in: News | October 4, 2011 | by: Pladidus Santoso

Flashcard Pembajak Nintendo 3DS Ditemukan!

Pembajakan memang menjadi masalah klasik yang hingga kini masih menjadi musuh utama para pengembang perangkat keras dan lunak di industri game. Dengan mengambil hasil karya mereka tanpa izin dan mendistribusikannya dengan harga yang lebih murah, bahkan gratis, pembajak menjadi ancaman eksistensi yang paling serius. Namun anehnya, sekeras apa pun perusahaan besar ini mencoba untuk melindungi produk mereka, pembajak pada akhirnya selalu berhasil menemukan cara untuk meretasnya. Korban berikutnya? Handheld “termuda” Nintendo – 3DS!

Hampir setahun sejak dirilis, Nintendo 3DS terbukti cukup mumpuni untuk melindungi diri dari segala macam usaha pembajakan. Walaupun fungsi backward compability-nya memungkinkan kartu flash “ajaib” di masa lalu, R4, untuk digunakan, Nintendo tampaknya sudah belajar dan melakukan langkah antisipasi yang patut diacungi jempol. Sayangnya, para peretas juga tak gampang menyerah dan terus berusaha untuk membobol handheld anyar ini. Hasilnya? Mimpi buruk untuk Nintendo.

Sebuah tim hacker mengklaim telah berhasil menciptakan flashcard baru yang membuat Nintendo 3DS membaca game kopian dalam bentuk ROM. Tak hanya sekadar menggertak, mereka memberikan bukti nyata keberhasilan ini lewat sebuah video yang dirilis di situs video – Youtube. Melalui video ini, mereka memperlihatkan bagaimana Nintendo 3DS mampu menjalankan ROM splinter cell3d.3ds” dengan tanpa masalah. Flashcard yang dinamakan “Crown3DS” ini memang belum siap untuk diproduksi secara massal dikarenakan ukurannya yang terlalu besar, namun tinggal masalah waktu hingga mereka dapat membuatnya dalam bentuk yang lebih “ekonomis”.

Masalah pembajakan memang memiliki kompleksitasnya sendiri. Terlepas dari masalah etika dan hukum yang membuat masalah ini masih sering diperdebatkan, pembajakan harus diakui sulit untuk diberantas hingga tuntas. Kebebasan arus data dan informasi, kepentingan ekonomi, hingga idealisme membuat masalah ini seolah tak punya jalan solusi praktis yang memadai. Membajak atau tidak? Semuanya kembali lagi ke tangan Anda sebagai seorang gamer.

Source: Crown3DS via Kotaku

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES