Microsoft Mathematics: Mari Belajar Matematika

Reading time:
September 16, 2011

Sebagai wujud kepedulian Microsoft terhadap generasi muda, perusahaan ini meluncurkan sebuah produk untuk membantu para remaja mempelajari mata pelajaran yang paling dibenci kalangan pelajar yaitu matematika. Software yang diluncurkan oleh Microsoft ini diberi nama Microsoft Mathematics. Pada dasarnya, utilities ini dapat membantu berbagai kesulitan yang sering ditemui para pelajar mempelajari matematika.

Pertama4

Microsoft Mathematics menyediakan sederetan tool matematika untuk menyelesaikan berbagai kasus matematika dan solusi pemecahannya. Aplikasi ini memberikan pengajaran mengenai pra-aljabar, aljabar, trigonometri, fisika, kimia, dan kalkulus.

Instalasi

Sebelum meng-install Microsoft Mathematic, pastikan terlebih dahulu bahwa PC Anda memiliki Microsoft .NET Framework 3.5 SP1. Proses instalasi software ini sendiri akan memakan waktu kurang dari satu menit dengan kapasitas file setup sebesar 17 MB yang dapat diunduh langsung dari http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?id=15702. Untuk meng-install aplikasi ini, Anda dapat mengikuti tiga langkah mudah berikut.

  1. Unduh file setup dari link di atas dengan mengklik tombol “Download” sesuai dengan versi yang Anda inginkan dan menyimpan file tersebut ke dalam hard disk.
  2. Double klik file yang telah Anda unduh.
  3. Setelah muncul jendela instalasi, ikuti petunjuk yang telah disediakan wizard hingga selesai.

Instalasi

Setelah proses instalasi selesai, Anda sudah dapat menggunakan aplikasi ini. Di sini Anda akan menemukan berbagai hal menarik yang dapat membantu Anda. Bila nantinya Anda merasa sudah tidak membutuhkan aplikasi ini, Anda dapat menghapusnya dengan lima langkah mudah berikut ini.

  1. Untuk membuang file setup yang diunduh cukup dengan cara men-delete file Msetup.exe.
  2. Untuk meng-uninstal Microsoft Mathematics, klik tombol Start>Setting>Control Panel
  3. Double klik “add/remove program” (untuk windows XP ke bawah).
  4. Di list installed program, pilih Microsoft Mathematics, kemudian klik “remove program/uninstall”. Jika muncul dialog box, lalu ikuti petunjuknya.
  5. klik “OK” untuk menyelesaikannya.

instalasi21

Feature

Aplikasi ini mencakup beberapa fungsi lainnya seperti kalkulator grafik lengkap yang dirancang untuk bekerja layaknya kalkulator gengam. Software pembantu ini bahkan dapat membantu Anda untuk mengevaluasi bentuk seperti segitiga, mengonversi dari satu sistem ke sistem unit lainnya, dan memecahkan berbagai persoalan seputar persamaan. Berikut adalah beberapa feature yang dihadirkan oleh software ini.

  1. Langkah demi langkah pemecahan  persamaan (equation) – Di sini Anda dapat mempelajari langkah demi langkah pemecahan kasus persamaan. Feature ini akan membantu Anda memahami kasus persamaan dengan lebih mudah dalam waktu yang singkat.
  2. Graphic Calculator – Untuk mempermudah proses belajar, aplikasi ini menyediakan kalkulator berbentuk grafik.
  3. Formula dan Equation Library – Rasanya kurang pas bila sebuah alat bantu matematika tidak memiliki formula dan equation library.
  4. Triangle Solver – Bila Anda selalu dihadapkan dengan sebuah permasalahan matematika seputar segitiga, alat ini sudah pasti dapat membantu Anda untuk menyelesaikannya.
  5. Unit Convertion Tools – Dari milimeter ke meter, dari centimeter ke kilometer, atau sebaliknya. Anda dapat dengan cepat menyelesaikannya dengan bantuan aplikasi ini.

Equation

Pengujian

Dari berbagai feature yang ditawarkan aplikasi ini, kami menemukan beberapa hal setelah melakukan beberapa pengujian untuk mengetahui seberapa jauh kinerja aplikasi ini. Hasil yang diperoleh pun sangat memuaskan. Berikut beberapa hal yang kami temukan selama pengujian berlangsung.

Desain – Tampilan utama aplikasi ini tampak seperti Microsoft Office 2007 dan 2010. Sederatan menu berada di bagian atas sementara di sebelah kiri terdapat kalkulator yang terlihat seperti sebuah gadget. Jendela utama berada di sebelah kanan untuk penyelesaian persoalan yang sedang dihadapi.

desain

Skin dan Color – Bila Anda merasa bosan dengan tampilan default aplikasi ini, Anda dapat menggantinya dengan berbagai skin yang telah tersedia, seperti Tecno, Luau, Traditonal, Snow, hot Rod, Sketch, dan Big Button. Anda bahkan dapat mengombinasikan skin yang tersedia dengan Color Scheme, seperti Black, Blue, dan Silver.

Feature – Semua feature yang tersedia berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang telah dijanjikan oleh Microsoft. Chart atau graphic yang tersedia dapat ditampilkan dalam bentuk 2D atau 3D seusai dengan keinginan Anda. Formula dan equation, Trangle Solver, Converter, dapat berjalan baik tanpa kendala.

converter

Impor dan Ekspor – Semua pekerjaan yang dilakukan menggunakan aplikasi ini dapat disimpan dengan ekstensi file .gwc. Selain itu, Anda bahkan dapat menngimport dan mengekspor tombol dengan ekstensi file .mbt.

Input – Ada dua cara untuk memasukkan input ke dalam aplikasi ini, yang pertama melalui keyboard seperti biasanya, yang kedua melalui drive pen dengan menekan tombol link yang tersedia. Pada saat pengetesan, aplikasi ini mengalami crash atau error saat kami mencoba meng-input melalui link.

Support

Penggunaan aplikasi ini tergolong sedikit rumit. Namun, Anda akan mendapatkan bantuan penggunaan dari file panduan yang disediakan secara offline. Aplikasi ini mendapatkan dukungan penuh dari Microsoft sehingga bila Anda membutuhkan keterangan lebih lanjut mengenai aplikasi ini dapat mengunjungi situs resmi perusahaan ini.

help

Personal

Kemampuan aplikasi ini memang patut diacungi jempol. Aplikasi ini menyajikan feature yang dapat membantu para pelajar yang memiliki masalah dalam memecahkan kasus matematika. Nilai tambah lainnya adalah aplikasi ini tersedia secara gratis.

Kesimpulan

Bagi Anda yang memiliki anak usia pelajar tingkat SMP/SMA, aplikasi ini mungkin dapat digunakan untuk membantu mereka memahami matematika lebih mendalam. Aplikasi ini memiliki fungsi-fungsi spesifik dalam pemecahan kasus matematika.

Keterangan

Kategori
PC Apps, Utilities, Pendidikan

Platform
Windows OS

Situs Resmi
http://www.microsoft.com/

Unduh File
http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?id=15702#instructions

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…