in: Games | September 23, 2011 | by: Pladidus Santoso

NostalGame: Rival Schools – United By Fate

Setelah sempat bernostalgia dengan game NES yang sederhana, Nostalgame kini kembali dengan jajaran game berkualitas dari masa kejayaan Playstation. Membongkar kembali memori akan beberapa game berkualitas yang mungkin sudah tertimbun padat di dalam memori. Salah satunya adalah game fighting yang satu ini. Game fighting yang harus saya akui, menghantarkan salah sistem battle terbaik di industri game. Tidak sedikit game yang kemudian lahir dengan mengadaptasi gaya bertarung yang ia usung.

Mata gamer game fighting kini pasti sedang tertuju pada salah satu judul baru game crossover yang tampak menjanjikan, Street Fighter X Tekken. Game yang merupakan hasil kerjasama antara Namco Bandai dan Capcom ini memang tidak hanya menawarkan karakter ikonik belaka, tetapi juga sistem pertarungan tag-team yang sederhana. Anda cukup menekan beberapa tombol untuk mengeksekusi berbagai gerakan super dan kombo maut antar karakter. Sesuatu yang baru? Sama sekali tidak. Sebuah konsep yang sudah diperkenalkan oleh Rival Schools lebih dari 10 tahun silam.

Mungkin tidak banyak gamer yang pernah mendengar atau memainkan game yang satu ini, namun Rival Schools harus diakui merupakan salah satu game fighting paling fenomenal di masanya. Saya masih ingat bagaimana game ini tampil dengan visualisasi yang memanjakan mata di masa itu. Sempat membuat saya terpukau akan kekuatan yang mampu ditunjukkan Playstation. Tombol gerakannya yang sederhana juga membuat game ini tampil sebagai game kompetitif yang menyenangkan untuk dimainkan bersama dengan teman. Sebuah kualitas yang sudah sepantasnya dilahirkan oleh perusahaan sekelas Capcom.


Bukan berarti saya mengingat game ini secara utuh tanpa melupakan apapun. Eksistensi game ini dalam otak seolah berada di jurang memori, antara ingat dan lupa. Sulit untuk mendapatkan gambaran yang terekam dengan jelas. Satu-satunya cara terbaik untuk memicu dan menariknya kembali tentu saja dengan memainkan game ini kembali. Maka kesempatan itu datang dan begitu banyak momen, “Ah..gua ingat nih..” bermunculan dengan cepat. Bahkan saya berhasil menemukan kembali salah satu karakter favorit saya yang sempat hilang.

Jadi, apakah Anda termasuk gamer yang pernah memainkan Rival Schools di masa lalu? Bersiaplah untuk naik ke mesin waktu dan berselancar kembali di memori lawas yang hampir terlupakan.

Plot

Bertempat di sebuah kota fiktif di Jepang bernama Aoharu City, sebuah kasus aneh berkembang menjadi teror yang menyeramkan. Beberapa siswa dan siswi dari sekolah lanjutan di dalam kota seringkali diserang oleh kekuatan yang tidak dikenal, bahkan hingga diculik. Berbagai karakter yang datang dari setiap sekolah yang berbeda ini berada pada satu tujuan yang sama, menemukan siapa dalang di balik semua masalah ini. Kecurigaan dan saling tuduh pun mewarnainya. Maka dimulailah rivalitas antar sekolah yang menjadi tema dasar game ini, Rival Schools.

Plot dasar ini memang menjadi cerita utama dari Rival Schools, namun bukan berarti berlaku sama untuk setiap karakter. Tiap karakter yang datang dari sekolah yang berbeda ini memiliki motif dan tujuannya masing-masing. Semua plot ini dapat Anda simak lewat mode single player yang dihadirkan, dimana Anda harus bertarung melewati beberapa chapter untuk akhirnya mengetahui siapa aktor di belakang kekacauan ini. Mudah? Tidak akan semulus yang Anda bayangkan.

Sistem pertarungan yang dihadirkan di dalam Rival Schools terhitung cukup sederhana. Anda hanya butuh waktu singkat untuk menguasai segalanya. Setiap karakter memang memiliki jurus serangannya masing-masing yang bisa dilakukan dengan menggunakan putaran arah dan tombol pukulan. Namun untuk semua jurus besar dan kombinasi, gamer hanya perlu menekan satu atau dua tombol saja, berlaku untuk semua karakter yang ada. Tombol L1 dapat Anda gunakan untuk menggunakan serangan spesial individu dan dua tombol aksi bersamaan untuk memicu serangan spesial team. Semuanya bisa dilakukan jika Anda memiliki bar spesial yang cukup. Kesederhanaan ini melahirkan elemen penentu baru untuk dapat menang di setiap pertarungan yang ada, TIMING.

Tidak hanya mendasarkan diri pada serangan yang sederhana saja, Anda juga bisa melahirkan sebuah kombo yang mampu menghasilkan damage besar seketika. Kombo seperti ini juga dapat dilakukan di udara. Apa lantas Anda tidak memiliki kemampuan untuk bertahan? Seperti konsep Street Fighter, Rival Schools juga menghadirkan dua jenis serangan counter untuk membatalkan dan membalikkan damage yang diterima. Gerakan penting yang tidak sulit untuk dikuasai.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES