in: Games | September 15, 2011 | by: David Novan

Review Dead Island: Mari Berwisata di Pulau Zombie!

Mari Mengoleksi Semua Senjata!

Ragam senjata dan benda yang dapat Anda temukan merupakan salah satu kelebihan game ini. Mulai dari pisau yang sederhana hingga pedang dengan efek menakjubkan menanti untuk ditemukan. Menurut sifatnya, senjata dapat digolongkan menjadi empat jenis, yaitu senjata tajam, senjata tumpul, senjata api, dan senjata peledak. Bila Anda memperhatikan perkenalan karakter di atas, setiap jenis senjata seakan memang disiapkan untuk masing-masing karakter. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari senjata tersebut?

Bantu orang lain yang kesusahan...

Senjata tajam bila dilihat sekilas saja terdengar lebih unggul dari senjata tumpul ‘kan? Bagaimana tidak? Senjata tajam dapat memotong, sedangkan senjata tumpul tidak bisa. Ternyata, tidak demikian adanya. Senjata tajam memang bisa memotong bagian tubuh zombie dan membuat bagian tubuh itu tidak dapat digunakan. Namun, senjata tumpul juga dapat digunakan untuk melumpuhkan bagian tubuh zombie dengan cara mematahkannya! Bila Anda melumpuhkan bagian tangan zombie, ia pun tidak dapat menyerang dengan tangannya. Begitu juga dengan kakinya, yang akan membuatnya terjatuh dan merangkak. Akan tetapi, harus Anda waspadai; zombie masih dapat menyerang Anda dengan cara menggigit!

Senjata api juga dapat digunakan dengan cara yang sama. Penggunanya juga lebih aman dari serangan zombie karena ia menyerang dari jarak jauh. Namun, peluru untuk senjata api sangat sulit didapatkan! Tidak ada zombie yang membawa peluru dan hanya musuh manusia dengan senjata api saja yang membawanya! Untungnya, Anda nantinya dapat membuat sendiri peluru tersebut. Lalu, bagaimana dengan senjata peledak? Jenis senjata yang satu ini adalah sekali pakai. Jadi, Anda melemparnya ke arah musuh dan kerusakan dahsyat akan langsung menghamburkan kawanan zombie yang menyerang Anda. Anda harus berhati-hati ketika menggunakan jenis senjata ini karena efek kerusakan daerah yang ditimbulkannya. Jangan sampai Anda terkena ledakannya!

Temukan beragam senjata yang menarik...

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, statistik yang menjadi ciri khas RPG dapat ditemukan di senjata. Biasanya, sebuah senjata jarak dekat (senjata tajam dan tumpul) terbagi statistiknya menjadi Damage, Force, Durability, dan Handling. Sedangkan senjata api terdiri dari Damage, Accuracy, Rate of Fire, dan Reload Speed. Damage menunjukkan tingkat kerusakan dari senjata tersebut. Poin ini berperan besar dalam kegiatan membasmi zombie dan harus selalu diperhatikan. Sebab, zombie memiliki level yang akan terus meningkat seiring level Anda! Jadi, jangan harap bisa membunuh zombie level 10 dengan senjata level 5! Statistik Force sangat penting untuk senjata tumpul. Sebab, Force yang besar akan memberikan daya dorong yang besar ke musuh dan dapat membuatnya terlempar jatuh!

Dari semua statistik tersebut, poin lain yang harus diperhatikan adalah Durability. Senjata jarak dekat akan berkurang ketahanannya setiap kali digunakan untuk menyerang musuh! Jadi, senjata tersebut dapat habis ketahanannya dan kehilangan kekuatan! Bukan hanya Damage saja yang terkena dampaknya, efek senjata yang dapat Anda lekatkan kepadanya juga akan hilang! Selalu perhatikan poin ini!

Atau beli dari wisatawan lain!

Senjata yang Anda temukan dapat diperkuat melalui meja workshop! Fasilitas ini selain dapat digunakan untuk memperkuat senjata juga dapat memperbaiki ketahanan senjata. Selalu cari meja yang berharga ini setiap kali senjata Anda mulai kehilangan keampuhannya. Semua senjata yang ada dalam game dapat di-upgrade sebanyak tiga kali. Setiap kali ia ditingkatkan kemampuannya, statistiknya juga meningkat dengan drastis.

Selain untuk meng-upgrade senjata, meja workshop juga dapat Anda gunakan untuk membuat senjata baru. Untuk membuatnya, pertama Anda harus memiliki resepnya terlebih dahulu. Biasanya, Anda dapat menemukan resep pembuatan senjata melalui hadiah dari menyelesaikan tugas (Quest) dan dari kotak yang tersembunyi. Setelah Anda memiliki resep tersebut, selanjutnya Anda harus memiliki senjata dan bahan yang diminta dalam resep. Misalnya, untuk menambahkan efek api di pemukul baseball, Anda membutuhkan (tentu saja) pemukul baseball, kain, minyak, dan pematik api. Semua benda yang Anda butuhkan dapat ditemukan dari musuh, dari lingkungan permainan, dan dapat dibeli. Efek serangan yang dihasilkan dari senjata buatan sendiri ini tentu saja lebih dahsyat dari senjata biasa! Tergantung dari efek yang Anda berikan, musuh yang terkena serangan senjata tersebut dapat tersetrum, terbakar, dan muntah!

Jangan lupa untuk menambahkan beragam efek, seperti listrik dan api melalui meja kerja Anda!

Hal lain mengenai senjata yang perlu Anda ketahui adalah kode warnanya. Kode ini menandakan tingkat kelangkaan dari senjata tersebut dan secara bersamaan menandakan kekuatannya. Semakin langka sebuah senjata, semakin kuat pula. Biasanya, senjata yang Anda temukan berwarna putih. Warna ini adalah tingkat terendah dan menandakan senjata yang umum ditemukan. Lain lagi bila ia mulai berwarna biru dan hijau! Senjata dengan warna ini biasanya memiliki statistik yang lebih tinggi dari senjata sejenis. Bila beruntung, Anda dapat menemukan senjata dengan warna orange yang merupakan senjata langka dan sebaiknya Anda jaga baik-baik!

Perlu Skill untuk Bertahan Hidup!

Setiap zombie yang dibunuh dan quest yang diselesaikan akan memberikan Anda nilai experience. Nah, setelah mencapai jumlah tertentu, nilai ini akan meningkatkan level karakter Anda. Keuntungan dari kenaikan level ini tentu saja untuk memperkuat karakter Anda. Selain meningkatkan ketahanan tubuh dan memperbesar daya serang, Anda juga akan mendapatkan sebuah nilai skill. Gunakan nilai ini untuk membeli sebuah skill yang pastinya akan membantu Anda dalam bertahan hidup. Secara umum, skill terbagi menjadi tiga bagian, yaitu skill untuk Rage, skill serangan, dan skill penunjang. Skill Rage berguna untuk membantu Anda mengumpulkan rage yang didapat ketika membunuh musuh. Kemudian, rage tersebut dapat Anda gunakan untuk mengeluarkan serangan khusus yang sangat dahsyat dalam waktu yang terbatas.

Senjata sudah siap? Jangan lupakan skill Anda!

Skill berikutnya berguna untuk memperkuat serangan. Biasanya, skill bagian ini disesuaikan dengan karakter yang Anda gunakan. Contohnya, Xian akan memperkuat serangan dengan senjata tajam dan Sam B dapat membuat serangan dengan senjata tumpulnya menjadi mematikan. Skill penunjang berguna untuk membantu Anda di bagian bukan pertarungan, seperti memperbesar jumlah senjata yang bisa Anda bawa, memperbesar Durability senjata, kemampuan untuk membuka peti yang terkunci, dan memberikan nilai experience lebih untuk musuh yang dikalahkan.

Pohon skill yang dapat Anda pelajari terbagi menjadi beberapa tingkatan atau Tier. Untuk membuka skill yang ada di bawahnya, Anda harus menyelesaikan secara penuh sebuah skill di Tier sebelumnya. Kebutuhan poin untuk memenuhi sebuah skill juga beragam. Biasanya, Anda membutuhkan tiga poin untuk memenuhi sebuah skill. Walaupun ada juga skill yang hanya membutuhkan satu poin saja. Sayangnya, Tier tingkat lanjut hanya terbuka bila skill di Tier sebelumnya telah penuh saja, bukan berdasarkan jumlah poin skill yang telah dialokasikan. Jadi, Anda harus merelakan poin di skill yang sebenarnya tidak dibutuhkan demi membuka Tier selanjutnya.

Untuk apa semua persiapan ini? Tentu saja...

Saatnya Berburu Zombie!

Zombie dalam Dead Island tidak melulu lambat dan mudah dibunuh. Beragam zombie akan Anda temui dalam perjalanan Anda nantinya. Pertama, zombie yang akan menemani Anda berjalan lambat. Namun, semakin lama seiring dengan peningkatan level dan daerahnya, zombie tersebut akan berlari ke arah Anda! Bahkan, sering kali mereka muncul dari tempat yang tidak disangka, seperti dari belakang! Untuk menghindari serangan mendadak ini, sebaiknya Anda menggunakan headset atau speaker yang cukup baik. Jadi, Anda dapat menentukan posisi zombie dari suaranya.

Untuk membalas keramahan penduduk Dead Island!

Selain zombie biasa, Anda juga akan menemukan zombie spesial yang memiliki kekuatan jauh di atas yang lain. Mulanya, Anda akan menemukan zombie Thug yang tidak dapat dijatuhkan dengan tendangan dan sabetan di kaki. Selain itu, damage dari pukulan yang diberikannya juga sangat besar. Bahkan, karakter Anda dapat terlempar cukup jauh ke lantai! Untuk mengatasinya, Anda harus melumpuhkan kedua tangannya terlebih dahulu. Kemudian, Anda akan bertemu dengan zombie spesial lain yang lebih berbahaya, seperti Suicider yang dapat meledakkan diri ketika mati dan Ram yang akan berlari menabrakkan diri ke arah Anda!

Setiap kerusakan yang dihasilkan zombie dengan level tinggi dan zombie spesial terbilang cukup besar. Oleh karena itu, Anda harus menemukan taktik yang tepat untuk mengalahkan setiap musuh tersebut. Sebagai contoh, untuk mengalahkan Thug dengan mudah, Anda harus sering menendangnya dan ketika dia mengaum marah, segera serang tangannya! Begitu juga dengan Suicider yang cukup dilempar dengan senjata tajam untuk membuatnya meledak dan Ram yang harus dipancing untuk menabrak tembok. Variasi serangan dan ketegangan yang ditawarkan beragam musuh ini membuat Dead Island sangat menarik untuk dimainkan! Terlebih lagi bila Anda dapat memainkannya bersama rekan Anda.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES