in: Games | September 12, 2011 | by: Pladidus Santoso

NostalGame: Excite Bike

Bagi gamer yang baru mengenal dunia game saat ini, kualitas game sering kali ditentukan hanya dari kualitas grafis yang dihadirkan. Walaupun gameplay yang diusung cukup menarik, tidak sedikit gamer yang skeptis jika visualisasinya dianggap tidak memenuhi standar gaming saat ini. Padahal, jika kita menilik akar video game di masa lalu, pengalaman menyenangkan yang sama bisa didapatkan dari sebuah gambar yang sangat sederhana. Mereka yang pernah mencicipi NES di masa lalu tentu mengerti hal ini.

NES yang lahir di awal tahun 1980-an harus diakui merupakan tonggak awal perubahan gaming menjadi salah satu hiburan mainstream. Jutaan keluarga menghadirkan mesin ini di rumah mereka, jutaan anak-anak tumbuh besar bersama dengannya, dan jutaan manusia dewasa bersyukur mereka pernah mencicipinya. Walaupun sistem permainan yang dihadirkan terhitung sangat sederhana untuk kacamata sekarang, hampir semua game NES mampu menampilkan sebuah pengalaman unik. Sebuah pengalaman yang bahkan masih terekam jelas hingga saat ini.

Tidak sedikit gamer yang “terjerumus” dan menemukan cinta di industri game karena konsol putih milik Nintendo ini. NES sendiri merupakan konsol pertama yang saya miliki. Di usia yang sangat muda, konsol ini mengenalkan saya kepada nafas awal beberapa franchise besar, seperti Final Fantasy dan Street Fighter. Tidak hanya yang datang dari developer besar, NES juga menghadirkan ratusan game yang masih sulit dilupakan bahkan hingga saat ini. Game-game yang membuat ingatan seolah menaiki mesin waktu dan kembali ke masa-masa culun itu.

Jika kita membicarakan salah satu game balap paling memorable di masa kejayaan NES, tidak sedikit yang akan langsung memikirkan judul yang satu ini. Pernahkah Anda mendengar nama Excite Bike sebelumnya? Ingatan masa kecil yang terbatas mungkin membuat Anda melupakan judul game ini. Namun, ketika Anda mulai melihat rupanya dan mendengar theme song di dalamnya, saya yakin Anda akan merasakan pengalaman nostalgia yang kuat. Mari bernostalgia!

Plot

Jika Anda mengharapkan sebuah plot yang kompleks dari sebuah game NES, Anda benar-benar salah sasaran. Dengan teknologi yang sederhana dan visualisasi yang terbatas di 8 bit, developer lebih berfokus untuk menghadirkan pengalaman bermain yang menyenangkan. Lebih menakjubkannya lagi, misi ini sering kali berhasil dilakukan. Salah satu contoh yang paling nyata adalah Excite Bike.

Tidak ada kejelasan siapa nama karakter yang berada di balik helm ini. Kita hanya harus memastikan pria ambisius ini untuk menjadi yang terdepan dalam setiap tantangan track yang dihadirkan. Dengan menggunakan motor balapnya yang tampak tidak kompetitif, pria ini melaju melewati semua tanjakan, lompatan, dan turunan yang tampak tidak masuk akal. Sesuatu yang menyenangkan untuk kita, namun mungkin berujung buruk untuknya.

Jika di game balap di masanya lebih berfokus untuk bersaing dan menempati perangkat pertama, Excite Bike tampil dengan konsep yang berbeda. Waktu adalah musuh yang harus Anda hadapi. Tombolnya juga sangat sederhana. Tombol arah untuk menggerakkan posisi motor dan bergerak, tombol A untuk akselerasi biasa, dan tombol A untuk akselerasi ekstra dengan ekstra panas di mesin. Jika bar suhu mesin mencapai maksimal, sang pembalap harus beristirahat beberapa detik sebelum dapat melanjutkan balapan kembali.

Excite Bike boleh dibilang menjadi salah satu game balap terbaik di masanya. Variasi track yang dihadirkan berhasil dipadukan dengan ekstra mode seperti design dan kompetitif untuk memperkaya pengalaman bermain.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES