuah notebook memutar film dengan resolusi 1080p dengan baik.

Keunggulan dari AMD Fusion adalah telah terintegrasinya graphics atau VGA in prosesor. Graphics yang tertanam di dalam Brazos adalah AMD Radeon 6 Series. Hal ini dimaksudkan supaya platform tersebut dapat lebih hemat daya dan dapat memberikan tampilan graphics yang baik. Saat ini Anda sudah dapat mulai menemukan berbagai produk notebook yang dipersenjatai AMD Fusion. Lenovo adalah salah satunya. Notebook ini ditawarkan dengan AMD Brazos E350. Seperti apakah kinerja dari notebook tersebut? Baca terus review kami!

Lenovo seri Thinkpad X120e yang datang ke meja pengujian kami ini menggunakan desain casing klasik khas notebook Lenovo seri Thinkpad. Warna hitam matte menyelimuti hampir seluruh permukaan casing pada bagian penutup layar LCD dan pada bagian dalam serta handrestnya. Tanpa perlu melihat merek yang tertera di bagian casing, Anda pasti sudah tau bahwa notebook ini adalah langsiran Lenovo.

Dimensi dari notebook Lenovo Thinkpad X120e bisa dikatakan kecil karena notebook ini menggunakan ukuran layar sebesar 11″. Dimensi ini sedikit dirusak karena pemakaian baterai berkapasitas besar yang menonjol keluar dari casingnya. Ketebalan notebook ini masih dalam golongan baik, walaupun sebenarnya kami mengharapkan Lenovo mampu membuat notebook yang lebih tipis lagi. Namun, hal ini sepertinya kurang memungkinkan karena Lenovo biasanya membalut komponen di dalamnya dengan pengaman menyerupai casing yang terbuat dari bahan alumunium. Hal ini membuat Lenovo seri Thinkpad menjadi sebuah notebook yang tahan benturan.

Di dalam tubuh Lenovo Thinkpad X120e, tertanam AMD Zacate E350 yang telah ter-integrasi dengan graphics AMD Radeon 6310HD dan juga memory DDR3 SODIMM 4GB. Dengan perpaduan ini diharapkan Lenovo Thinkpad X120e dapat memberikan kinerja yang mumpuni untuk menjalankan aplikasi menengah ke bawah dengan baik. Kapasitas penyimpanan data yang diberikan tidaklah terlalu besar untuk saat ini, di dalamnya Anda hanya akan menemukan hard disk sebesar 320GB. Kami lebih suka mengganti storage ini dengan SSD mengingat notebook Lenovo Thinkpad tahan banting, kenapa tidak dilengkapi dengan storage yang tahan banting juga?

Notebook Lenovo seri Thinkpad X120e ini menggunakan ukuran layar 11.6″ dengan resolusi maksimal 1366×768. Walaupun hanya memiliki sedikit perbedaan, menurut kami, layar yang disertakan lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan layar yang biasa digunakan oleh netbook. Berbicara soal layar, Lenovo seri Thinkpad X120e  menggunakan layar matte. Dengan layar jenis ini, notebook ini sangat nyaman untuk digunakan di luar ruangan karena tidak akan memantulkan bayangan di sekitarnya. Namun, kontras yang diberikan tidak setinggi dengan notebook dengan layar glossy. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan degradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan degradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES