Review Thermaltake Meka: Keyboard Gaming Yang Akurat

Author
David Novan
Reading time:
August 28, 2011
thermaltake meka 001

Apa yang biasanya Anda lihat dari sebuah keyboard gaming? Bentuknya yang keren dengan berhias lampu warna warni? Atau fasilitas untuk menyimpan tombol makro yang banyak untuk memudahkan Anda ketika bermain? Pendapat apapun yang Anda miliki, pada dasarnya keyboard gaming harus memiliki satu hal terpenting, yaitu membantu Anda menjadi lebih unggul dari pemain lain ketika bermain dan di saat bersamaan memberikan kenyamanan. Lalu, bagaimana dengan Thermaltake Meka?

Jangan Menilai Buku Dari Sampulnya

Bentuk luar Thermaltake Meka boleh biasa saja. Bahkan, bisa dibilang mendekati keyboard tua pada zaman komputer sebelum memiliki prosesor Pentium! Namun, kemampuan yang disimpannya tidak dapat diremehkan! Apa yang membuatnya begitu istimewa? Ternyata, Thermaltake Meka adalah keyboard mechanical yang dirancang untuk gaming! Apa itu keyboard mechanical? Sebelumnya, ada baiknya Anda mengintip terlebih dahulu spesifikasi dari keyboard ini.

Pooling Rate: 1000 MHz
Tipe Konektor: USB Gold Plated
Dua buah konektor USB
Tipe Switch: Cherry Black

Lalu, apa yang dimaksud dengan keyboard mechanical? Pertama Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang digunakan oleh keyboard biasa untuk mengaktifkan tombol yang Anda tekan. Biasanya, mereka menggunakan Rubber Domes, konektor gelembung karet yang dapat membal kembali di bawah tombol, hampir sama dengan yang digunakan remote control televisi. Jadi, ketika Anda menekan tombol keyboard, bagian bawah rubber domes akan menekan ke papan PCB dan menghubungkan jalur tembaga untuk menandakan bahwa bagian itu aktif. Ketika Anda melepas tombol, gelembung karet yang elastis tersebut akan kembali ke bentuknya semula dan alur tembaga di bawahnya berhenti terhubung. Metode ini digunakan hampir semua produsen keyboard, termasuk keyboard “High End”, karena harganya yang murah.

thermaltake meka 002
Penampilannya yang biasa saja menyimpan sebuah kejutan.

Lalu, apa yang membedakan keyboard mechanical dengan keyboard biasa? Pada keyboard mechanical, rubber domes diganti dengan switch yang dirancang khusus. Setiap tombol yang ada di keyboard jenis ini memiliki switch tersendiri. Selain harganya yang mahal, switch yang digunakan pada keyboard mechanical membuat setiap tekanan memiliki keakuratan yang sangat tinggi. Selain itu, tombolnya juga memberikan “feel” yang berbeda dengan keyboard biasa. Pada Thermaltake Meka, jenis switch yang digunakan adalah Cherry Black. Switch ini ternyata memang dibuat khusus untuk gaming.

Keistimewaan Switch Cherry Black

Penggunaan switch Cherry Black pada Thermaltake Meka sangat mendukung perannya sebagai keyboard gaming. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, Cherry Black adalah switch yang dibuat khusus untuk keyboard mechanical gaming. Ketika menekan tombol dengan Cherry Black di bawahnya, Anda akan merasa tanpa hambatan. Hal ini terjadi berkat tipe switch yang linear. Sebagai perbandingan, switch Cherry Blue yang dirancang untuk mengetik akan terasa membentur di tengah perjalanan dan terdengar bunyi klik.
thermaltake meka 003
Terdapat dua slot USB yang dapat digunakan untuk mouse dan headset gaming.

Walaupun Anda dapat menekan tombol hingga titik terdalam, Cherry Black ternyata memiliki jarak travel tekanan sedalam 2 mm untuk mengaktifkan tombol dan 4 mm hingga titik terdalam. Jadi, Anda dapat menekan tombol sedalam setengahnya saja dan ia telah merespon aksi Anda. Bila diterjemahkan ke dalam praktek bermain game, Anda dapat menekan setengah jalan untuk mengaktifkan perintah tertentu, seperti membangun unit A, mengangkat jari Anda sedikit saja, dan menekan kembali. Jadi, Anda dapat menjalankan aksi yang sangat banyak dalam waktu yang singkat!

Feature ini sangat berguna untuk mencapai action per minute (APM) yang besar. Bila Anda mengikuti sepak terjang pemain profesional Starcraft di Korea Selatan, mereka dapat menjalankan APM yang tinggi, sekitar 200 hingga lebih dari 300. Apa maksudnya? Mereka dapat memasukkan hingga 300 perintah ke dalam game, seperti membangun, menghentikan pasukan, meng-upgrade unit, memerintahkan Attack-move, hanya dalam semenit saja! Bila dipukul rata, mereka dapat memasukkan 5 perintah dalam 1 detik! Keyboard mechanical seperti Thermaltake Meka dapat membantu Anda mencapainya!

thermaltake meka 004
Bagian bawah keyboard terdapat pengaturan kabel yang dapat disesuaikan dengan gaya bermain.

