Review Interface NAS Thecus: Setting Lengkap Sebuah Storage

Reading time:
September 23, 2011

Computex 2011 telah berakhir beberapa waktu lalu. Semua produk yang kami temui di sana memang banyak yang belum beredar di Indonesia. Salah satunya adalah produk NAS yang ada di booth Thecus. Saat kami berkunjung ke sana, kami diperkenalkan dengan Graphical User Interface (GUI) terbaru dari Thecus yang rencananya akan dipasangkan pada seluruh jajaran Thecus terbaru. Selama ini, admin panel sebuah Network Attached Storage hanya terdiri dari menu-menu yang membosankan. Yap, membosankan karena biasanya hanya berisikan tulisan-tulisan yang akan membuat muka kita lebih dekat ke layar.

Thecus Interface System Information

Thecus memberikan GUI tersendiri yang dapat dikatakan user friendly. Bagi para pengguna sistem operasi, tentu saja pernah membuka file explorer (contoh dalam OS Windows adalah Windows Explorer ) atau control panel dari Windows. Nah, begitulah bentuk dari admin panel NAS yang satu ini. Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam icon-icon pemanis display yang dapat mempermudah Anda dalam melakukan setting NAS.

Selain bentuk GUI yang lebih baik, fungsionalitas dari GUI admin panel Thecus ini memang dapat dikatakan sangat lengkap. Hampir semua yang dibutuhkan dalam setting sebuah NAS dapat ditemukan di sana. Mulai dari setting RAID, LAN, WAN, Backup, sampai pada fungsi USB untuk hard disk eksternal dan juga printer.

Thecus Interface Network Thecus Interface Storage Thecus Interface User and Group Thecus Interface Network Thecus Interface Application Server Thecus Interface External Devices

Satu hal yang kami sukai dari interface ini adalah Thecus memikirkan mereka yang masih cukup awam dalam mengoperasikan admin panel pada NAS. Saat pengguna tidak mengerti fungsi apa yang sedang mereka lihat, para pengguna tinggal mengklik tombol help yang ada pada GUI tersebut. Menu help yang ada disesuaikan dengan tab yang sedang dibuka. Pada gambar di bawah ini, kami sedang membuka menu help untuk melakukan backup.

Thecus Interface Backup

Satu hal yang kami sukai pada GUI dari Thecus ini adalah kemampuannya dalam menginstalasikan beberapa modul gratis yang dapat menambah fungsionalitas NAS mereka bak sebuah cloud computer. Saat Anda butuh modul untuk auto download, Anda tinggal instalasikan saja secara manual atau secara otomatis. Untuk hal yang satu ini, kami akan mereviewnya pada artikel terpisah.

Thecus Interface Auto Module

Kesimpulan

Interface yang diciptakan Thecus untuk NAS-NAS terbaru di masa depan memang mudah untuk dioperasikan oleh siapapun, baik para profesional maupun para pengguna awam. Selain itu, para pengguna awam juga akan mendapatkan “ilmu” gratis mengenai setting NAS dengan mengakses menu help yang muncul pada bagian kanan layar dan menunjukkan menu pertolongan pada tab yang sedang dibuka.

Lalu apa bedanya dengan GUI NAS lainnya? Kurang lebih memang sama, akan tetapi pada kebanyakan NAS, biasanya admin panel hanya berisikan link berupa fungsi-fungsi standar tanpa adanya menu bantuan. Anda harus mencari sendiri semua istilah dan fungsi tersebut pada buku manual, bahkan harus mendownloadnya di Internet.

Lalu bagaimana dengan kinerja dari NAS ini? Untuk hal yang satu ini, Anda harus bersabar menunggu. Kami akan menyajikan kinerja salah satu NAS Thecus yang telah memakai GUI ini. Sebagai bocoran, NAS tersebut sudah memakai prosesor yang selama ini Anda kenal menghidupi sebuah netbook. Yup, apalagi kalau bukan prosesor buatan Intel, yaitu Intel Atom. Oleh karena itu, stay tune at JagatReview.com!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…