in: Software | August 8, 2011 | by: Sony Hanifudin

TodoList: First Thing To Do

Di mana pun Anda bekerja, akan selalu ada yang namanya rintangan dalam bekerja. Anda harus fokus untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang datang. Anda dapat membuat jadwal pekerjaan dengan menggunakan software pembantu yang bernama TodoList. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menjadwalkan tiap pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu atau dikerjakan setelahnya.

Tampilan awal saat pertama kali dibuka.

Instalasi

Saat diunduh, aplikasi ini memiliki kapasitas sebesar 1,08 MB. Proses instalasinya tidak melalui wizard dan merupakan portable software yang dapat Anda bawa ke mana pun dalam sebuah flashdisk. Saat file exe dijalankan, aplikasi ini akan meminta Anda untuk mengonfigurasi TodoList. Setelah itu, proses penggunaan software ini akan berjalan normal.

Konfigurasi awal saat aplikasi ini dijalankan.

Fitur

Aplikasi ini memiliki fitur yang menarik dengan jumlah yang lebih banyak dari task atau todo list pada umumnya. Aplikasi ini menyediakan fitur yang dapat membedakan warna tiap task yang Anda masukkan sehingga membuat jadwal tersusun rapi dan memudahkan Anda mengecek jadwal tugas. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur menarik lainnya, seperti:

  1. Task Icon – (Edit> other task tribut > set task icon) memungkinkan perbedaan task sesuai dengan ikon yang Anda kehendaki. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah membedakan task yang satu dengan yang lainnya.
  2. Time Component – Fitur ini tersedia untuk memulai jadwal di suatu tanggal sehingga akses task langsung dapat dilakukan.
  3. Bullet – Penambahan bullet untuk memperkaya catatan tambahan yang dapat dimasukkan ke dalam task.
  4. Simple Theme – Aplikasi ini juga menyediakan empat buah theme bawaan yang tersedia di folder Resource.
  5. Preference yang terpisah untuk menyembunyikan waktu Start.

Preference secara general dari aplikasi ini.

Pengujian

Walaupun terlihat sederhana dari segi tampilan, aplikasi ini meiliki kemampuan yang dapat diandalkan. Anda dapat melakukan berbagai hal dengan aplikasi ini dengan kemudahan penggunaan yang diberikan oleh pihak pengembang. Di sini, Anda juga akan menemukan bahwa desain fleksibelnya juga cocok untuk proyek IT atau untuk para pengguna GTD.

Keuntungan lain yang ditawarkan software ini adalah semua tasklist tersimpan dalam file berekstensi xml. Keuntungan file xml adalah Anda dapat mengekspor ataupun mencetak tasklist dengan printer menggunakan stylesheet. Xml file juga memberikan keuntungan dalam formating yang jauh lebih baik. Berbagai format lainnya juga tersedia di aplikasi ini. Anda dapat melakukan ekspor atau impor ke format html, spreadsheet, plaintext, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Export task.

Support

Aplikasi buatan AbstractSpoon software ini telah dikembangkan sejak tahun 2003. Freeware ini berada di bawah lisensi Eclipse Public Lisensi 1.0. Untuk file bantuan, Anda dapat memperolehnya di menu Help! File panduan yang tersedia akan menghubungkan Anda secara online ke situs resminya di http://abstractspoon.pbworks.com/w/page/1262208/FrontPage. Update juga dapat dilakukan dengan cara mengecek update melalui menu Help.

Copyright dari aplikasi ini.

Personal

Secara keseluruhan, aplikasi ini sangat membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan yang datang silih berganti. Penjadwalan melalui kalender dan icon task, dan berbagai fasilitas lainnya yang tersedia di software kecil ini akan sangat membantu Anda membedakan task yang telah disubmit. Selain itu, kinerja dari utilities ini memang patut diakui.

Kesimpulan

TodoList merupakan software pengganti yang memiliki feature berlimpah dan kinerja yang dapat diandalkan. Mengesampingkan kekurangan yang dimiliki, aplikasi ini memang memberikan kenyamanan dalam penggunaannya. Selain itu, Anda sendiri dapat mengustomisasi tampilan aplikasi ini dengan menggunakan themes bawaannya.

Keterangan

Kategori
TodoList, Produktivitas

Platform
Semua Windows OS

Situs resmi
http://www.abstractspoon.com/

Unduh File
http://www.abstractspoon.com/

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES