in: Games | September 30, 2011 | by: Pladidus Santoso

NostalGame: Balloon Fight

Jika kita membicarakan salah satu game paling menyenangkan yang pernah hadir di industri game, maka nama yang satu ini harus termasuk di dalamnya. Tidak perlu mendadani diri dengan kualitas grafis super mewah, tak perlu membalut diri dengan plot super kompleks, dan tak perlu menjual desain karakter yang memukau mata. Game ini hanya memerlukan dua komponen utama untuk dapat terus hinggap di otak gamer yang pernah memainkannya, Balon dan Terbang. Kesederhanaan yang masih akan membuat Anda berteriak seru, bahkan hingga saat ini.

Apakah Anda termasuk gamer yang sempat bermain dengan konsol rumah Nintendo, NES untuk waktu yang cukup lama? Maka game yang satu ini pasti tak terdengar dan terlihat asing lagi. Di format catridge yang memuat puluhan hingga ratusan game, game ini hampir selalu hadir sebagai pilihan yang paling menarik. Memompa energi untuk beraktivitas lewat gameplay yang kompetitif dan menegangkan, inilah Balloon Fight! Inilah usaha untuk menggali kembali semua masa-masa kecil yang indah. Buka kembali memori dan jelajahi kembali nikmatnya sebuah game NES.

Sebelum kehadiran game-game yang didesain untuk fun seperti Bishi-Bashi Spesial atau PepsiMan di masa kejayaan Playstation, Balloon Fights sudah menghadirkan pengalaman yang hampir sama di masa NES yang jauh lebih tua. Tak perlu kontrol yang kompleks, Anda hanya perlu menekan satu tombol berulang-ulang sembari melihat layar kaca. Namun satu yang pasti, setiap kali menekan tombol, Anda akan merasakan telapak tangan Anda berkeringat dingin. Tidak perlu cepat, kebutuhan akan kesabaran dan kehati-hatian lah yang menjadi intisari dari game ini.

Jika Anda termasuk gamer yang sempat tumbuh besar bersama dengan Balloon Fight, jangan ragu untuk ikut bernostalgia dengan karakter ini. Menikmati salah satu game terbaik yang pernah hadir di industri game, namun sering dilupakan ini. Siapkan balon Anda, mari kita bertarung!

Plot dan Gameplay

Jika Anda mengharapkan sebuah plot yang kompleks hadir dari sebuah game seperti Balloon Fight, maka Anda pasti belum pernah memainkan game NES sebelumnya. Seperti sebagian besar game NES yang sempat hadir di industri game, gameplay menjadi aspek paling penting yang ditonjolkan. Aspek seperti grafis memang didesain secara maksimal, setidaknya cukup untuk menggambarkan tema yang ada. Bahkan beberapa game tidak mempersiapkan nama untuk karakter utamanya. Seperti yang terjadi di Balloon Fight ini.

Tidak jelas apa misi Anda dan mengapa Anda harus melakukan semua kesulitan ini. Satu hal yang pasti, Anda berdiri di sebuah daerah dengan musuh yang tampaknya siap untuk melenyapkan nyawa Anda secepat mungkin. Satu-satunya cara untuk bertahan hidup? Menggantungkan diri pada balon yang Anda bawa, berusaha terbang, dan melenyapkan semua ancaman terlebih dahulu. Dimulailah petualangan Anda yang tanpa akhir.

Tombol yang digunakan benar-benar sangat sederhana. Anda hanya perlu menggunakan tombol d-pad untuk bergerak dan tombol A untuk menggerakkan tangan sang karakter. Tangan ini dibutuhkan untuk lepas landas. Semakin cepat Anda menekannya, maka semakin tinggi dan cepat karakter Anda akan terbang. Jika Anda melepas tombol, maka fungsi gravitasi bekerja, Anda akan perlahan melambat dan turun. Untuk mencapai ketinggian tertentu dan konstan, Anda perlu memperhitungkan kecepatan Anda menekan tombol ini. Pada akhirnya, intisari untuk memenangkan Balloon Fight adalah kehatian-hatian Anda.

Misi yang Anda usung juga sederhana. Anda hanya perlu memastikan semua balon musuh pecah dan menendang mereka ke luar arena. Caranya? Dengan menginjak balon mereka dan “menyentuh” mereka sekali lagi setelah semua balon hancur. Hal yang sama juga berlaku untuk karakter Anda. Anda akan dihitung kalah dan harus mengorbankan nyawa ketika semua balon yang berada di atas kepala Anda hancur. Tetapi jangan salah, masih ada ancaman lain yang mungkin membuat karakter Anda langsung tewas, seperti petir dan ikan besar yang kelaparan. Cara termudah untuk menyelesaikan misi adalah dengan memastikan diri berada di posisi yang lebih tinggi dari musuh, sekaligus melihat potensi bahaya yang mungkin  muncul dari lingkungan. Balloon Fight juga menyediakan mode Balloon Trip untuk gamer yang hendak menguji ketangkasannya bermain. Mudah? Tunggu dulu, Anda terlalu meremehkan.

Apa yang Saya Suka dari Ballon Fight?

Konsep Permainan

Siapa yang mengira balon dan karakter tanpa nama akan membuat Anda senang seperti ini?

Siapa yang mampu memikirkan bahwa sebuah perang balon akan menghadirkan sensasi menyenangkan seperti ini? Dua karakter tidak jelas yang terbang untuk menghancurkan musuh yang terbang tidak beraturan, tanpa plot, tanpa misi, namun mampu menghadirkan esensi game yang sebenarnya, inilah ciri game berkualitas yang semakin sulit untuk ditemukan saat ini. Anda dengan mudah menghancurkan semua musuh yang ada, tetapi juga dihadapkan pada situasi yang sama. Siapa yang menyangka jika konsep permainan ini seperti mampu menghadirkan tantangan dan sekaligus pengalaman yang adiktif.

2-Player Mode

Kooperatif atau Kompetitif? You decide.

Apalah artinya memainkan sebuah game yang menyenangkan jika Anda tidak berbagi dengan teman yang lain. Game seperti Balloon Fight memang didesain untuk melahirkan pengalaman yang lebih maksimal jika dimainkan dalam 2-player mode. Mengapa? Selain kemudahan untuk menyelesaikan misi, bermain bersama dengan teman yang lain juga  menghadirkan pengalaman yang berbeda. Apa yang terjadi ketika teman Anda tidak sengaja malah menghancurkan balon Anda? Membunuh karakter Anda? Atau bahkan mencuri poin dari mangsa yang sudah lama Anda incar? Awalnya mungkin tertawa, namun jika semakin sering, tidak akan heran jika Anda mulai menyediakan cutter di sebelah tempat duduk Anda.

Bonus Stage

Tak perlu menahan diri lagi, hancurkan saja!

Kooperatif atau Kompetisi? Anda bebas memilih gaya permainan yang Anda inginkan ketika bermain dalam 2 Player Mode. Menyelesaikan misi bersama atau saling menghancurkan tentu akan menentukan gaya Anda bermain. Namun, bagi mereka yang memilih untuk bekerja sama, Balloon Fight masih menyediakan kesempatan untuk “saling membunuh” di Bonus Stage. Stage yang hadir setiap Anda menyelesaikan 3 stage ini memang jadi ajang yang tepat untuk mengumpulkan poin. Karena tidak ada musuh yang harus Anda kalahkan, Anda dapat saling berburu balon di sini dengan cara apapun. Apalah artinya sebuah kompetisi tanpa ada karakter yang jatuh ke laut?

Balloon Trip

Benar-benar sulit untuk ditakhlukkan.

Jika Anda merasa permainan Balloon Fight tidak terlalu menantang, maka Anda boleh mejajal ketangkasan Anda di mode Balloon Trip yang disediakan. Di sini, Anda hanya diminta untuk bergerak dari satu titik ke titik lain secara berkelanjutan. Semudah itu? Tentu saja tidak. Berbagai tantangan hadir untuk menguji seberapa Anda menguasai gaya terbang dengan balon ini. Petir yang terus bergerak akan menjadi salah satu ujian tersulit yang harus Anda hadapi. Memainkan begitu banyak game selama absennya game ini dalam hidup, saya hanya bisa menyelesaikan 10 step saja. #facepalm.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES