in: Popular Science | August 27, 2011 | by: Ernest Dimitria

Sony Siapkan Kacamata yang Menampilkan Subtitle Film

Mungkin banyak yang berpikir bahwa kehadiran subtitle hanya penting ketika sedang menonton film berbahasa asing. Mungkin juga sebagian melihat subtitle sebagai pengganggu keindahan tampilan film. Namun, bagi penonton yang memiliki gangguan pendengaran dan para tuna rungu, subtitle menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pengalaman menonton sebuah film. Tanpanya, mereka harus memperhatikan gerak mulut setiap tokoh untuk mengetahui isi percakapan dan mengerti jalan cerita film tersebut.

Saat ini Sony sedang mengembangkan sebuah teknologi yang dapat menyuguhkan solusi menonton bagi mereka yang memiliki gangguan pendengaran dan para tuna rungu. Di salah satu laboratorium di Inggris, pihak Sony mengembangkan sebuah kacamata yang dapat menampilkan subtitle tepat dalam bidang pandang pengguna. Menurut Charlie Swinbourne, salah satu subjek tes, kacamata tersebut menyuguhkan sebuah pengalaman menonton yang mumpuni. Tampilan subtitle di kacamata tersebut terlihat seakan diproyeksikan langsung ke layar, sehingga tidak mengganggu kenikmatan menonton film.

BBC melaporkan bahwa Sony akan siap menghadirkan kacamata ini di bioskop-bioskop di Inggris secepatnya pada tahun 2012 mendatang. Jika percobaan kacamata ini berjalan dengan baik di Inggris, Amerika Serikat akan menjadi negara berikutnya yang dapat menikmati teknologi tersebut. Kira-kira kapan kacamata ini akan hadir di dunia sinema Tanah Air?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES