in: Graphics Card - Processors | September 26, 2011 | by: Gatot Tri Yuwono

Review AMD Dual Graphics: VGA AMD LLANO di Level Lebih Kencang

Kesimpulan

Hadirnya feature AMD Dual Graphics pada platform AMD Llano A-Series memang membawa keuntungan tersendiri bagi pengguna yang menggunakan platform ini. Terbatasnya kinerja GPU pada APU AMD Llano A-Series versi desktop kini dapat diatasi dengan menambahkan sebuah graphics card add-on.

Menggunakan konfigurasi multi-GPU AMD Dual Graphics memang memberikan peningkatan kinerja yang cukup memuaskan. Sebagai contoh mari kita lihat kinerja HD 6550D+HD 6670 alias HD 6690D2. Kinerja HD 6690D2 tidak hanya melampaui kinerja HD 6550D melainkan juga melampaui kinerja HD 6670. Nama HD 6690D2 tampaknya cukup pantas disandang mengingat kinerja yang berada di atas HD 6670. Secara keseluruhan, penggunaan konfigurasi AMD Dual Graphics mampu memberikan peningkatan kinerja hingga 30% di atas kinerja graphics card add-on, pada aplikasi grafik atau game tertentu.

Hasil pengujian di atas ternyata juga mengungkapkan fakta menarik. Seperti kami sebutkan di halaman sebelumnya, feature AMD Dual Graphics ternyata memang lebih optimal digunakan pada aplikasi grafik atau game yang menggunakan DirectX 10 dan 11. Pada game DirectX 9, menggunakan konfigurasi AMD Dual Graphics justru membuat kinerja tidak sekencang jika menggunakan graphics card add-on. Jika sebagian besar game yang Anda mainkan masih berbasis DirectX 9, menggunakan graphics card add-on merupakan pilihan yang lebih tepat. Konfigurasi AMD Dual Graphics lebih tepat digunakan pada game DirectX 10 dan 11.

AMD Dual Graphics Pilihan Menarik?

Peningkatan kinerja yang ditawarkan oleh feature AMD Dual Graphics memang tergolong menggiurkan. Namun perlu diperhatikan untuk menggunakan feature ini diperlukan graphics card add-on tambahan yang berarti Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Selain itu AMD Dual Graphics juga lebih optimal pada game DirectX 10 dan 11. Padahal saat ini masih banyak judul game yang menggunakan teknologi DirectX 9.

Jika Anda tidak mempermasalahkan hal tersebut, konfigurasi AMD Dual Graphics merupakan salah satu pilihan menarik untuk mendongkrak kinerja GPU pada APU AMD Llano A-Series versi desktop selain meng-overclock memori sistem.


Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES