in: Audio | September 29, 2011 | by: David Novan

Review Sennheiser PX90 & PMX90: Headphone Audiophile Murah!

Telinga merupakan indra yang berbahaya bagi keuangan Anda! Pasalnya, telinga Anda selalu menyesuaikan diri dengan kualitas suara tertinggi yang pernah didengarnya. Tidak percaya? Apakah Anda pernah bertanya mengapa setelah mencoba headphone teman yang berharga jutaan membuat headphone Anda yang berharga tiga ratus ribuan menjadi tidak nyaman digunakan? Oleh karena itu, peraturan pertama dalam berhemat di bidang tata suara adalah jangan mendengarkan perangkat suara yang lebih mahal! Namun, apa jadinya bila Anda keburu mendengar headphone audiophile yang notabene memiliki kejernihan suara dan kualitas yang tinggi?

Sennheiser PX90 dengan headband besi yang elegan.

Jawabannya ada di Sennheiser PX90 dan PMX90! Kedua headphone dari produsen tata suara yang terkenal dengan kualitas tinggi (dan harganya yang mahal!) ini ternyata memiliki harga yang sangat terjangkau! Bukan hal yang biasa dilakukan Sennheiser untuk produk audiophile-nya. Driver suara yang digunakan kedua headphone ini dapat mengeluarkan karakter asli dari lagu kesayangan Anda.

Spesifikasi Sennheiser PX90 dan PMX90

Konfigurasi headphone dari Sennheiser ini bila dilihat dari angkanya saja sebenarnya tidak begitu berbeda dengan headphone kelas 500 – 600 ribuan. Namun, ia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki headphone setara, yaitu tingkat Sond Pressure Level-nya yang lebih tinggi. Berikut spesifikasi singkat dari Sennheiser PX90 dan PMX90:

Frequency Response: 20 – 20.000 Hz
Impedance: 32 ohm
Sound Pressure Level: 108 dB (1KHz/1Vrms)
Panjang Kabel: 1 Meter
Connector: 3.5mm
Form: Supra-aural
Ear Cup: Open Back
Driver Type: Dynamic
Sennheiser PMX90 menggunakan desain sporty.

Perbedaan utama dari kedua headphone ini ada di bentuk headband-nya. Sennheiser PX90 memiliki headband yang terbuat dari besi dan bentuknya seperti bando. Sedangkan PMX90 lebih terlihat seperti headphone sport dengan headband yang melingkar ke belakang kepala dan disangkutkan di telinga. Sayangnya, PMX90 menggunakan bahan plastik yang terkesan tidak mewah. Selain itu, kabel yang digunakan untuk PMX90 hanya satu untuk kedua driver suara. Padahal, PX90 menggunakan dua kabel yang terhubung di masing-masing driver suara. Hal ini tentunya sedikit memengaruhi kualitas suara di driver.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES