LOGO
,

10 Tips & Trik Andalan untuk iPad 2 (Part 4)

Seperti yang Anda ketahui, Apple iPad tidak dilengkapi buku panduan berbahasa Indonesia. In fact, perangkat ini tidak dilengkapi buku panduan dalam bahasa apa pun! Tidak dalam bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Prancis, Thailand, apalagi bahasa Urdu. Jika Anda membutuhkan buku panduan, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Tentu saja, kondisi ini menimbulkan dampak buruk yang mudah diduga. Dengan berbagai feature canggih dan banyak aplikasi rumit, banyak pengguna tidak dapat memaksimalkan penggunaan tablet ini.

Kami mengumpulkan puluhan tips dan trik terbaik untuk pengguna iPad dan iPad 2. Setelah dimulai dengan part 1, part 2 dan part 3, mari kita lanjut ke bagian berikutnya.

31. Mengatur Intensitas Cahaya di iBooks

Anda dapat menurunkan intensitas cahaya di iPad melalui pengaturan standar milik iPad. Akan tetapi, aplikasi iBooks telah memiliki pengaturan intensitas cahaya sendiri dengan cara menggeser ke kiri dan kanan untuk menambah dan menurunkan intensitas cahaya di iBooks.

32. Navigasi Kalender


Meskipun Calendar di iPad memiliki layout seperti buku, Anda tak dapat berpindah hari dengan membalik halaman. Anda harus menggunakan bar navigasi di bagian bawah layar. Di menu tersebut, Anda dapat mengubah hari/bulan, tergantung tampilan yang Anda pilih. Untuk mengetahui hari ini, Anda tinggal melihat tanggal yang diberi warna biru. Jika Anda ingin kembali ke hari ini, cukup dengan menekan tombol “Today”.

33. Kondisi Lalu-Lintas Jakarta

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, aplikasi Maps iPad cukup baik, tetapi masih memiliki beberapa kekurangan. Walau begitu, aplikasi ini memiliki kelebihan tersendiri. Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya dapat memantau kondisi lalu lintas melalui aplikasi ini. Aktifkan pilihan “Traffic” dan Anda dapat memantau kemacetan jalanan. Jalur lancar akan ditampilkan sebagai garis hijau dan jalur macet sebagai garis merah.

34. Fokus dan Exposure Kamera


Saat menggunakan aplikasi kamera di iPad 2, sentuh subyek agar mendapatkan fokus dan exposure cahaya yang baik. Perhatikan contoh di gambar, kursi yang berada di dalam ruangan tampak gelap sedangkan anak kecil yang berada di luar ruangan tampak cerah. Jika Anda ingin sebaliknya, Anda hanya perlu mengklik kursi untuk mendapatkan exposure yang lebih cerah dari objek lainnya di dalam gambar.

36. Atur Layout Facetime


Saat Anda sedang menggunakan feature Facetime di iPad 2, Anda dapat memindahkan posisi jendela kecil yang menampilkan diri Anda. Cukup geser jendela dengan jari ke posisi mana pun.

37. Photo Booth Menyenangkan

PhotoBooth mungkin adalah salah satu feature pertama yang Anda coba saat iPad Anda keluar dari kotak. Satu feature yang kadang terlewat adalah icon kamera berputar di kanan bawah PhotoBooth. Tekan icon ini untuk mengaktifkan kamera belakang iPad sehingga Anda dapat mem-photobooth teman atau kerabat Anda.

38. Pantau Penggunaan Data Seluler

Konten iPad cukup memakan bandwidth. Jika Anda menggunakan layanan 3G dengan kuota, tentu Anda ingin memantau penggunaan data Anda. Anda dapat melihatnya dari Settings – General Usage. Data yang tercantum di situ adalah hanya penggunaan data 3G, tidak termasuk data WiFi. Jika ingin lebih akurat lagi, reset statistics setiap bulan di tanggal yang sama.

39. Zoom by Tapping

Anda tentu sudah tahu bahwa dapat memperbesar sebuah web page dengan men-zoom menggunakan jari. Namun, Anda juga dapat melakukannya dengan double tap. Double tap di sebuah kolom teks dalam webpage, Safari akan otomatis memperbesar teks sampai memenuhi layar. Cara ini lebih cepat daripada zoom secara manual. Untuk kembali ke tampilan penuh, cukup double tap sekali lagi.

40. Back-Off

Bosan menunggu iTunes membackup data iPad setiap kali Anda ingin menambah 3 buah lagu baru? Install Back Off di Mac atau Windows dan Anda dapat mematikan backup sehingga sinkronisasi iTunes lebih cepat selesai.

50 Tips & Trik Andalan untuk iPad 2: Part 1, Part 2, Part 3, Part 4, Part 5

Comments

  1. […] dan trik terbaik untuk pengguna iPad dan iPad 2. Setelah dimulai dengan part 1, part 2, part 3, dan part 4, mari kita lanjut ke bagian […]

  2. […] Tips & Trik Andalan untuk iPad 2: Part 1, Part 2, Part 3, Part 4, Part 5 Permalink | More about: apple, how to, ios5, ipad, iPad 2, ipad2, tablet, tips, […]

  3. […] Tips & Trik Andalan untuk iPad 2: Part 1, Part 2, Part 3, Part 4, Part 5 Permalink | More about: apple, how to, ios5, ipad, iPad 2, ipad2, tablet, tips, […]

  4. […] Tips & Trik Andalan untuk iPad 2: Part 1, Part 2, Part 3, Part 4, Part 5 Permalink | More about: how to, ipad, iPad 2, tips, […]

Random Articles
Back to Top