in: Software | September 16, 2011 | by: Lucky Natalia

Menoo: Food Directory Berbasis Social Network

Sebelumnya, Jagat Review pernah me-review aplikasi food directory untuk Blackberry bernama Love Indonesia. Kali ini, muncul satu lagi aplikasi dengan konsep yang sama, yang juga buatan anak negeri, Menoo. Menoo merupakan aplikasi food directory yang memberikan informasi mengenai berbagai makanan di berbagai tempat di beberapa kota besar di Indonesia. Bersama dengan komunitas kuliner terbesar di Indonesia, Jalansutra, Menoo menyediakan informasi lengkap mengenai dunia kuliner. Tidak hanya berbagai tempat makan yang terletak di dekat posisi pengguna, aplikasi ini juga memberikan informasi mendetail mengenai promo dan diskon yang sedang berlaku di beberapa restoran.

Aplikasi ini berbasis LBS (Location Based Service) dan termasuk kategori social network karena memungkinkan penggunanya mengetahui aktivitas pengguna lainnya.

Instalasi

Untuk perangkat Backberry, Anda bisa menemukan aplikasi ini di Blackberry App World dengan memasukkan nama aplikasi ini di bagian “search”. Pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan stabil agar proses instalasi tidak terhambat. Selain melalui Blackberry App World, Anda juga bisa mengunduh aplikasi ini melalui situs resmi Menoo.

Feature

Aplikasi ini memiliki desain yang menarik, didominasi warna biru muda dan hijau terang. Di halaman muka, Anda akan menemukan deretan menu makanan dan detail harga dan lokasi tempat makannya. Uniknya, menu-menu yang ada di aplikasi ini tidak hanya menu yang ada di restoran besar saja, melainkan yang juga di jual di warteg atau warung kaki lima. Oleh karena itu, varian menu yang ada di aplikasi ini cukup lengkap, mulai dari yang termurah hingga termahal pun ada di sini.

Dengan desain yang menyegarkan dan tampilan yang cukup sederhana, aplikasi ini termasuk mudah digunakan dengan ragam feature yang menyenangkan. Berikut beberapa feature yang ada di aplikasi ini.

  • Detail Makanan/Tempat makan – Anda bisa mendapakan informasi detail mengenai menu yang Anda maksud. Informasi yang disajikan cukup lengkap, mulai dari rate, deskripsi, tempat makan yang menjual menu yang bersangkutan (lengkap dengan rate restoran, peta, dan estimasi jarak dari posisi pengguna), Menoor (penggagas awal tempat makan/menu yang dimaksud), dan para pengguna Menoo yang menyukai (Addictood) menu/tempat makan yang dimaksud.

Jika Anda memilih tempat makan dari halaman muka, Anda akan mendapatkan keterangan mengenai rate, alamat, peta lokasi, deskripsi tempat, kategori, nomor telepon, dan jam operasi.

Klik “Menu”, Anda akan mendapatkan deretan menu yang dijual di restoran yang bersangkutan.

  • Feeds – aplikasi ini tidak hanya sebagai food directory. Anda juga bisa melihat aktivitas pengguna aplikasi ini di menu “Feeds”. Layaknya aplikasi Foursquare, aplikasi ini bekerja layaknya sosial networking yang memungkinkan Anda berhubungan dengan teman sesama pengguna Menoo.

  • Offers – feature ini terdiri dari dua submenu, yaitu “Deals” dan “Promo”. Di submenu “Deals”, Anda akan menemukan list potongan harga di beberapa restoran yang ditawarkan situs penyedia kupon atau voucher potongan harga. Di Submenu “Promo”, Anda bisa mengecek promo apa saja yang sedang ditawarkan beberapa restoran yang biasanya diadakan atas kerja sama dengan kartu kredit tertentu.

  • Browse – feature ini memungkinkan pengguna mencari menu tertentu berdasarkan 27 kategori. Anda juga bisa melakukan pencarian melalui submenu “Search” dengan memasukkan nama restoran yang diinginkan. Anda juga bisa mengerucutkan pencarian dengan memasukkan kategori dan detail lainnya (fasilitas WiFi, delivery, atau smoking area).

  • Me – feature ini menampilkan profile Anda yang menunjukkan foto, badges, addictoods, reviews (Anda juga bisa menulis review tentang tempat/menu yang ada di aplikasi ini), jumlah teman, MenooBook (daftar menu/tempat favorit), dan Menoor (tempat-tempat yang Anda gagas, layaknya konsep “Mayor” di aplikasi Foursquare).
  • More – Anda bisa melakukan pengaturan terhadap aplikasi ini, mencari teman, mengedit profile, follow Twitter Menoo, FAQ, dan mengetahui lebih dalam mengenai aplikasi ini di sesi “About Menoo”.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES