in: News | October 25, 2011 | by: Pladidus Santoso

iSec – Konsol Lenovo untuk Daratan China

Hidup menjadi warga negara sebuah negara komunis memang bukan perkara mudah. Lihat saja apa yang harus dilalui oleh gamer yang tinggal di China. Walaupun dunia mencatatkan negara bambu ini sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terkuat di dunia setelah Amerika Serikat, namun hal ini tidak serta merta membuat China membuka diri begitu saja. Negara ini masih bermasalah dengan hak dan kebebasan warganya yang sebagian besar memang dibatasi. Gamer? Anda bahkan tidak bisa menikmati XBOX 360 dan Playstation 3 secara resmi di sana.

Dengan akses yang begitu terbatas dan tertutup, China di sisi lain berhasil memberikan kesempatan bagi industri dalam negeri untuk berkembang. Walaupun industri game dunia sudah hidup cukup lama, bagi China, tahun ini baru akan menjadi permulaan yang manis. Lenovo, salah satu perusahaan komputer terbesar di dunia yang akan menjadi pondasi dan pencetusnya. Mereka mengembangkan sebuah konsol eksklusif untuk daratan China bernama iSec. Konsol ini akan mengusung sistem motion sensor tanpa controller layaknya Kinect. Belum jelas publisher dan developer apa saja yang akan bergabung di dalamnya, namun Lenovo mengklaim akan mendapatkan dukungan dari beragam pelaku industri game di Amerika Utara dan Eropa.

iSec sendiri rencananya akan dilepas bebas ke pasar China pada Desember 2011 mendatang dengan kisaran harga sekitar 3.000 yuan (USD 470). Dengan jumlah penduduk lebih dari 1 miliar orang, potensi keuntungan yang bisa didapatkan oleh Lenovo memang sangat masif. Mereka bahkan berencana untuk merilis konsol ini untuk pasar yang lebih bebas jika berhasil membukukan angka penjualan 1 juta unit. Sayangnya, tidak ada informasi yang lebih jelas tentang kualitas tampilan dan fitur apa saja yang terdapat di dalamnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES