in: Processors | August 8, 2011 | by: Bhisma Sidarto

Review Processor Intel Pentium G 620: Sandy Bridge Termurah Saat Ini

Kami pernah menobatkan Core i3 2100 sebagai Sandy Bridge termurah yang dapat Anda dapatkan. Sepertinya kami harus merevisi komentar tersebut karena Intel baru saja mengeluarkan prosesor Sandy Bridge terbaru dengan harga yang jauh lebih terjangkau, yaitu Pentium D 620. Walau tidak menyandangkan nama Core i, bukan berarti performa prosesor baru ini dapat dipandang sebelah mata. Anda tak percaya? Silahkan simak review kami berikut ini.

Kehadiran Sandy Bridge sebagai prosesor baru Intel terlihat sekali mempengaruhi peta persaingan, baik kelas atas mau pun menengah ke bawah. Intel sadar bahwa prosesor kelas entry-level termasuk penting dalam menunjang pasar secara keseluruhan. Kehadiran Pentium G 620 adalah bukti bahwa Intel tetap ingin merajai semua lini. Namun, apakah prosesor entry-level yang dihadirkan Intel dengan harga yang terjangkau ini memiliki performa yang mumpuni? Itulah yang akan kami buktikan melalui serangkaian pengujian di Lab JagatReview.

Sebelum itu mari kita lihat apa sajakah yang menyertai kehadiran prosesor baru Intel ini.

Paket Penjualan

Kemasan Pentium G 620 sedikit berbeda dengan kemasan prosesor Sandy Bridge lainnya, setidaknya dari segi warna. Terlihat rona biru mendominasi kemasan dari prosesor paling bungsu dari kelas Sandy Bridge ini. Berbeda dengan kemasan jajaran prosesor Sandy Bridge di atasnya yang masih menyertakan sedikit sentuhan kuning.

Dalam kemasan Pentium G 620 Anda akan menemukan prosesor dan pendingin standar yang menyertainya.

Seperti apakah pendingin yang menemani kehadiran prosesor baru ini? Mari kita cermati bersama.

Fan yang digunakan pada heatsink standar Pentium G menggunakan sumber daya DC 12 Volt dengan daya 0.60 A.

Kalau kita perhatikan penampang heatsink terlihat cukup tipis. Sangat cocok digunakan dalam HTPC.

Heatsink yang disertakan menggunakan base full alumunium. Pada basenya disediakan pre-prepared thermal paste. Cukup untuk para pengguna awam.

Jika kita perhatikan heatsink yang menyertai Pentium G 620 terlihat identik dengan heatsink Core i3 2100. Hal tersebut dapat terjadi karena TDP dari kedua prosesor tersebut  hanya 65 Watt, membuatnya tidak membutuhkan heatsink yang terlalu “wah”.

Seperti apakah penampilan fisik dari Pentium G 620? Silahkan simak foto di bawah ini.

Kode Q1Fy disematkan kepada prosesor ini. Terlihat pula kecepatan dari prosesor ini tercantum di permukaan, yaitu 2.6 GHz.

Sesuai dengan socket yang digunakan, prosesor ini memiliki 1155 jumlah koneksi pin. Anda tak percaya? Silakan hitung satu per satu.

Pentium G620 menggunakan socket 1155, sama seperti Sandy Bridge yang lainnya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES