in: Games | August 25, 2011 | by: Pladidus Santoso

Tips Mudik Asyik untuk Gamer

Tidak terasa, satu bulan penuh sudah kita berpuasa dan kemenangan yang dijanjikan hampir tiba di depan mata. Kebaikan hati Sang Khalik untuk memberikan kesempatan bagi kita untuk kembali menjadi fitri adalah anugerah yang memang tidak terbandingkan. Di Indonesia, sisi spiritual dari sebuah perayaan Idul Fitri juga hidup berbarengan dengan nilai antropologisnya yang tidak terpisahkan. Lebaran selalu dibarengi dengan proses pergerakan manusia secara masif dari kota-kota besar menuju ke kampung halaman mereka masing-masing. Sebuah fenomena yang kita kenal sebagai “mudik”.

Mudik memang menjadi peristiwa luar biasa yang menarik untuk disimak. Untuk Anda yang menjalaninnya, pulang ke kampung halaman menjadi sebuah kebiasaan yang harus dilakukan. Kesempatan untuk kembali berkumpul dengan orang-orang yang disayangi dan menghabiskan waktu menyenangkan bersama adalah sebuah kemewahan yang sulit ditemukan sekarang. Ketika dunia berputar begitu cepat dan memaksa kita untuk melupakan kehidupan pribadi, Idul Fitri berperan sebagai rem untuk mengingat kembali siapa diri kita sebenarnya.

Seberapa banyak dari kita yang sering merasa kelelahan ketika berusaha mudik ke kota asal? Transportasi darat membutuhkan waktu hingga berjam-jam, bahkan lebih dari menghabiskan hari. Udara dan laut yang lebih singkat juga menghadirkan pengalaman yang hampir serupa. Jumlah penumpang yang masif juga membuat perjalanan seperti ini sulit untuk dinikmati. Kelelahan dan kebosanan menghantui mereka yang melakukan “migrasi” ini. Tidak terkecuali bagi para gamer. Untungnya untuk kita, senjata favorit selalu tersedia untuk mengalahkan semua perasaan tersebut. Tentu saja yang kita bicarakan adalah video game!

Namun untuk sebuah perjalanan jauh, persiapan lebih matang dibutuhkan untuk membuat aktivitas gaming menjadi maksimal dan menyenangkan. Jangan sampai keinginan Anda bermain game justru akan membuat mudik Anda lebih melelahkan dan membuat tidak nyaman. Apa saja yang harus dipersiapkan? Tips dan trik apa saja yang diperlukan untuk menghilangkan kebosanan?

Pilih Handheld Favorit Anda

Mobilitas dan video game berarti menunjuk ke satu kata, yakni handheld. Perangkat gaming portable yang memang didesain untuk dimainkan di mana pun dan kapan pun ini menjadi pilihan paling bijaksana untuk bermain game ketika mudik. Ringan dan kecil dan pilihan game yang beragam akan siap menemani perjalanan Anda. Tentu saja ini tidak merujuk hanya ke PSP dan Nintendo DS belaka. Kemampuan ponsel masa kini untuk berperan sebagai perangkat multimedia yang mumpuni juga bisa dieksplotasi di sini. Membawa konsol dan televisi 32 inchi selama perjalanan akan membuat Anda tampak seperti orang gila.

Lebih Baik dengan Game Casual!

Varian game yang bisa dimainkan dengan handheld memang beragam, datang dengan berbagai judul dan genre. Walaupun Anda seorang gamer hardcore sekalipun, mudik bukanlah waktu yang tepat untuk menjajal konsisten dan kemampuan Anda bermain game seperti ini. Inti dari gaming selama perjalanan adalah untuk menghasilkan kesenangan dan membuat waktu lebih cepat bergerak. Tidak ada yang lebih baik untuk menghasilkan efek seperti ini selain sebuah casual game. Sebuah game yang hanya membutuhkan command sederhana, tanpa plot yang berat dan elemen yang kompleks akan menjadi teman yang lebih cocok. Waktu-waktu seperti ini juga akan cocok untuk leveling dan farming jika ada game RPG yang belum Anda selesaikan. Sekadar menghabiskan waktu.

Cadangan! Cadangan! Cadangan!

Ya enggak sampai pakai ini juga..

Perjalanan memang terkadang membutuhkan waktu tempuh yang teramat lama, bahkan melebihi kemampuan baterai perangkat gaming kita. Tidak ada baterai sama dengan tidak ada gaming selama perjalanan. Ini akan membuat Anda terperangkap dalam mimpi buruk kebosanan hingga tujuan. Salah satu cara terbaik adalah menyediakan baterai cadangan sebagai back-up. Walaupun sering dijual dalam paket yang terpisah, baterai cadangan menjadi senjata yang sangat dibutuhkan. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli alat charging portable. Namun tentu juga harus dipikirkan apakah media transportasi Anda memungkinkan untuk melakukan proses charging.

Gunakan Headset untuk Suara

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan namun sering dilupakan dalam perjalanan jauh adalah menggunakan headset sebagai media suara handheld. Mengapa? Selain meminimalisasi kemungkinan mengganggu kenyamanan orang lain, headset akan sangat membantu menghemat penggunaan baterai. Dibandingkan dengan suara yang keluar dari speaker, headset akan memberikan keuntungan ganda: suara yang lebih jelas dan jam permainan yang lebih lama. Jadi, pastikan Anda membawanya.

Istirahat Setiap 30 Menit

Terserap dan terperangkap dalam sebuah video game yang dimainkan adalah sesuatu yang lumrah. Namun, bukan berarti Anda boleh melakukannya tanpa beristirahat. Untuk menjaga kapasitas energi, ada baiknya jika kita beristirahat sejenak untuk setiap 30 menit permainan dan menikmati pemandangan selama perjalanan ini. Perlu diingat juga, bagi mereka yang mudik lewat darat, kondisi jalan di Indonesia seringkali tidak rata dan berguncang. Berusaha untuk berfokus ke layar handheld dalam waktu lama dalam kondisi penuh gerakan akan jadi pekerjaan yang sulit dan mudah membuat indra penglihatan lelah. Jadi, jangan memaksakan mata. Mainkan game ketika memang memungkinkan.

Jangan Pamer!

Sebuah handheld gaming memang tidak termasuk hal yang mewah dan luar biasa di kota besar. Naun, bagi kota-kota kecil dan terpencil, permainan seperti ini merupakan sebuah kemewahan yang masih sulit untuk didapatkan. Jadi, gunakan sedikit kebijaksaan Anda dan minimalisasi kemungkinan untuk memunculkan kesenjangan sosial dengan orang lain yang belum Anda kenal. Handheld itu untuk keperluan gaming, bukan untuk dipamer-pamerkan kepada mereka yang belum berpunya. Semuanya untuk kebahagiaan bersama.

Akses Jagat Review via Mobile

Memang agak sulit untuk terkoneksi dengan dunia maya ketika kita mulai bergerak ke kota-kota kecil tanpa koneksi yang memadai. Akan tetapi, jangan biarkan halangan seperti ini membuat Anda terputus hubungan dengan informasi-informasi teknologi dan gaming terbaru, termasuk juga review-review kami di Jagat Review. Di masa kini, jaringan telekomunikasi masih jadi andalan untuk mereka yang ingin terus terhubung dengan dunia luar. Untuk akses yang lebih cepat dan baik menggunakan perangkat ponsel, Anda bisa terus terhubung dengan kami melalui m.jagatreview.com.

Semoga tips-tips di atas dapat memaksimalkan aktivitas gaming Anda untuk membuat mudik menjadi jauh lebih asik. Bagi Anda yang merasa memiliki tips lain untuk berbagi dengan gamer yang lain, jangan ragu untuk berkomentar. Apalagi jika memang bisa membantu gamer lain untuk melawan kebosanan. Feel free to comment! Kritik dan saran juga sangat diterima.

Akhir kata, kami dari divisi gaming Jagat Review, dan seluruh kru Jagat Review mengucapkan selamat menempuh perjalanan jauh bagi Anda yang mudik, tetap utamakan keselamatan, hati-hati dan terus waspada. Selamat bersenang-senang dan maksimalkan liburan!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES