in: News | August 16, 2011 | by: Dian Syarifuddin

Tablet Android Berteknologi Canggih Ancam Dominasi Apple iPad?

Tahun ini, tablet Apple, iPad 2, yang merupakan perangkat tablet paling laris di pasaran, mungkin akan mengalami persaingan yang semakin ketat. Pasalnya, NVIDIA telah berhasil mengembangkan sebuah prosesor untuk perangkat tablet berbasis platform Android yang memiliki kecepatan lima kali lebih besar dibandingkan dengan Tegra 2.

Prosesor terbaru NVIDIA yang diberi nama Kal-El atau Tegra 3 tersebut memang lama diberitakan akan dipersiapakan untuk tablet berbasis Android. Selain menawarkan performa tinggi, konsumsi daya di Kal-El pun tidak terlalu besar. Inilah yang menjadikan Kal-El dinobatkan sebagai prosesor paling canggih saat ini.

CEO Nvidia, Jen-Hsun Huang, menyatakan, “Kal-El, prosesor generasi terbaru kami, telah semakin kuat dan memiliki rancangan yang semakin baik. Dengan memiliki hubungan yang cukup baik dengan Google, Kal-El akan siap diproduksi dan kami akan berlari seperti angin”.

Kehadiran prosesor canggih tersebut tentunya dapat mengancam dominasi tablet milik Apple, iPad 2, sebagai raja tablet yang paling laris di pasaran. Tablet iPad 2 yang saat ini telah hadir di pasaran memang memiliki kualitas cukup baik, dan Apple pun telah berencana untuk menyiapkan generasi terbaru tablet iPad 2, yaitu iPad 3.

Berbagai media pun telah mengabarkan bahwa iPad 3 nantinya akan menggunakan prosesor terbaru dengan memiliki chipset A6 Quad core, dilengkapi tampilan grafik yang lebih baik, serta desain yang akan berbeda dari iPad 2. Akan tetapi, kehadiran tablet terbaru milik Apple tersebut masih simpang siur.

Berbeda dengan NVIDIA yang telah siap untuk memproduksi prosesor Kal-El-nya tahun ini, prosesor A6 milik Apple untuk digunakan di iPad 3 saat ini masih dalam proses pengembangan dan kemungkinan besar akan diperkenalkan awal tahun depan. Hal ini menandakan bahwa dominasi iPad sebagai tablet paling laris di pasaran akan terancam dengan kehadiran tablet berbasis Android yang telah menggunakan prosesor Nvidia Kal-El.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES