in: Direct Release | October 20, 2011 | by: Dian Syarifuddin

[PR] IBM Menyediakan Perbankan Pintar untuk Bank Prekreditan Rakyat di Indonesia

Membantu BPR Surya Yudha meningkatkan efisiensi dan sistem keamanan

Yogyakarta, 20 Oktober 2011 – IBM membuktikan komitmennya untuk menghadirkan perbankan pintar dengan mengadakan IBM BPR Solution Day pada di Yogyakarta. Acara ini menyajikan solusi-solusi yang inovatif, terintegrasi, terjangkau, dan sesuai kebutuhan bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Indonesia.

Perkembangan BPR sangat menunjang pertumbuhan segmen UKM di Indonesia yang pada akhirnya akan membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia. IBM yakin dengan adanya akses yang memadai ke berbagai layanan perbankan di daerah-daerah akan menunjang pembangunan ekonomi Indonesia.

“Ekspansi geografis adalah salah satu strategi inti pertumbuhan IBM di Indonesia. Strategi kami adalah untuk bekerja sama dengan pelanggan kami di kota-kota kecil untuk memberdayakan mereka menuju inovasi dan efisiensi bisnis dan secara bersamaan meningkatkan layanan dan produktivitas. IBM berkomitmen untuk memberikan solusi perbankan terpadu dan pintar berbasis pada teknologi terbaru dan proses bisnis. Dengan solusi teknologi yang customer-centric, IBM dapat memberikan skala ekonomi yang lebih besar dan fungsi dukungan bisnis yang penting bagi BPR untuk beroperasi secara optimal. Solusi-solusi kami akan membantu bank meningkatkan layanan pelanggan, yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai pelanggan mereka,” tutur Roy Simangunsong, Country Geo Expansion Leader, IBM Indonesia

Salah satu BPR yang telah merasakan solusi perbankan pintar IBM adalah BPR Bank Surya Yudha yang berpusat di Banjarnegara, Jawa Tengah. BPR Surya Yudha telah menikmati manfaat teknologi IBM Power Systems yang dapat mengelola jutaan transaksi data-intensif dan menganalisia data tersebut secara real time, sehingga dapat membantu meningkatkan layanan pelanggan dan mengurangi biaya data center. Saat ini BPR Bank Surya Yudha telah mengimplementasikan sebuah solusi perbankan online yang terintegrasi dari PT Warna Bintang Kreasi yang dapat berjalan pada platform IBM System i. Bank ini memiliki dua unit IBM System i520 – satu digunakan sebagai mesin produksi yang berlokasi di kantor pusatnya di Banjarnegara dan satu lagi berfungsi sebagai sistem back-up (DRC) di kantor cabang di Purwokerto. Bersama dengan IBM, BPR Bank Surya Yudha dapat meningkatkan efisiensi bagian operasional dan pembukuannya, menyusun laporan secara lebih akurat dan dapat diakses dan dicetak oleh kantor cabang masing-masing sesuai kebutuhan mereka. Bagian audit BPR ini kini juga dapat memonitor transaksi dan saldo rekening secara real-time.

“Yang kami butuhkan adalah sebuah perangkat keras yang handal dan memiliki perlindungan terhadap virus dan pencurian data, sehingga kami dapat meningkatkan operasi kami dan memperkenalkan produk secara lebih cepat. Investasi kami dalam teknologi IBM meningkatkan citra kami sebagai bank profesional yang berfokus pada kualitas layanan nasabah dan menyempurnakan cara bank ini menghantarkan layanan kepada pelanggan. Kami tidak lagi dipandang sebagai BPR kelas dua, dan kami menikmati kepercayaan yang diberikan oleh nasabah kami, serta Bank Indonesia dan para pemangku kepentingan,” kata Tenny Yanutriana, Komisaris, BPR Surya Yudha.

IBM bertujuan untuk menyediakan BPR dengan platform teknologi skalabel terdiri dari mesin pengolahan sistem perbankan dan kemampuan layanan distribusi perbankan. Solusi ini memungkinkan BPR meraih manfaat dari solusi teknologi yang hemat biaya, kokoh, fleksibel dan memenuhi berbagai kebutuhan sistem perbankan. Salah satu contoh dari solsui komputasi pintar perbankan IBM untuk BPR adalah server bertenaga tinggi dari keluarga IBM Power System server.

IBM Power Systems dirancang untuk mengelola aplikasi yang paling sulit seperti business analytics dan pengolahan transaksi yang rumit. Sistem tersebut menggabungkan beberapa teknologi unik untuk tuntutan khusus dari aplikasi dan layanan baru yang mengandalkan pada pengolahan sejumlah transaksi dan data besar dan secara bersamaan menganalisa informasi tersebut secara real time. Selain itu, sistem tersebut juga memungkinkan pelanggan untuk mengelola aplikasi dan layanan yang ada saat ini dengan biaya yang lebih rendah dengan terobosan teknologi dalam virtualisasi, penghematan energi, penggunaan memori yang lebih hemat serta harga yang lebih kompetitif.

Salah satu penawaran kuat dari lini produk IBM Power Systems adalah IBM System i (sebelumnya dikenal sebagai i5/OS ®) yang berjalan pada platform server IBMPowerSystems ™ arsitektur. IBM System i memiliki fitur anti virus dan skalabilitas yang sangat baik dan telah terbukti kehandalannya memenuhi berbagai kebutuhan industri perbankan.

Untuk sebuah solusi Smart Work, IBM menawarkan IBM Lotus Collaboration dapat digunakan untuk memberdayakan karyawan, mitra, dan pelanggan dari BPR untuk saling berhubungan, berkolaborasi, dan berinovasi sekaligus mengoptimalkan cara mereka bekerja. Dengan Lotus, BPR dapat mendorong hasil bisnis yang lebih baik melalui kolaborasi pintar.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES