LOGO

Review Kingston HyperX SSD: Akhirnya Menggunakan SandForce

Part: 1 2 3 4

Komitmen Kingston dalam mengeluarkan produk storage yang berbasis memori flash memang harus diacungi jempol. Sudah banyak sekali produk Solid State Drive dari Kingston yang selama ini dapat berjalan dengan kencang (tentu saja lebih kencang dari hard disk) dan jarang yang memiliki masalah berarti. Kali ini, Kingston kembali mengeluarkan SSD mereka yang terbaru.

Biasanya Kingston menggunakan chipset Toshiba pada SSD yang mereka keluarkan. Kali ini, chipset tersebut tidak lagi menguasai seluruh jajaran Kingston. Namun, hal tersebut bukan berarti Kingston berhenti menggunakan chipset tersebut. Kali ini, Kingston memakai chipset yang saat ini masih menjadi primadona dalam kecepatan SSD, yaitu SandForce 2. Produk ini memiliki nama Kingston HyperX SSD.

Sama seperti semua SSD yang memakai chipset SandForce 2, SSD yang satu ini juga menggunakan interface SATA 3 dan menggunakan memori dengan jenis Multi Level Cell. Oleh karena menggunakan chipset SandForce SF-2281, hal ini membuat bug TRIM yang pernah ada pada chipset SandForce terdahulu sudah hilang. Artinya, sampah file yang bisa dikompres dan file yang tidak bisa dikompres tidak lagi mengurangi kinerja saat TRIM berjalan. Selain itu, drive ini juga mendukung fungsi garbage collection yang berfungsi mirip TRIM namun tanpa mengharuskan pengguna untuk melakukan delete file ataupun format.

Desain dari SSD yang satu ini memang dibuat agar terlihat mewah dan kokoh. Warna biru mendominasi SSD ini yang memang sudah menjadi warna dasar setiap produk Kingston yang memakai nama HyperX. Satu hal yang membuat kami cukup heran adalah SSD ini memiliki bobot yang mirip dengan SSD Kingston V+ 100 yang kami pakai sebagai test bed, yaitu lebih berat dari beberapa SSD dengan interface SATA III yang pernah kami review sebelumnya.

Kapasitas yang datang ke meja pengujian tim JagatReview adalah sebesar 120 GB. Lalu bagaimana dengan kinerjanya? Apakah dapat menyamai SSD SandForce lainnya? Simak artikel ini lebih lanjut. Akan tetapi sebelum kita sampai pada bagian pengujian, terlebih dahulu kita lihat paket penjualan dari Kingston SSD ini.

Paket Penjualan

Berikut adalah bentuk dari paket penjualan Kingston HyperX Solid-State Drive.

Di dalam kemasan paket penjualan di atas, akan ditemukan beberapa perlengkapan seperti di bawah ini.

Kabel SATA.

Obeng Pena dengan tiga buah mata obeng.

Dua jenis mur dengan jumlah empat buah per jenis.

Bay converter 3.5".

Enclosure eksternal untuk membuat SSD ini menjadi storage eksternal.

Sayangnya, Kingston hanya menyertakan perangkat ini dengan kabel USB 2.0. Tentu saja dengan menggunakan interface USB 2.0, kinerja SSD akan jauh menurun.

Part: 1 2 3 4
Random Articles
Back to Top