Keistimewaan Cherry Black bukan itu saja. Switch ini memerlukan kekuatan tekanan sebesar 60 CentiNewton atau 60g untuk mengaktifkan tombol (dengan rata-rata 40g hingga 80g). Hampir sama dengan tombol pada keyboard biasa. Jadi, Anda dapat menggagalkan tombol yang Anda tekan di tengah jalan dengan mengurangi kekuatan tekanan dan memilih tombol baru.

Kenyamanan Ketika Bermain

Sebagai sebuah keyboard gaming, kenyamanan bermain untuk waktu lama adalah hal yang penting. Konsep keyboard yang terkesan kecil membuat penempatan jari menjadi agak meleset untuk ukuran tangan yang besar. Untungnya, tombol yang penting untuk bermain game, seperti Shift dan Ctrl dibuat lebih besar dari biasanya. Jadi, Anda dapat bermain dengan lebih nyaman, terutama pada game action First Person Shooter.

thermaltake meka 005
Penggunaan braided cable dengan konektor USB yang dilapisi emas membuat transfer data menjadi lebih mulus.

Respon tombol yang dihasilkan ketika bermain game sangat bagus. Semua itu berkat bantuan switch Cherry Black yang telah kami jelaskan di atas. Namun, posisi tombol yang agak tinggi dari permukaan meja membutuhkan waktu untuk terbiasa. Hal ini membuat telapak tangan harus bekerja lebih banyak daripada keyboard biasa. Usahakan letak keyboard agak jauh dari tepi meja terdekat karena pangkal telapak tangan Anda akan lebih banyak tertekan di tepi meja yang tajam berkat posisi tombolnya.

Tidak adanya lampu di bagian bawah tombol keyboard, seperti yang biasanya ditemukan pada keyboard gaming, membuatnya sulit digunakan di ruangan dengan pencahayaan buruk. Selain itu, tidak adanya tombol macro untuk merekam urutan perintah dalam game membuat posisi Anda menjadi seimbang dengan gamer yang menggunakan keyboard biasa. Jadi, keyboard ini menuntut Anda untuk menjadi gamer yang lebih baik. Sebagai tambahan, Thermaltake Meka juga mendukung penekanan tombol secara bersamaan sebanyak 6 tombol. Fasilitas ini tentunya akan memberikan keunggulan dibandingkan keyboard biasa yang hanya bisa menekan 2-3 tombol bersamaan.

Kenyamanan Ketika Mengetik

Walaupun Thermaltake Meka adalah keyboard gaming, fungsi yang paling umum dari pheriperal ini adalah mengetik. Posisi tombol yang tinggi untuk beberapa pengguna bukan masalah. Mengingat kebanyakan keyboard standar yang digunakan untuk mengetik bentuknya sama dengan Thermaltake Meka. Namun, bentuknya yang agak kecil membuat beberapa tombol mengalami perubahan posisi.

thermaltake meka 006
Ukurannya yang lebih kecil dari keyboard gaming lain membuat Anda perlu membiasakan diri.

Contohnya, posisi tombol “?” yang ada di sebelah kanan Shift (biasanya ada di sisi kiri Shift). Tombol arah yang biasanya ada di antara deretan tombol angka kanan dan “Enter” berubah menjadi di bawah “Enter”. Terus terang, keyboard ini membutuhkan waktu untuk membiasakan diri.

Kesimpulan

Penampilan dapat menipu. Inilah yang terjadi pada Thermaltake Meka. Bentuk luarnya yang biasa saja ternyata menyimpan kemampuan yang jauh di atas keyboard gaming biasa. Penggunaan switch mechanical Cherry Black merupakan langkah yang sangat tepat untuk menjadikannya keyboard gaming yang dapat diandalkan.

Namun, keyboard ini tidak begitu nyaman bila digunakan untuk mengetik, terutama untuk jangka waktu yang lama. Peletakan beberapa tombol yang  tidak pada posisi standar membuat penggunanya harus membiasakan diri terlebih dahulu. Selain itu, tidak adanya fasilitas pembantu dalam game, seperti backlight dan fungsi macro membuat keyboard ini hanya untuk gamer yang memiliki skill tinggi dan hanya membutuhkan kepekaan yang akurat saja. Kisaran harga yang dipatok pada sekitar Rp875.000,- terasa cukup seimbang dengan kemampuannya yang memberi Anda peluang untuk mencapai lebih dari 300 APM.
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…