in: News | September 12, 2011 | by: Pladidus Santoso

The Sims Social Kalahkan Farmville di Facebook

Apakah Anda termasuk gamer yang menyenangi game casual di situs jejaring sosial. Facebook? Maka, nama Farmville tentu tidak terdengar asing. Game yang mengambil tema pertanian dan membungkusnya dengan gameplay sederhana ini memang fenomenal. Dengan pengguna hingga jutaan setiap harinya, game ini merupakan salah satu game Facebook tersukses. Tak heran jika Zynga, sang publisher memiliki nilai pendapatan yang lebih besar daripada perusahaan sekaliber Electronic Arts. Lantas, apakah dominasi ini terus berlanjut?

Electronic Arts tentu tidak tinggal diam. Potensi keuntungan yang bisa dihasilkan oleh Facebook membuat perusahaan ini memutar otak untuk dapat memanfaatkannya dengan maksimal. Cara terbaik adalah merilis sebuah game sederhana, adiktif, dengan basis fans yang kuat. Maka, lahirlah The Sims Social. Mengusung sistem permainan yang hampir sama dengan game The Sims versi PC, game ini ternyata mendapatkan respon yang sangat positif dari gamer kasual di Facebook. Bahkan, cukup positif untuk menendang Farmville dari puncak pimpinan.

The Sims Social buatan EA berhasil mencatatkan pengguna hingga 9,3 juta setiap harinya, mengalahkan Farmville yang hanya mampu membukukan 8,1  juta pengguna. Statistik juga memperlihatkan bahwa sebagian besar gamer The Sims Social memainkan game ini tiga kali sehari dengan waktu permainan sekitar 15-20 menit setiap kali bermain. Walaupun pencapaiannya terhitung fantastis untuk sebuah game baru, ternyata dominasi kompetisi masih dipegang oleh Zynga. Game mereka yang lain, CityVille mampu meraih 13, 9 juta pengguna setiap harinya. Wow!

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda termasuk 9,3 juta gamer yang menghabiskan hidup untuk beraktivitas dalam hidup virtual ala The Sims Social? Atau Anda termasuk 8,1 juta petani repetitif yang masih bertahan dengan kebun dan peternakan?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES