in: Games | October 27, 2011 | by: Pladidus Santoso

Preview Ace Combat – Assault Horizon: Pertempuran yang Memanjakan Mata

Adrenalin siapa yang tidak akan terpacu ketika terlibat dalam petempuran hidup-mati di atas udara? Dengan mesin pesawat jet yang menderu kencang dan bermanuver dengan manis, bunyi rentetan senapan kaliber besar dan luncuran rudal membuat pertempuran kian menegangkan. Belum lagi ketika Anda menjadi pihak yang harus menghindari itu semua dan terancam karenanya. Pengalaman seperti ini memang tidak mungkin Anda dapatkan jika Anda bukanlah seorang pilot pesawat tempur yang bergabung di kemiliteran. But, guess what? Industri game selalu punya cara untuk menghadirkan sensasi yang tidak jauh berbeda lewat video game. Salah satu franchise yang berhasil melakukannya? Ace Combat series.

Ace Combat yang dirilis oleh Namco Bandai memang harus diakui merupakan salah satu franchise game pesawat terbesar di industri game. Hadir dalam beragam seri dan muncul di hampir sebagian besar platform game, Ace Combat mampu membawa gamer dalam pertempuran udara yang menegangkan dan cepat. Desain gameplay yang lebih terasa sebagai sebuah game arcade dibandingkan simulator pertempuran membuat Ace Combat lebih mudah untuk dinikmati. Anda tidak diharuskan untuk dikhawatirkan dengan hal-hal teknis dan lebih berfokus untuk membidik dan meluncurkan setiap misil pada pesawat musuh yang ada. Desain dan lingkungan yang dibangun juga memperkuat atmosfer tersebut.

Walaupun setiap seri Ace Combat hadir dengan “tema” permainan yang sama, namun franchise ini tidak lantas membosankan. Beragam inovasi dihadirkan di setiap serinya, dari penambahan fitur hingga pesawat dan plot baru yang lebih menegangkan. Kesemuanya untuk menghadirkan Ace Combat yang terasa lebih fresh. Untuk seri terbarunya – Ace Combat: Assault Horizon yang dirilis utnuk Playstation 3 dan XBOX 360, Namco Bandai bahkan mengambil langkah yang jauh lebih ekstrim. Lupakan tentang Ace Combat yang selama ini Anda kenal, karena Assault Horizon membawa franchise ini ke level yang baru.

Ketika menjajal game ini untuk pertama kali, pada awalnya memang tidak terasa ada perbedaan yang signifikan dari sistem gameplay. Anda masih menggerakkan pesawat dengan cara yang sama dan dengan sistem auto-lock yang tidak berbeda dibandingkan seri sebelumnya. Namun ketika Anda sudah terlibat dalam pertempuran, Ace Combat: Assault Horizon ini datang dengan fitur dog-fight yang menambahkan elemen dramatisasi yang kental. Semakin jauh Anda bergerak dalam cerita, maka Anda juga akan menemukan pertempuran helikopter, bomber, dan mini-gunner. Hal-hal yang baru pertama kali diadaptasikan pada seri Ace Combat, membuat seri ini seolah sebuah game yang jauh berbeda.

Elemen dramatisasi ini tampaknya menjadi nilai jual utama yang berusaha dihadirkan Namco Bandai. Anda akan menemukan efek-efek ala film Hollywood seperti zoom, ledakan, slow motion, dan gaya kamera cepat yang membuntuti pesawat ketika memasuki dog-fight. Menikmati atau tidak? Satu hal yang pasti, semua efek ini benar-benar membuat pertempuran yang ada sangat memanjakan mata, cukup untuk membuat Anda berdecak kagum. Namun masih terlalu awal untuk menilai game ini secara keseluruhan. Sembar menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, ada baiknya Anda menyimak screenshot di bawah ini untuk mendapatkan sedikit gambaran. Mengapa? Karena terkadang, kata saja tak cukup.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES