Lebih Dekat dengan Arsitektur AMD LLANO Versi Mobile

Reading time:
September 8, 2011
llano die diagram

Mainan terbaru AMD bernama APU (Accellerated Processing Unit) memang sedang menjadi topik hangat saat ini. Secara sederhana, APU merupakan sebuah prosesor yang di dalamnya terdapat unit komputasi x86 alias CPU, unit komputasi grafik alias GPU, dan chipset northbridge. Proses fabrikasi 32 nm digunakan oleh AMD untuk menggabungkan ketiga unit tersebut ke dalam sebuah die prosesor. Saat ini, APU terbagi dalam tiga seri yaitu E-Series (codename Zacate) dan C-Series (codename Ontario) dengan platform bernama Brazos. Sedangkan yang terakhir bernama A-Series (codename Llano) dengan platform bernama Lynx untuk desktop dan Sabine untuk mobile.

Setelah kami memaparkan arsitektur AMD Llano A-Series versi desktop, kali ini kami akan memaparkan kepada Anda arsitektur AMD Llano A-Series versi mobile.

AMD Llano A-Series Mobile Version

llano die

Prosesor

stars

Unit komputasi x86 alias CPU di AMD Llano A-Series versi mobile sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi desktop. Unit komputasi x86 ini menggunakan arsitektur K10 “Stars” dengan codename Husky. Ukuran L2-chace yang digunakan pun sama yaitu sebesar 1MB/core prosesor dan sama-sama tidak memiliki L3-chace. Akan tetapi, tentu terdapat perbedaan di antara AMD Llano A-Series versi mobile dan desktop. Apa saja perbedaan itu?

amd llano cpu fix

Salah satu perbedaan yang langsung kami jumpai adalah semua tipe AMD Llano A-Series versi mobile dilengkapi feature Turbo CORE Technology (penjelasan feature ini dapat Anda temukan di halaman selanjutnya). AMD Llano A-Series versi mobile dapat meningkatkan kecepatan clock hingga 900 MHz di atas clock default-nya.

memory

Tidak hanya itu, terdapat juga perbedaan dukungan maksimal di kapasitas dan kecepatan memori di antara versi mobile dan desktop. Di versi mobile, kapasitas maksimal memori adalah 32 GB, sedangkan di versi desktop adalah 64 GB. Untuk kecepatan memori, versi desktop mendukung kecepatan memori hingga 1866 MHz, sedangkan versi mobile hingga 1600 MHz.

Saat ini terdapat tujuh tipe APU AMD Llano A-Series versi mobile dengan dua nilai TDP yang berbeda, yaitu 45 Watt dan 35 Watt. APU AMD Llano A-Series versi mobile menggunakan soket FS1 sedangkan versi desktop menggunakan soket FM1.

Graphics Card

sumo

Sama halnya dengan unit komputasi x86, unit komputasi grafik AMD Llano A-Series versi mobile pun tidak jauh berbeda dengan versi desktop. Unit komputasi grafik menggunakan arsitektur Redwood yang telah diperbarui yang mengusung codename Sumo. Arsitektur Redwood sendiri pertama kali digunakan di graphics card desktop AMD HD 5670, HD 5570, dan HD 5550. Oleh karena itu, tidak aneh jika spesifikasi unit komputasi grafik AMD Llano A-Series memiliki kemiripan dengan ketiga tipe graphics card desktop tersebut.

Walaupun terdapat beberapa persamaan, GPU Sumo memiliki perbedaan dibandingkan graphics card desktop Redwood terdahulu. Salah satu perbedaan tersebut adalah penggunaan proses fabrikasi 32 nm. Mungkin inilah satu-satunya graphics card AMD yang menggunakan proses fabrikasi 32 nm karena tampaknya graphics card AMD generasi berikutnya akan menggunakan proses fabrikasi 28 nm. AMD pun telah meningkatkan versi UVD (Unified Video Decoder) dari versi 2.0 ke versi 3.0. UVD 3.0 mewarisi dukungan format yang telah didukung oleh UVD 2.0 ditambah dukungan untuk format lainnya, seperti Multi-View Codec (Blu-ray 3D), MPEG-2, dan MPEG-4 part 2 (XviD/DivX).

Kebutuhan memori GPU Sumo didapatkan dari memori sistem. GPU Sumo akan menggunakan sebagian dari kapasitas memori sistem untuk kebutuhannya. GPU Sumo versi mobile mendukung tipe memori DDR3 dengan kecepatan memori hingga 1600 MHz dengan bandwidth memory sebesar 128-bit.

amd llano gpu

Terdapat tiga tipe GPU Sumo versi mobile yang ada saat ini, yaitu AMD HD 6620G, HD 6520G, dan HD 6480G. Perbedaan di antara ketiga tipe tersebut terletak di jumlah Stream Processor dan clock GPU.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…