in: Digital Camera | September 20, 2011 | by: Pramanaya Tjokronegoro

BenQ CP60: Digitalisasi Kenangan Masa Lampau

Dalam halal bihalal tahunan BenQ bulan lalu, produsen elektronik terkemuka ini mempertunjukkan produk terbarunya yang akan dirilis, yaitu scanner portable. Dinamai CP60 Pocket Photo Scanner, perangkat mungil ini dirancang untuk digunakan sehari-hari memindai foto atau kartu nama.

JagatReview berkesempatan mencoba scanner CP60 sebelum perangkat ini dipasarkan. Seperti apa sih yang disebut “pocket scanner”?

Unboxing dan Product Tour

Tidak banyak yang disertakan dalam paket penjualan. Perangkat ini sebenarnya dapat berfungsi tanpa dukungan PC. Oleh karena itu, hanya adapter dan buku panduan yang disertakan.

Hasil pindaian akan disimpan otomatis ke dalam SD Card atau CF Card. Oleh karena itu, pada bodi terdapat port CF dan port SD Card.

Port USB dan port power.
CF Card Slot.
SD Card Slot.

Performa

Menggunakan CP60 luar biasa mudah. Anda hanya perlu memasangkan memory card, menghubungkan catu daya, dan mengaktifkan scanner. Setelah itu, Anda dapat memasukkan foto atau kartu nama dan CP60 akan otomatis memindainya, tanpa Anda perlu menekan tombol apapun. Pemindaian selesai dengan sangat cepat, tak lebih dari 5 detik untuk sebuah foto 4R.

Scanner ini dapat memindai pada resolusi 300 pixel per inch. Hasil pindaiannya sendiri luar biasa baik. Akurasi warna bagus, tone akurat, dan dynamic range tinggi. Tak ada detail dari foto yang akan terlewat.

Hasil pindaian kartu nama.

Kesimpulan

Dengan kualitas, kecepatan, dan kemudahan penggunaan BenQ CP60, banyak sekali modus penggunaan yang dimungkinkan. Misalnya, Anda dapat menggunakan scanner ini untuk mendigitalisasi foto-foto lama. Dengan keceapatan 5 detik per foto, sebuah album berisi 36 foto dapat selesai dalam waktu 5 menit saja. Hasil pindaian dengan 300 ppi cukup baik untuk diunggah ke Facebook atau dicetak ulang. Resolusi hasil pindaian masih memadai untuk pencetakan dengan ukuran sama atau maksimal perbesaran 1,5x.

Contoh lain, sebuah kantor dapat memindai semua kartu nama relasi yang ada dalam waktu singkat. Metoda ini berguna untuk mempercepat pendataan relasi dan mengurangi kemungkinan kesalahan pengetikan alamat atau nomor telepon.

Jika Anda tertarik, produk ini akan segera tersedia di pasaran. Namun, kami belum mendapat informasi mengenai harga jualnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES