in: News | September 12, 2011 | by: Pladidus Santoso

Square Enix Sudah Persiapkan Final Fantasy XIII-3?

Sebagai franchise RPG terbesar yang pernah ada di industri game, nama Final Fantasy berkembang dari sekadar game menjadi ikon dunia RPG Jepang. Hampir tidak mungkin seorang gamer mengaku sebagai seorang penggemar game RPG jika ia sama sekali belum pernah menyentuh Final Fantasy sebelumnya. Namun kualitas yang diagung-agungkan di masa lalu ini semakin pudar seiring dengan perilisan setiap seri. Square-Enix seperti mengalami jalan buntu tanpa solusi. Final Fantasy XIII Universe yang terdiri dari tiga seri pun ternyata tak banyak membantu. Square Enix lantas berpaling pada sekuel!

Eksperimen yang dilakukan Square Enix pada Final Fantasy X dengan merilis X-2 masih dipandang sebagai blunder terbeasr yang pernah dilakukan oleh perusahaan Jepang ini. Sistem permainan dan plot yang dibangun terkesan asal-asalan dan mengecewakan. Kini Square Enix mencobanya kembali lewat XIII-2 setelah seri awalnya mendapatkan kritik berat dari kalangan gamer. Final Fantasy XIII-2 memang tampil menjanjikan dengan segudang fitur baru, termasuk fitur time machine yang memungkinkan Serah untuk bergerak melintasi waktu. Sistem yang dinamakan Historia Crux ini kana menjadi elemen penting dalam permainan.

Pertanyaan yang harus diajukan sekarang adalah apakah sekuel seperti ini hanya usaha untuk mendapatkan popularitas sejenak? Ataukah akan menjadi kebijakan tetap dari Square Enix? Sebuah rumor yang menyebar tampaknya memperkuat pilihan opsi kedua. Menurut situs Fusible, Square Enix sudah mendaftarkan domain dunia maya untuk Final Fantasy XIII-3 pada tanggal 7 September 2011 silam.  Apakah ini berarti kita akan melihat petualangan Serah kembali di seri ketiga? Atau ini hanya langkah pencegahan dari SQNEX? Sayangnya belum ada penjelasan resmi dari pihak Square Enix.

Jika memang Square Enix berencana untuk merilis seri ketiga dari FF XIII, maka hal tersebut akan menjadi tonggak sejarah tersendiri untuk franchise Final Fantasy. Harapan saya pribadi hanya satu, semoga tidak bersambung hingga ke seri keempat, kelima, dan seterusnya. Akan sangat tidak lucu, jika 20 tahun mendatang saya masih mendapatkan Final Fantasy XIII-22.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES