in: News | October 21, 2011 | by: Pladidus Santoso

Jailbreak Versi 2 Gunakan Blu-Ray Bajakan?

Sebagai salah satu konsol yang bertahan paling lama dari ancaman pembajakan, Sony sudah cukup membuktikan Playstation 3 sebagai mesin gaming dengan keamanan yang mumpuni. Walaupun para peretas sempat menemukan cara untuk membobolnya dan menghidupkan “era” pembajakan untuk konsol hitam ini, namun Sony berhasil menghentikannya. Tuntutan hukum dan update firmware berkala membuat game-game baru yang lahir di Playstation 3 selamat dari ancaman ini. Namun, Sony tampaknya tak bisa menikmati masa tenangnya begitu saja karena Jailbreak versi 2 kini sedang mengintai.

Produk yang dinamakan dengan kode “JB2” ini mengambil bentuk fisik yang tidak berbeda dengan Jailbreak versi pertama. Ia kembali dengan bentuk dongle yang harus disematkan pada slot USB PS3 dan “masuk” dalam celah keamanan PS3. Yang membuatnya berbeda? Jailbreak versi 2 tidak lagi membuat Anda membajak game lewat instalasi di drive, tetapi dengan disc blu-ray bajakan! Benar sekali, seperti bajakan pada Playstation dan Playstation 2, Anda kini bisa memainkan game melalui blu-ray tidak resmi Sony. JB2 akan membuat Playstation 3 Anda membacanya sebagai sebuah game original, walaupun masih tetap memblokir Anda dari Playstation Network.

Satu hal yang paling mumpuni adalah JB2 mampu memainkan game paling baru yang muncul saat ini. Lewat sebuah presentasi video yang dirilis di situs video Youtube, terlihat walaupun Playstation 3 menggunakan custom firmware 3.55, namun ia memiliki kemampuan untuk memainkan game yang dirilis untuk firmware 3.60 hingga 3.73. Walaupun tampak mumpuni, rumor juga menyatakan bahwa JB2 sebenarnya didesain hanya untuk menjalankan beberapa game baru saja dan tidak akan mampu bertahan lama. Walaupun demikian, JB2 sudah membuktikan diri sebagai “musuh baru” PS3 yang harus ditanggapi serius.

Percaya atau tidak, seperti yang dilansir dari situs Eurogamer, JB2 pertama kali diperkenalkan dan dirilis “secara resmi” untuk pasar Indonesia. Sebuah keputusan yang tidak mengherankan mengingat pembajakan masih menjadi primadona di negara ini. Lewat pasar Indonesia pula lah, dongle ini akan mulai masuk ke pasar yang lebih global, tentu saja hingga Sony menemukan cara untuk menghentikannya. Jailbreak versi 2? Keputusan untuk menggunakannya atau tidak tergantung pada pertimbangan Anda. Namun untuk pengalaman yang lebih maksimal, saya lebih menyarankan versi original.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES