in: News | October 14, 2011 | by: Pladidus Santoso

Malware Mafia Wars Kacaukan Pesawat Militer Canggih Amerika?

Citra Amerika Serikat sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar dan terkuat di dunia memang tak hanya omong kosong belaka. Tidak hanya menang dalam kuantitas, kemampuan militer negara adidaya ini juga terus meningkat secara kualitas. Berbagai inovasi dan penemuan membuat senjata yang lahir semakin cerdas, namun sekaligus mematikan. Jajaran pesawat tanpa awak yang biasanya dikenal sebagai Drones menjadi bukti yang paling nyata. Namun siapa yang menyangka jika teknologi bernilai jutaan dollar ini ternyata harus menyerah di tangan game Flash Facebook – Mafia Wars?

Bulan September silam, Angkatan Udara Amerika Serikat harus berhadapan dengan sebuah malware “misterius” yang menyerang pesawat tanpa awak mereka. U.S. Airforce membenarkan hal tersebut. Menurut sumber yang terpercaya, malware ini memaksa para teknisi bekerja keras untuk dapat memberantasnya, bahkan butuh tindakan ekstrim seperti menghapus dan membangun kembali hard-drive di sistem kendali. Sayangnya, tidak dijelaskan “peran” yang dimainkan oleh sang malware, apakah ia mengganggu kendali atau mencuri data-data penting. Satu hal yang pasti, para teknisi berhasil melacak dan mencari sumber dari infeksi malware ini. Sumbernya? Percaya atau tidak, Mafia Wars!

Benar sekali, kita sedang membicarakan Mafia Wars – game click-based yang berhasil menjaring jutaan gamer melalui media jejaring sosial – Facebook. Malware yang ditemukan ternyata mirip dengan program yang biasa digunakan hacker untuk mencuri username dan password gamer Mafia Wars online. Lantas bagaimana malware seperti ini dapat masuk? Kemungkinan besar berasal dari kru kendali yang memainkan game ini ketika bertugas mengendalikan drones. Sebuah pengusir kebosanan yang membahayakan.

Walaupun pihak militer Amerika berhasil menyelesaikan masalah ini dengan cukup cepat, namun citra 24th AirForce sebagai tim yang ditugaskan untuk menangani masalah keamanan jaringan di Angkatan Udara Amerika Serikat otomatis tercoreng. Bagaimana mungkin sebuah malware yang sederhana dapat membuat operasi teknologi jutaan dollar terhenti? Bagaimana mungkin Mafia Wars merobohkan dinding pertahanan sebuah pesawat drones? Sebuah celah yang cukup memalukan.

Source: Wired via Kotaku

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES