LOGO

FS Photo Resizer: Mengubah Ukuran Gambar

Mengunduh atau mengunggah gambar adalah salah satu dari kegiatan yang banyak dilakukan orang saat berselancar di dunia maya. Berbagi gambar dengan teman atau sekadar ingin menunjukkan sesuatu tidak harus dengan foto yang berkapasitas dan berresolusi yang sangat besar. Terkadang cukup dengan foto dengan resolusi yang memadai saja. Ini biasanya dilakukan untuk menghindari penggunaan bandwidth yang terlalu besar sehingga akan memperlambat konektivitas, dengan kata lain mempercepat proses unduh dan unggah file.

Halaman utama aplikasi ini.

FS Photo Resizer atau lebih dikenal dengan FastStone Photo Resizer banyak digunakan oleh banyak orang untuk mengubah ukuran gambar. Selain karena memiliki feature yang tepat guna, aplikasi ini juga cukup mudah untuk digunakan. Cukup dengan meluangkan sedikit waktu untuk mempelajari penggunaan aplikasi ini, Anda siap menggunakan aplikasi ini untuk mengubah ukuran foto yang ingin dibagi bersama kolega ataupun teman.

Instalasi

Dengan kapasitas file setup berukuran 1.477 KB, aplikasi ini akan memakan ruang hard disk sebesar 1.48 MB. Proses instalasinya sendiri tidak bertele-tele. Anda hanya perlu mengikuti wizard yang tersedia dan proses instalasi pun akan selesai dalam waktu kurang dari satu menit. Proses uninstall-nya pun dilakukan dengan cara yang sama dan memakan waktu yang hampir sama. Anda dapat mengakses FS Resizer melalui start menu atau langsung melalui ikon yang tersedia di desktop.

Feature

FastStone Photo Resizer merupakan foto editor dengan fungsi yang berbeda dengan foto editor biasa. FastStone Resizer merupakan salah satu hasil karya dari FastStone.org yang telah banyak dikenal dengan berbagai produknya, seperti FastStone Image Viewer, FastStone Max View, FastStone Capture.

Menu Resize

Untuk FastStone Photo Resizer sendiri, pihak pengembang banyak menanamkan berbagai feature yang membuat para penggunanya merasa puas menggunakan aplikasi ini. Kemampuannya tidak hanya sebatas mengubah ukuran file saja. Masih banyak kemampuan lainnya yang dapat Anda nikmati. Beriku beberapa di antaranya.

  • Convert dan Rename images dalam bentuk batch mode.
  • Mendukung JPEG, BMP, GIF, PNG, TIFF, dan JPEG2000.
  • Mengubah ukuran, crop, kedalaman warna, menampilkan efek warna, menambahkan teks, watermark, dan efek border.
  • Mengganti nama image dengan nomor sekuensial.
  • Pencarian dan penggantian nama file.
  • Pratinjau konversi dan penggantian nama.
  • Mendukung struktur folder dan subfolder.
  • Load dan menyimpan setting.

Croping jauh lebih mudah dengan aplikasi ini.

Pengujian

Kemampuan FastStone Photo Resizer baru terlihat dengan jelas setelah software yang satu ini masuk ke dalam dapur pengujian Jagat Review. Sampai sejauh mana kemampuan aplikasi ini setelah serangkaian pengujian yang kami lakukan? Berikut beberapa hal yang kami temukan saat aplikasi ini unjuk gigi.

Kemampuan – Untuk meng-convert beberapa foto atau gambar dengan kapasitas file di atas 5 MB, aplikasi ini mampu menyelesaikannya dalam hitungan menit. Kemampuan ini cukup cepat dan dapat diandalkan sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk meng-convert foto-foto yang dimiliki.

Penurunan Kapasitas – Hasil yang diperoleh dalam menurunkan ukuran kapasitas sebuah gambar tergantung dari setting yang dilakukan. Anda dapat menurunkan kapasitas foto tanpa harus menurunkan kualitas gambar terlalu jauh atau Anda dapat memiliki kapasitas yang cukup kecil dengan resolusi yang masih dapat dinikmati. Ini semua tergantung setting yang Anda tentukan.

Hasil yang diperoleh setelah meng-convert image.

Feature – Feature utama yang disediakan aplikasi ini tergolong memenuhi kebutuhan standar yang dibutuhkan untuk mengedit sebuah foto. Di sini Anda dapat melakukan berbagai hal, seperti mengganti nama, mengubah ukuran file, crop, rotate, mengubah kedalaman warna, dan lain sebagainya.

Watermark – Untuk mencegah gambar yang Anda unggah di “curi’ oleh tangan yang tidak bertanggung jawab, Anda dapat membubuhkan “identitas” di foto yang Anda edit dengan membubuhkan teks yang nantinya akan tercantum di foto dalam bentuk transparan.


Berikan “identitas di foto Anda untuk menghindari “pencurian”.

Versi – Setiap versi terbaru dari aplikasi ini memiliki beberapa perbaikan dan penambahan yang dapat bermanfaat untuk Anda. Sampai tulisan ini diturunkan, aplikasi ini masih dalam versi 3.1. Di versi ini, Anda akan menemukan tambahan seperti Unsharp Mask dan perbaikan terhadap watermark, serta beberapa perbaikan minor lainnya.

Desain – Bila Anda merasa bosan dengan tampilan standar dari software ini, Anda dapat mengubahnya dengan beberapa pilihan skin yang telah disediakan. Skin bawaan yang tersedia, seperti MacX, Windows Xp, Windows Vista, MacX_II, Crona, Win Aqua, Window Border, Windows Classics, Windows Dark, di mana semua skin tersebut dapat diakses dari menu Skin.

Support

Dukungan penuh dapat Anda peroleh dari situs resminya di http://www.faststone.org/index.htm. Aplikasi ini juga menyediakan panduan file secara offline. Dari menu Help yang tersedia, Anda akan menemukan Help, License Agreement, Enter Registration Code, Homepage, dan About. Pihak Fastone.org menyatakan aplikasi ini merupakan freeware untuk para home user yang bebas dari Addware, popup menu, dan berbagai komersial lainnya.


Help File

Personal

Aplikasi ini memang memiliki kinerja dan kemampuan yang dapat diandalkan. Feature yang tersedia cukup memenuhi kebutuhan dasar untuk mengedit foto. Anda pun dapat memberikan “identitas” Anda agar foto-foto Anda tidak dicuri oleh orang lain. Sangat disayangkan bila Anda harus melewati software ini begitu saja.

Kesimpulan

Bila Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan dasar untuk mengedit sebuah gambar, Anda harus memilirik aplikasi ini. Kemampuan yang ditawarkan untuk mengedit foto lebih dari cukup. Selain itu, Anda juga tidak perlu merogoh saku sepeser pun karena aplikasi ini tersedia secara gratis.

Keterangan

Kategori
PC Apps, Foto Editor

Situs Resmi

http://www.faststone.org/index.htm

Unduh File
http://www.faststone.org/download.htm

Comments

  1. aura cell says:

    klo di perbesar foto yang kecil ko tetep pecah,gmn caranya biar ga pecah?

  2. tralinet says:

    Wah ,,…!ya hasil conver gambarnya jadi proposional,.. thanks Gan..!

Random Articles
Back to Top