LOGO

Freemake Audio Converter: Memisahkan Audio dari Video File

Saat ini, aplikasi converter sangat mudah ditemukan. Oleh karena itu, mengonversi file audio bukanlah masalah lagi. Banyak situs di internet yang menyediakan koversi file online secara gratis. Cara lainnya adalah dengan mengunduh lagu dari berbagai situs yang menjadi portal sebagai “gudang” musik. Namun, hal seperti ini tidak akan memecahkan masalah bila Anda membutuhkan sebuah audio yang ada di file video.

Converter audio yang banyak beredar biasanya hanya dapat mengonversi sebuah audio dari satu ekstensi file ke ekstensi file lainnya. Sebagai contoh, sebuah aplikasi yang bernama xxx mengonversi file audio dari .mp3 ke .wav atau dari .wma ke .m4p. Freemake Audio Converter menawarkan sesuatu yang berbeda dari yang ditawarkan aplikasi converter lainnya.

Instalasi

Untuk meng-install aplikasi ini, Anda harus mengunduh file setup dengan kapasitas sebesar 923 KB. Setelah itu, jalankan FreemakeaudioconverterSetup.exe kemudian akan muncul wizard yang akan memandu Anda hingga proses instalasi selesai.  Saat proses instalasi berlangsung, aplikasi ini akan mengunduh beberapa komponen yang dibutuhkan sehingga memakan waktu sedikit lebih lama daripada aplikasi yang tidak mengunduh komponen instalasi.

Feature

Mengapa harus melewatkan utilities ini bila Freemake Audio Converter menawarkan berbagai feature yang dibutuhkan untuk mengonversi audio yang Anda inginkan? Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengonversi berbagai file video langsung menjadi file audio yang diinginkan hanya dengan sentuhan jari saja. Berikut beberapa feature lainnya yang disediakan oleh software ini.

Convert Audio – aplikasi ini mendukung konversi banyak file audio. Anda dapat mengonversi file audio ke berbagai perangkat gadget, seperti iPod, Zune, Coby, SanDisc Sansa, iRiver, Walkman, Archos, GoGear, dan lainnya.

Join Audio File – Bila Anda memiliki dua file audio dan ingin digabungkan, cukup tambahkan dua file yang hendak dipadukan kemudian tekan Join File yang berada di sebelah kiri atas lalu lanjutkan dengan proses konversi. Dengan begitu, Anda sudah melakukan proses penggabungan file.

Ripping Audio dari Video – Anda dapat me-ripping file audio dari sebuah file video yang Anda inginkan. Prosesnya cukup mudah dan cepat. Aplikasi ini bahkan dapat mengonversi DVD, H.264, AVI, MPEG, MP4, MKV, DIVX, MOV, WMV, VOB, 3GP, RM, QT, FLV, dan lainnya.

Selain feature utama yang ditawarkan aplikasi ini, kami juga menemukan beberapa feature tambahan yang dijanjikan oleh pihak freemake yang akan diikutsertakan di update mendatang. Janji ini kami temukan dari situs resmi http://www.freemake.com/. Di update mendatang, aplikasi ini dapat me-rip dan membuat audio CD atau mp3 CD.

Pengujian

Kami melakukan serangkaian pengujian untuk mengetahui kinerja aplikasi ini. Hasil yang diperoleh memang cukup memuaskan. Kami tidak menemukan kendala yang mengganggu selama proses pengujian.

Desain – Desain aplikasi ini tampak tidak jauh berbeda dengan aplikasi Freemake lainnya seperti Freemake Video Converter ataupun Freemake Video Downloader. Aplikasi ini tampil dengan desain yang sederhana, mudah untuk dimengerti dan digunakan.

Ekstensi File – Kami menemukan lebih dari 20 ekstensi audio file dan lebih dari 40 ekstensi file video. Beberapa di antaranya adalah MP3, WMA, WAV, FLAC, AAC, M4A, OGG, dan DVD; H.264, AVI, MPEG, MP4, MKV, DIVX, MOV, WMV, VOB, 3GP, RM, QT, FLV untuk video file.

Setting – Untuk mengonversi sebuah file audio, Anda dapat mengustomisasi file tersebut mulai dari mengganti nama, mengubah sample rate, mengubah bit rate, dan mengubah channel mejadi mono ataupun stereo. Bila tidak ingin repot, Anda dapat langsung mengonversi file yang diinginkan dan menyetelnya ke pengaturan optimal.

Kinerja – Aplikasi ini membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk mengonversi dua lagu dengan kapasitas masing-masing di atas 5 MB.

Support

Aplikasi ini didukung dengan baik oleh Freemake. Panduan penggunaan aplikasi ini disajikan dalam bentuk artikel dan demo video. Kami tidak menemukan file panduan dalam bentuk link atau online.

Personal

Kami menyukai kinerja dan feature yang ditawarkan utilities kecil ini. Dengan Freemake Audio Converter, mengonversi file audio menjadi jauh lebih mudah dan lebih cepat. Prosesnya pun tidak menyulitkan, simpel, dan cukup cepat sehingga Anda masih memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan lainnya.

Kesimpulan

Aplikasi ini menawarkan sesuatu yang berbeda dari para pesaingnya. Tidak semua konverter audio dapat me-ripping file audio yang ada di file video. Ini menjadi nilai lebih dari aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini memiliki hampir semua feature standar aplikasi konversi file audio.

Keterangan

Kategori
PC Apps, Utilities, Konverter

Platform
Windows OS

Situs Resmi
http://www.freemake.com/

Unduh File
http://www.freemake.com/free_audio_converter/

Comments

  1. Ahsan says:

    ijin download gan

Random Articles
Back to Top