in: Games | September 24, 2011 | by: Pladidus Santoso

10 Game Paling Menyita Perhatian di TGS 2011

Tokyo Game Show 2011 memang baru saja berakhir. Event yang diselenggarakan selama empat hari, dari tanggal 15 – 19 September 2011 ini menawarkan begitu banyak kabar gembira untuk gamer di seluruh dunia. Para developer dan publisher, khususnya mereka yang berasal dari Jepang, tentu tidak akan melewatkan kesempatan emas ini untuk memperkenalkan produk terbaru mereka. Kiblat yang dituju mata gamer selama 4 hari ini ternyata memuat cukup banyak kejutan yang tak disangka-sangka. Kejutan yang cukup membuat adrenalin para gamer berpacu dengan keras.

Walaupun tidak berkesempatan untuk mejajal demonya secara langsung, namun berbagai trailer yang disediakan di ajang ini cukup memberikan gambaran akan apa yang ditawarkan. Tidak hanya visualisasi, tetapi juga plot dan gameplay secara keseluruhan. Memang sulit untuk memberikan kesimpulan akhir hanya dari sebuah trailer, namun setidaknya kita bisa melihat potensi yang dihadirkan. Impresi pertama selalu menentukan.

Perlu diingat juga bahwa tidak sedikit juga perusahaan yang menyelenggarakan pre-TGS 2011 press conference agar dapat merebut perhatian dari media. Pemberitaan yang lebih fokus tentu akan menjadi nilai marketing yang positif. Tercatat beberapa perusahaan besar seperti Nintendo, Sony, dan Capcom melakukan hal ini. Pada dasarnya, mereka hanya memperkenalkan hal baru apa saja yang akan mereka hadirkan di TGS 2011. Oleh karena itu, walaupun diselenggarakan sebelum ajang TGS 2011, semua hal yang diperkenalkan lewat press con ini juga terhitung  sebagai kandidat dalam list ini.

Jangan heran pula jika Anda jarang sekali menemukan developer Barat yang melakukan promosi gila-gilaan di ajang TGS 2011. Perbedaan ketertarikan jenis game yang cukup esensial antara gamer Jepang dan Barat ditengarai berada di balik kebijakan ini. Developer barat yang memperkenalkan konten terbaru bisa dihitung dengan jari. Bahkan perusahaan raksasa sekelas Microsoft pun tak tampak menonjol. Berbeda ketika event seperti ini diselenggarakan di dunia Barat. Anda bisa membandingkannya dengan game-game yang paling menarik perhatian di E3 2011 silam.

Jadi, 10 game apa saja yang paling menarik perhatian selama ajang Tokyo Game Show 2011?

10. Street Fighter X Tekken

Game fighting cross-over memang harus diakui selalu tampil menarik. Menggabungkan dua franchise game fighting terbesar di industri game ke dalam sebuah medan pertarungan sudah pasti menghadirkan sensasi tersendiri. Hal ini lah yang berusaha diwujudkan oleh Capcom dan Namco Bandai lewat Street Fighter X Tekken. Mengusung sistem pertarungan tag-team, kedua perusahaan ini membangun sistem kerjasama yang hanya memerlukan tombol aksi yang sederhana. Gaya bertarung dan animasi yang dihadirkan juga harus diakui memanjakan mata. Apalagi Street Fighter X Tekken juga mengusung sistem permainan unik yang baru pertama kali diterapkan di dalam sebuah game fighting, Pandora Mode. Tidak heran jika banyak penggemar game fighting yang tak sabar untuk segera menjajal game yang satu ini.

9. Devil May Cry (DmC)


Keputusan Capcom untuk “melahirkan kembali” salah satu sosok paling ikonik di industri game, Dante dengan visualisasi yang baru pada awalnya memang mendapatkan cibiran dan kritik yang keras dari kalangan gamer. Apalagi Capcom juga berencana untuk menuliskan kembali plot dan karakter yang sudah terbangun dari empat seri sebelumnya. Rasa pesimis bahwa game ini akan menghadirkan pengalaman yang sama terus mengemuka. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan lebih banyak informasi tentang game ini, pandangan ini bergerak ke arah yang lebih positif. Gamer mulai melihat sistem gameplay yang tak banyak berubah, sifat Dante yang tetap sama terlepas dari tampilan yang kini ia miliki, dan berbagai gaya serangan yang semakin keren. Anda masih bisa merasakan atmosfer Devil May Cry masa lalu yang kental.

8. Kingdom Hearts 3D: Dream Drop Distance


Gamer mana yang tidak mengenal franchise Kingdom Hearts? Game yang lahir dari ide “gila” Square Enix untuk menggabungkan dunia Final Fantasy dan Disney ini memang unik. Mengusung sistem permainan action-RPG yang kental dan plot persahabatan yang epik, Kingdom Hearts berhasil meraih tempat di hati gamer. Kini, seri terbarunya hadir eksklusif untuk Nintendo 3DS. Dengan nama Dream Drop Distance, Sora dan Riku sekali lagi harus bertempur melintasi dunia yang berbeda untuk mencari kebenaran di balik kebangkitan Xehanort. Walaupun tetap mempertahankan beberapa elemen lama, Square Enix menjanjikan banyak konten segar seperti dunia dan karakter baru di seri terbaru ini. Tenang saja, Sora dan Riku kini akan berkolaborasi bersama.

7. Bioshock Infinite

Bioshock Infinite mungkin satu-satunya game racikan developer Barat yang berhasil mencuri perhatian gamer Jepang di TGS 2011. Game yang lahir dari tangan Irrational Games ini memang memukau. Membawa arah baru seri Bioshock, ketegangan didapatkan tidak hanya dari gameplay, tetapi juga plot yang dramatis. Kehadiran Elizabeth dan sisi manusiawi yang ia hadirkan semakin memperkuat pengalaman tersebut. Untuk trailer di Tokyo Game Show 2011 ini, Irrational bahkan menyempatkan diri untuk melakukan proses translasi trailer ke bahasa Jepang untuk mempermudah pengenalan. Sebuah langkah yang cerdas dari game yang mendapatkan banyak penghargaan dari kritikus dan media game pada ajang E3 2011 silam.  Can’t wait for this one!

6. Final Fantasy XIII-2

Square Enix harus berjuang untuk meningkatkan kembali popularitas Final Fantasy sebagai salah satu franchise RPG yang sempat disegani. Setelah berbagai keputusan tidak populer yang diambil, Square benar-benar memanfaatkan TGS 2011 dengan maksimal untuk “mengenalkan diri” kembali. Tidak tanggung-tanggung, mereka menyediakan dua trailer baru sekaligus, untuk Playstation 3 dan XBOX 360. Di ajang ini jugalah, SQNEX pertama kali memperdengarkan soundtrack Final Fantasy XIII-2 untuk pertama kalinya. Apakah petualangan Serah dan Noel ini akan berhasil menarik perhatian gamer seluruh dunia? Jika trailer ini benar-benar memperlihatkan keseluruhan gameplay yang akan diusung, tidak diragukan lagi jika game ini akan menjadi tonggak kebangkitan kembali sang “raksasa”, Square Enix.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES