LOGO
,,

PC Gaming Murah Seharga 2 Jutaan Rupiah

Part: 1 2 3 4

Pengguna PC untuk gaming kini banyak jumlahnya. Memang, game “offline” atau game khusus single person kini kian berkurang jumlahnya. Akan tetapi, game multiplayer, terutama game online, kini kian mewabah. Kualitas gambar game online pun kian meningkat seiring dengan perkembangan hardware gaming untuk PC. Melihat hal ini, Jagat Review tertarik untuk mengulas mengenai PC rakitan untuk gaming dengan harga di bawah 3 juta rupiah. Bagi yang mencari PC murah untuk olah digital kami juga telah membuat artikel PC Murah Harga 3 Jutaan untuk Fotografer.

Prosesor

Ada beberapa pilihan platform yang tersedia untuk membangun sebuah PC rakitan untuk gaming. AMD dengan APU Llano terbarunya tentu saja menjadi pilihan kami sebagai salah satu basis untuk proyek PC gaming di bawah 3 juta rupiah. Sementara itu, AMD Phenom X2 555BE yang kini sudah cukup terjangkau menjadi pilihan klasik kami. Dipadu dengan sebuah VGA card ekonomis, kombinasi tersebut seharusnya sangat mumpuni untuk menjalankan beragam game.

Intel dengan prosesor Pentium G terbarunya menarik perhatian kami karena harganya yang terjangkau. Masalahnya, kami masih harus membuktikan apakah perpaduan Pentium G dan VGA card ekonomis sudah mampu memuaskan kalangan gamer.

Motherboard

Untuk mewakili motherboard ekonomis, kami memilih untuk menggunakan ECS motherboard. Harga yang terjangkau dan performanya yang selama ini cukup konsisten membuat kami memilihnya sebagai acuan dalam proyek ini.

ECS A75F-M2

ECS A880LM-M

ECS H61H2-M2

AMD Llano ECS A75F-M2 adalah board paling murah yang bisa diperoleh saat ini. Sementara untuk platform AMD AM3, kami memilih ECS A880LM-M (chipset AMD760). Di sisi Intel, pilihan kami jatuh kepada chipset H61 (ECS H61H2-M2) yang harganya sangat terjangkau.


RAM

Kami memilih untuk menggunakan RAM 2 GB DDR3. Ukuran 2 GB memang tergolong pas-pasan. Akan tetapi, ini adalah kapasitas yang kerap digunakan dan masih mencukupi untuk menjalankan beragam game 3D terkini. Harga RAM 2 GB DDR3 1333 saat tulisan ini dibuat berkisar Rp150.000 – Rp200.000.


Casing dan PSU

Untuk dana yang cenderung terbatas ini, kami menggunakan acuan casing+PSU  Gigabyte GZ-F1 480W. Harganya yang cukup terjangkau (kisaran di bawah Rp300.000) mengizinkan kami untuk menyisihkan dana untuk komponen lainnya. Apabila preferensi Anda ada di casing jenis lain, tidak ada salahnya juga. Akan tetapi, pastikan bahwa harganya tidak melampaui Rp300.000.


Hard disk

Kapasitas 500 GB memang tidak bisa dianggap besar. Akan tetapi, mengingat limitasi dana yang tersedia, kami memilih untuk menggunakannya. Kapasitas 500 GB sudah cukup besar untuk instalasi beberapa game terkini. Pastikan saja bahwa Anda memilih jenis hard disk yang mengutamakan performa, bukan konsumsi daya, karena hard disk yang cenderung mengutamakan konsumsi daya rendah akan memberikan performa rendah (loading game menjadi lambat).


VGA card

Untuk sistem tanpa VGA terintegrasi, kami menggunakan acuan NVIDIA GeForce GT430. Beragam fitur khas NVIDIA bisa dimanfaatkan dari VGA ini. Dukungan driver yang baik pun menjadi keunggulan tersendiri. Selain itu, tentu saja, harganya yang berkisar Rp600.000 membuatnya pas untuk sistem ini. Tentu saja, sebagai alternatif, Anda bisa juga menggunakan pilihan lain seperti AMD Radeon 5570 yang memiliki performa serupa dengan NVIDIA GeForce GT430.


Optical Drive

Sebuah DVD-RW drive akan menjadi pilihan yang logis untuk menginstalasi game. Lite-ON DVD-RW 22x yang kami pilihkan hanya akan menguras dana sekitar Rp160.000. Akan tetapi, bila Anda ingin membangun PC gaming untuk sebuah game center, opsi ini bisa dikesampingkan. Tanpa menggunakan Optical Drive, Anda bisa memanfaatkan dana tersebut untuk meningkatkan kemampuan VGA card (contoh: upgrade dari GT 430 ke GT 440). Pilihan lain adalah meningkatkan kapasitas RAM ke 4 GB untuk memperoleh sistem yang lebih responsif saat melakukan multitasking.

Part: 1 2 3 4

Comments

  1. Hengky Fanggian says:

    @Bhisma Sidarto.
    Sorry kalau sebelumnya tulisnya pakai titel Bp, yaah dulu kebiasaan baca komik Kho Ping Ho & sejenis. Menurut cersil2 tsb murid harus sangat menhormati guru, yaah jadi lupa kalau ini sudah ganti eraa.

    Mohon dong diulas (direview) Pentium G850 & G860 yg saat ini sudah beredar, apakah masih sekelas i3 atau sudah naik jenjang jadi sekelas i5 atau bahkan i7. Oh ya yg diatas AMD A8-3850 kapan keluarnya ? Jadi penasaran nikh dg persaingan mereka

  2. Bhisma Sidarto says:

    @fortuner : thx atas perhatiannya bro. Spek untuk gaming dan design grafis tentunya beda. Kalo untuk pc untuk design grafis budget sisa lebih baik digunakan untuk menambah memory.
    Lebih lengkapnya sih masbro bisa simak nanti di beberapa artikel yang berkaitan dengan pc design grafis yang akan kita publish :D…sabar ya

    @tommi : G840 + 5670 + DDR3 4 GB sudah lebih dari cukup untuk menangani rata2 game online yang ada, kecuali kalo main nya BF3 multiplayer :D…hehehehehe
    Kalo untuk 3 tahun ke depan sih untuk bermain game online masih cukup mumpuni…
    Dengan budget 4 jt sih memang lebih baik memilih PSU2 yang dijual terpisah seperti seasonic atau muscle power atau bisa pakai merek2 lain yang menggunakan rating 80 plus.
    Minta spek ? boleh aja…tinggal liat artikel diatas khan :)

    @Hengky : Review Pentium G850&860 ? kita sih di JagatReview akan senang hati mereview processor ini, sayang nya sih belum available di indonesia. Perbedaan G840 yg telah kami review dengan G850 & G860 hanya lah clock speed sebesar 100 Mhz, jadi kelasnya masih sama, tetap dibawah Core i3 2100.
    Untuk penerusnya AMD A8-3850 belum ada kabar dari AMD. Kami juga masih menunggu :)

  3. tommi says:

    makasih atas jawabanya ni.. ada next question.. kalau buat bisa maen BF 3 speknya gimana speknya lagi..
    ada yang bliang spek amd athlon x3 + MB vga on board udah sip buat warnet…
    pada jawaban diatas, katanya lebih dari cukup.. kalau untuk cukup aja, gimana speknya

  4. ucup says:

    saya sudah realisasikan seperti om yg sarankan…
    procie G620
    mobo ECS H61H2-M2
    VGA Digital aliance GT430 LP 1gb
    ram 2gb visipro
    case + psu power up uniqe
    HDD seagate 500gb
    keyboard + mouse komic
    monitor Samsung led s19a300n
    total 3.9jt an benar2 makyus performa nya tuk maenin game2 terbaru :)
    thx artikelnya om karena sangat membantu :D

  5. tommi says:

    @ucup: game game apa saja yang kamu mainin

  6. ucup says:

