in: Notebook / Laptop | August 18, 2011 | by: Bimanto

Review Samsung NP900X3A: Ultra Book dengan Ultra Low Voltage

Kuartal pertama di tahun 2011, Intel mulai memperkenalkan jajaran prosesor Core 2nd generation atau lebih dikenal dengan nama Sandy Bridge. Di antara jajaran prosesor yang diperkenalkan itu, terselip prosesor seri Ultra Low voltage (ULV) yang hanya mempunyai TDP sebesar 17W. Prosesor ULV ini akan mengisi kelas notebook Ultra book yang mempunyai bobot sangat ringan dan dimensi yang tipis, biasanya mempunyai ukuran layar di bawah 14″. Dengan keadaan tersebut, diharapkan kita akan mendapatkan pilihan sebuah notebook yang menyenangkan untuk diajak mobile, tidak membebani tetapi mempunyai kinerja yang baik, dan mempunyai daya tahan hidup yang juga baik. Hal tersebut mulai terwujud dengan hadirnya Samsung NP900X3A. Lalu bagaimana kinerja dari prosesor ULV yang di pasang di dalamnya? Anda harus membaca artikel kami yang satu ini.

Samsung NP900X3A yang datang ke meja pengujian kami dilebur dengan warna hitam matte dengan tekstur garis alumunium yang cantik. Selain itu, Samsung NP900X3A juga ditawarkan dengan warna silver. Saat pertama kali kami genggam, notebook ini terasa sangat ringan sekali. Walaupun ringan casingnya terasa solid. Seluruh tubuh Samsung NP900X3A yang dibalut dengan warna hitam ini dipercantik dengan garis chroom di bagian sampingnya. Sebenarnya Samsung NP900X3A akan terlihat sangat tipis bila tidak menggunakan desain melengkung pada bagian engselnya.

Notebook ultra tipis ini menggunakan prosesor Intel core i5 2537M dengan kecepatan 1,6GHz yang telah dilengkapi dengan teknologi Turbo Boost hingga kecepatan 2.3GHz. Prosesor i5 yang terpasang ini menggunakan dual core yang dilengkapi dengan hyper threading sehingga Anda mendapatkan 4 thread untuk menjalankan berbagai aplikasi. Memori DDR3 sebesar 4GB telah terpasang di dalamnya dan dapat Anda upgrade hingga 8GB. Samsung NP900X3A tidak menggunakan hard disk untuk penyimpanan data tetapi menggunakan SSD sebesar 128GB. Hal ini akan menguntungkan Anda karena notebook ini lebih tahan banting dan getaran ketika digunakan di perjalanan. Graphics card yang digunakan adalah Intel GMA 3000 yang cukup mumpuni untuk menjalankan konten film HD1080P dengan lancar.

Notebook ini menggunakan ukuran layar 13.3″ dengan resolusi maksimal 1366×768. Berbicara soal layar, Samsung NP900X3A menggunakan layar matte demgan LED. Dengan layar jenis ini, notebook ini sangat nyaman untuk digunakan di luar ruangan karena tidak akan memantulkan bayangan di sekitarnya. Namun, kontras yang diberikan tidak setinggi dengan notebook dengan layar glossy. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan gradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan gradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES