JagatTalk: Arti Dibalik Sebuah Merek

Reading time:
September 11, 2011

JagatReview mengajak Anda, para pembaca, berkomunikasi lebih dekat dengan membuka fitur baru, “JagatTalk”. JagatTalk merupakan media diskusi antar Tweeps follower @jgtreview untuk membahas topik-topik hangat yang diadakan setiap pertengahan minggu. Anda bebas memberikan komentar Anda menenai topik yang sedang kami angkat, tentunya dengan mengikuti syarat Twitter: 140 karakter saja! Let’s Talk!

Topik yang kami angkat pada JagatTalk minggu ketiga ini adalah smartphone. Munculnya berbagai merek smartphone “lokal” yang menantang merek “internasional” merupakan fenomena cukup marak belakangan ini. Smartphone “lokal” hadir dengan harga yang sangat menarik disertai dengan fitur dan spesifikasi yang tidak kalah dengan smartphone “internasional”. Bagaimana tanggapan Tweeps follower @jgtreview mengenai fenomena tersebut?

smartphone

Menjawab pertanyaan “Tweeps, lebih pilih mana, smartphone merk lokal harga terjangkau atau merk internasional harga mahal, dengan spek dan OS sama?” yang kami ajukan, beberapa Tweeps follower @jgtreview memiliki pendapat masing-masing mengenai hal tersebut. @sumatris, salah satu peserta, mengatakan “pilih non lokal. krn mikirnya kl lokal buildnya masih kurang solid banding dg yg non lokal. jadi wajar kl > mahal“. @m_aldiawan juga lebih memilih smartphone “internasional” karena alasan servis aftersales “pilih smartphone merk internasional harga mahal, jelas ada Service centrenya & tsebar luas. klo merk lokal ke & dimana?“, sementara @G4nda juga enggan menggunakan smartphone lokal karena dianggap menyulitkan di kemudian hari “pilih yang garansi gk pake ribet 😀 #jgttalk kebanyakan yg lokal ribet 😀“.

Di pihak lain, ada @GhostX yang memilih smartphone “lokal” karena menurutnya harga tidak menggambarkan kualitas suatu produk, “spek sama?? pilih harga terjangkau!! karna harga tidak menentukan kualitas barang bagus atau tidak“. @andytanamas juga menyatakan katertarikannya terhadap smartphone “lokal” walaupun tidak menyebutkan alasannya, “lokal dong :))“.

Riefa27@JGTTalk 3

Seperti biasa, kami juga memilih sebuah jawaban dari Tweeps follower @jgtreview sebagai komentar terbaik di JagatTalk ketiga ini. Komentar terbaik menurut kami datang dari @riefa27, “merk international. Build quality merk lokal biasanya blm bs menyamai, blm lg after sales & parts“. Jawaban yang diberikan @riefa27 memang cukup singkat, tetapi sudah cukup menggambarkan mengapa smartphone “internasional”, walaupun memiliki harga yang relatif lebih mahal, masih menjadi pilihan utamanya.

Opini yang diberikan oleh Tweeps follower @jgtreview ternyata menggambarkan bahwa smartphone merek “internasional” dengan built quality yang dianggap lebih baik dan kepastian aftersales tetap menjadi pilihan utama. Sementara untuk smartphone “lokal”, masalah aftersales yang terkadang kurang jelas ternyata menjadi penghambat serangan mereka ke smartphone merek “internasional”. Tetapi, bila smartphone “lokal” bisa memperbaiki kualitas aftersales mereka, bukan tidak mungkin suatu saat nanti smartphone “lokal” bisa semakin diminati oleh masyarakat.

pile of phones

Tentunya, opini yang kami kumpulkan di atas tersebut hanya merupakan opini yang diberikan oleh sebagian kecil pecinta gadget dan teknologi di Indonesia melalui JagatTalk, media diskusi online terbuka yang bisa diikuti oleh Tweeps follower @jgtreview. Smartphone “lokal”, dengan harganya yang murah, memang menjadi alternatif yang cukup menarik. Tetapi, smartphone merek “internasional” dengan dukungan aftersales yang baik masih menjadi pilihan utama. Jadi, bagaimana opini Anda, pembaca setia JagatReview?

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…