    @ tommi : game yg saya maenin PES 2012,medal of honor limited edition, COD modern warfare 2, resident evil 5 dll.. bro.. klo emng kamu masih ragu coba bikin satu buat tested, gk bakalan nyesel dech, klo kamu buat warnet bisa kurangin dvd rom buat nambah ram aj duit nya ato ke procie G840 plus VGA GT440 .. coz budget segitu uda plus dvd rom sory maren kelupaan nulis nya :)

  7. googling says:

    nanya mas bro..
    tuh kan kompinya lumayan murah buat gamers,.
    spek seperti di atas itu mampu gak nahan game 2-3GB an???

  8. Dedy Irvan says:

    @ googling: maksudnya game yang ukuran file totalnya 2-3GB? Game yang diujikan itu rata2 di atas 3GB lho ukurannya..
    Untuk ukuran game, tidak ada masalah.

  9. googling says:

    @dedy irvan
    beneran nih coy??
    kalau begito ane tertarik nih Rakit Pc ndiri ambil belajar…
    MAKASIH BUANYAK ATS INFONYA
    ANE MERASA SANGGAT TERBANTU DENGGAN INFO INI KALAU CARI DI LAIN wIH MUAHAL2 LEBIH DARI 10jT AN MAKASIH NIH INFONYA :D

  10. sasuke says:

    minta saran saja nih gan,.soalnya ane gak mengerti2 amat mengenai Pc..
    ane cuma minta saran lebih baik pake
    AMD Phenom II X2 555BE + VGA atau Pentium G840 + VGA??
    kelemahan Pentium G840 + VGA itu kan gak bisa tweking,.tweking itu apa sih gan…hihihihi???y ang saya tau low tidak salah tweaking itu kaya ccleaner,tuneup ultilitis… ia gak??
    berarti kalau pake Pentium G840 + VGA gak bisa pake sof ccleaner,tuneup ultilitis??
    ma,af gan ngerepottin ane newbie gan
    kagak tau yg beginian,.taunya make aja ckckckck :(

  11. prikitiw says:

    memainkan resident evil 5 kira2 lag gak ya???
    saya rencananya mau belikan adik saya buat maen game.,takutnya nanti sendat-sendat gito..hiiii

  12. Dedy Irvan says:

    @ prikitiw untuk re5 sih tdk ada masalah ya hrsnya. Ram 4gb tetap akan disarankan kalau mau gameplay yg lbh lancar lg.

  13. prikitiw says:

    gan ane dateng ke situs amdnya yang ada cuma
    amd phenom II x2 565 3,4Ghz
    dan amd phenom II x2 560 3,3Ghz
    kalau di ganti denggan processor yang 2 ini bisa gak gan??apa berturun performanya?? trus knapa gan amd phenom II x2 555BE kagak ada di situs resminya??
    di tunggu gan jawabbannya

  14. ckck says:

    @jagagreview
    dari penggujian 5 spek kompi d atas
    apakah itu penggujian denggan keadaan kompi normal(standar) atau 5 spek itu sudah di lakukan tweaking??

    ini benner lancar kan??
    kalau memang mayan lancar buat game,.saya rakit kompi besok denggen spek itu,.untuk money saya pas-pas san ada 3JT..takutnya nanti sendat-sendot..ckckckck
    mohon jawabbanx ya jagatreview
    ane kebelet penggen rakit kompi yg mayan buat game,..hee
    kalau saran2 lain cih mahal2 semua d ats 5JT saya gak punya uang kalau gitu wong saya masih ank sekolahan,.minta duit ama emak pasti di tendang saya.heee
    JEMPOL BUAT JAGATREVIEW
    TREADNYA MUANTEB BUANGET

  15. Bhisma Sidarto says:

    @prikitiw
    sebetulnya Phenom II 555 BE 3.2 Ghz tidak lagi dicantumkan di AMD karena processor ini sudah punya pengganti yang dua processor yang Anda sebutkan. Kalo diganti kedua processor tsb bisa sekali karena performa nya meningkat karena speed nya lebih tinggi dibandingkan 555 BE. Sebetulnya AMD masih mencantumkan 555 BE dibagian store, ini link nya : http://shop.amd.com/US/_layouts/shop/ProductDetails.aspx?productID=HDZ555WFK2DGM&region=us-en

    @ckck
    Semua pengujian diatas dilakukan dalam keadaan standard tanpa tweaking. Semua game yang kami test diatas berjalan dengan lancar.

  16. prikitiw says:

    @jagatreview
    1 pertanyaan lagi
    kalau punya uang berlebih kita naekin pangkat ram menjadi 4GB tapi ram murahan BIsa gak gan??apa ram murahan bagus gan kan ada yang harga 150-200ribu ram 4GB seperti
    Visipro 4Gb PC 10600 / 1333Mhz Visipro DDR3 =209.000
    VISI-ON 4Gb PC 10600 / 1333 VISI-ON DDR3 =180.000
    Venomrx 4Gb PC 1600 Venomrx Overclocker DDR3 =199.000
    Venomrx 4Gb PC 1600 Venomrx DDR3=181.000
    Venomrx 4Gb PC 1333 Venomrx Gamer Heatsink DDR3=190.000
    Venomrx 4Gb PC 1333 Venomrx DDR3=172.000
    apakah semua ram yang di atas performa tinggi gan??atau sama saja seperti ram 2GB performanya?? saya heran harganya Itoloh..ckckc

    MAKASIH BANYAK JAGATREVIEW SAYA MERASA SANGGAT TERBANTU

  17. jerry says:

    keuntungan bli prosesor amd liano bs d upgrade dg vga ati dengan seri ttn dan bs meningkatkan kinerja….hampir dua kali lipat…ap benar ky gitu…bang???

  18. Dedy Irvan says:

    @jerry … dalam pengujian kami, memang benar, LLANO (bukan liano ya.. ) itu bisa di-upgrade dengan melakukan metode crossfire dengan VGA AMD lainnya.. tapi efektivitasnya terlalu bervariasi dan tingkat keberhasilannya juga belum cukup baik. Perpaduannya masih terbatas juga. Jadi, akan lebih mudah untuk menggunakan VGA yang lebih tinggi dan mematikan VGA internal LLano.. Kan secara teoritis, kalau VGA LLano dimatikan, CPU akan menjadi sedikit lebih berpeforma… masalahnya, yg membuat harga LLano agak tinggi itu kan VGA-nya.. jadi sayang juga kalo dimatikan

  19. tommi says:

    tanya lagi ni kalu misalkan vganya di ganti gt 440 atau 5670 frame ratenya naik lagi yah ?
    terus kalu ram di ganti 4 gb bisa naikan frame ratenya juga ?
    beda single chanel ama dual chanel berapa besar sih ?

  20. Bhisma Sidarto says:

    @tommi
    kalo mengganti VGA dengan GT 440 atau HD 5670 tentunya akan menaikkan frame rate. Kalau mengganti RAM 4 GB perubahan nya tidak terlalu besar (dengan asumsi tidak melakukan multi-tasking di belakang game). Begitu juga perbedaan antara single dan dual channel yang lebih tipis dibandingkan meningkatkan VGA.

  21. tommi says:

    sebenenya bermasalahkah.. jika proc intel pake radeon.. or amd pake nvidia.. atau mitos saja.. kalau intel pake nvidia lebih baik.. or amd pake ati lebih optimal

  22. ucup says:

    malam sejagat
    mau tanya
    katanya banyak yang bilang 555be ini bisa di oc jadi 4 core, apa mobo yang di saranin d atas bisa ngdukung?

    buat hardisknya kan sekarang lagi gila-gilaan harganya buat nyiasatin bisa di tekan d mana ya harganya?

    klw vganya d ganti sama saphore 5670 efeknya apa ya (buat proci 555be)?

    tq before ^^

  23. [...] BersahabatReview Notebook Lenovo Thinkpad X120e: Kecil dan Tahan Banting Comments 5 Comments Jagat Review | PC Gaming Murah Seharga 2 Jutaan Rupiah on November 29, 2011 at 8:29 pm[...] Pengguna PC untuk gaming kini banyak jumlahnya. Memang, game [...]

  24. Bhisma Sidarto says:

    @tommi
    sebetulnya ini bisa dikatakan mitos tetapi sayang nya tidak bisa dibuktikan secara langsung karena tidak ada dua VGA Nvidia dan AMD Radeon yang memiliki kemampuan sama persis sehingga dapat dibandingkan di sistem yang berbeda.
    Dari pengalaman saya pribadi secara subjektif tidak terlihat perbedaan antara intel menggunakan radeon dan nvidia, begitu juga sebaliknya.

    @ucup :
    lebih tepat bisa dikatakan 555 BE bisa di UNLOCK core menjadi 4.
    Terlalu banyak jika harus menyebutkan satu persatu motherboard yang mendukung fitur unlock core. Rata2 board2 baru dapat mendukung fasilitas unlock core ini tetapi untuk lebih tepatnya bisa dilihat di website motherboard yang Anda ingin beli.

    Karena harga HDD mahal mungkin Anda mensiasati dengan menggunakan hard disk yang berukuran lebih kecil atau mungkin menggunakan hard disk lama Anda untuk sementara waktu.

  25. Hengky Fanggian says:

    @Bp Bhisma Sidarto / Dedy Irvan

    Hingga kini masih mengganjal di benak saya yakni kenapa AMD menetapkan harga A8-3850 semahal itu, sebab dg harga yg sama kita dapat kombinasikan G620 dg VGA Addon dan didapatkan kemampuan grafis jauh di atas A8-3850 sebagaimana ulasan Jagat Review. Apakah A8-3850 memang khusus ditujukan bagi pengguna PC yg Hyper Alergi terhadap VGA Addon sehingga terpaksa beli A8-3850 karena itulah yg terbaik saat ini ?

    Mohon dijelaskan apakah pertimbangan AMD sehingga berani menetapkan harga segitu tingginya. Apakah ada keunggulan lain yg tersembunyi ? Andaikan saja harganya Rp 200 / 300 ribu lebih murah maka G620 harus cari pasangan VGA Addon yg lebih murah sehingga akan lebih imbang kemampuan grafisnya.

  26. Bhisma Sidarto says:

    @Hengky Fanggian :
    Menurut pendapat saya pribadi adalah karena itu adalah satu2nya pilihan yang dimiliki AMD saat ini. Tak dapat dilpungkiri bahwa LLANO A8-3850 memiliki integrated graphic terkencang saat ini. Sayangnya dengan mengintergrasikan GPU yang cukup kencang ini AMD tidak memiliki ruang (atau mungkin pilihan) selain mengintegrasi sebuah CPU yang tidak terlalu kencang.

    Mengapa saya bilang AMD tidak punya pilihan menetapkan harga yg sedikit diatas ? Kembali menurut pendapat saya pribadi, ini disebabkan karena memang nilai produksi APU itu sendiri memang sudah mahal sehingga mau tak mau AMD menetapkan harga segitu. Apakah dengan menurun harga APU ini akan menjadi lebih laku ? Mungkin saja, tetapi apakah akan bisa menutup bisa biaya produksi ? Dan apakah dapat menyaingi Intel dalam segi penjualan ?

    Apakah ini membuat LLANO menjadi tidak menarik ? Tentu tidak. Menurut saya, APU akan menarik jika dijadikan platform mobile. Sudah terbukti bahwa platform Brazos mobile seperti AMD C-50 mampu meraup keuntungan yang cukup besar. Tentunya dengan kombinasi APU yang lebih bertenaga dari Brazos LLANO dapat lebih berjaya di platform mobile.

  27. Hengky Fanggian says:

    @Bp Bhisma Sidarto
    Thanks atas pencerahan Bp. Saya setuju sekali APU cocok buat laptop, So menjelang lebaran sy beli laptop 14″ dengan procie Zacate E350, he he he eeh sekarang nongol yg E 450. Aduuuuh duuuh bisa nggak ya tukar tambah.

    Sesungguhnya dulu sebelum baca ulasan jagat review sy minat sekali beli Llano, namun begitu dibandingkan kemampuan grafisnya dg intel yg pakai VGA Addon, langsung kempes dech minat saya. Cuma sayang sekali yg i3 2105 ngggak nongol di pasaran indonesia padahal harganya mirip i3 2100 namun kemampuan grafisnya sama dg i7. Mungkin intel takut pasar i3 2100 digerogoti oleh i3 2105 kali yaa. Apakah intel indonesia memang selalu begitu yaa policynya ?

  28. SAHLA says:

    para master suhu mohon pencerahan saya lagi belajar program 3D Max dan sejenisnya kira2 spek yang bagus gimana yahh PC saya biar untuk renderingnya mantapp dan ga lemott

  29. tommi says:

    sebenarnya g840 ama g620 bedanya di clock aja atau ada beda yang laen…

    saya tadi lihat lihat di online shop sudah ada g630 2,7 ghz.. harga selisih 50.000 ama g 840..
    menurut saya g 630 ini menarik sekali selisih speed hanya 3,5 %… harga ampir 10%..
    dan bila melihat hasil test antara g840 dan g620 selisihnya tipis sekali… berati g840 dan g630 sangat tipis peformanya.. betul ngak perkiraan saya?

  30. b037ank says:

    menurut saya masih worthed phenomII 555 deng kmampuan unlock core dan unlock multiplier-nya memberikan potensi yg lebih dr semestinya…

  31. RAMBO says:

    mo nanya mbah kalo spec PC seperti punya saya gini bs gak di tambah gforce GT430???
    Spec::
    1. AMD Athlon 64 X2 dual core Proccesor 5000+
    2. Mobo Jetway J-M26GT4-GB nVidia GF 610 support AMD AM2,AM2,,AM3 Phenom Black Edition,Quad Core AMD Socket AM2
    3. RAM 2Gb Kingston
    4. PSU 420Watt bwaan casing simbada.

  32. [...] sistem gaming yang mainstream, Anda bisa mengacu ke salah satu artikel paling populer kami mengenai PC gaming 2 jutaan rupiah. Akan tetapi, apabila Anda sudah menyiapkan dana ekstra untuk bisa menikmati game terkini, segera [...]

  33. [...] sebuah sistem baru lagi dari awal? Sebelumnya kami juga sudah membuat artikel membangun sebuah PC Gaming Murah seharga 2 jutaan Rupiah dengan memanfaatkan setiap Rupiah yang ada untuk bisa mendapatkan sistem PC Gaming semurah mungkin [...]

  34. soni says:

    thx ats smua infox siiip….. bs d realisasikan

  35. [...] sebuah sistem baru lagi dari awal? Sebelumnya kami juga sudah membuat artikel membangun sebuah PC Gaming Murah seharga 2 jutaan Rupiah dengan memanfaatkan setiap Rupiah yang ada untuk bisa mendapatkan sistem PC Gaming semurah mungkin [...]

  36. bakri says:

    kl kita pasangkan G620 dengan ati 4650 128bit 512ddr3. lebih bagus mana dengan gt430? berdasarkan performa dan konsumsi daya

    ty

  37. hady says:

    mao tanya nii pakde tlong kasih solusi nya…

    amd sempron 140 prosesor 2,7Ghz
    MB ECS A880LM-M
    RAM 2GB vissipro
    HDD 320 GB sata seaget
    PSU 320 Watt simbadda c-seris
    vga power color radeon hd 5670 1gb ddr5 128 bit

    knpa kok sring hang n restar sendiri setiap gw maen,,,seblom gw ganti vga kompi gw baek” aj…apakah pengaruh dr vga ato vga gw yg rusak …ato gmna mohon dikasih pencerahan nya ya pakde…..

  38. andyws says:

    kenapa Llano yang Athlon II X4 631 dengan soket FM1 tidak di ikutkan?
    padahal dari price/prefome sangat bagus menurutku. meskipun defaul-nya 2.6 GHz

    dan hampir dapat lebih unggul dari phenom BE 955 dan
    I3 sampai dapat di saingi ama Llano ini di link sebelah

    http://www.f-paper.com/?i878823-Photo:-performance-actually-force-over-i3-2100!–Athlon-overclocking-measured-631

    apa karena teknologinya FM1 ini yang lebih efisien dari pada yang dengan “north brigade” dan “south brigade” yang tidak efisien sampe2 BD kalah telak sama intel i7

  39. lutfi says:

    jagat review
    saya sekarang sedang akan membangun spek buat game center tapi pemilihan processor masih bingung antara Intel Core 2 Duo E6300 2.66Ghz FSB 1066 Mhz Cache 2MB (tray) ato intel pentium seri G..
    mending pilh yang mana jika yg dilihat untuk jangka panjang dan dari segi performa?
    terimakasih sebelumnya……mohon petunjuknya…

  40. Gatot Tri Yuwono says:

    @lutfi Kami lebih menyarankan Intel Pentium G dibandingkan Core 2 Duo E6300. Dari sisi kinerja, Pentium G dengan arsitektur Sandy Bridge memiliki kinerja lebih baik dibandingkan E6300 dan masih dapat diandalkan hingga beberapa tahun ke depan. Apalagi jika dilihat dari harga keseluruhan sistem, sistem dengan Intel Pentium G harganya tidak jauh berbeda dengan sistem yang menggunakan E6300 namun memiliki kinerja lebih baik.
    Selain itu kabarnya mobo LGA1155 masih dapat digunakan dengan prosesor generasi berikutnya dari Intel yaitu Ivy Bridge. Jadi Anda masih memiliki pilihan upgrade ke prosesor lebih kencang di masa depan.

  41. FARHAN says:

    trims gan, berguna banget infonya…
    tapi berhubung gw masih awam..gimana kalo gw pingin bangun warnet game online dengan budget 2.8 jt s/d 3 jt per PC nya. spek apa yang agan sarankan intel atau AMD dimana sudah mendukung semua game online yang ada saat ini.
    apa agan bisa bantu saya…

    terimakasih.

  42. lutfi says:

    @ mas gatot terimakasih jawabnnya, sangat membantu banget tadinya ragu untuk pilih spek diatas….tapi dah bullet sekarang tinggal meluncur ke mangga dua……terimakasih banyak….

  43. ariphuuyyee says:

    om mw tanya nih . .
    kalo yg kebutuhannya buat disain ( autocad, google scetch up, dll, )pokoknya buat desain yg berbau 3D lah,, yg mantab harus pake apa aja komponen yg d pakai?
    tlong d rinci . .
    budget skitar 3 jutaan

  44. 22t says:

    menurut saya wajar konsumsi daya llano lebih tinggi
    performa grafiknya kan lebih baik !!!!!!!!!!!

  45. Saya heran bagaimana bisa konsumsi daya A3850 yang max tdpnya 100 watt bisa kalah efisien dengan G840 (max tdp 65 watt) + GT 430 (max tdp 49 watt), dengan metode apa yg anda gunakan untuk dapat full load.

  46. Dedy Irvan says:

    G840 tdp 65 watt, Core i3 2100 juga 65 watt.. aneh kan? sptnya intel hanya bilang itu 65 watt utk mempermudah aja.. kenyataannya ngga nyampe segitu.
    Atau setidaknya, utk mengerjakan pekerjaan yg sama dengan 3850, ternyata pasangan G840 dan GT 430 butuh daya lebih rendah.. (ngga perlu sampe max)

    Keduanya diuji dengan pengukuran menggunakan power-meter di colokan listrik.. Jadi, kita hanya “terima beres”.
    Tinggal jalankan game, lalu liat aja brp watt yg diambil oleh PC secara keseluruhan.. :) sederhana dan tidak mgkn bias atau menipu..
    Kenyataannya, adalah spt yg tertera dlm tes ini

Random Articles
Back to Top