Review Aplikasi PC – Wikitup: Look it up, Baby!

Reading time:
October 13, 2011

Internet dapat diibaratkan sebagai hutan belantara yang luas dan tidak pernah habis untuk dijelajahi. Berbagai informasi tersedia dan dapat ditelusuri dengan bebas. Kebebasan menelusuri berbagai informasi di internet itulah yang terkadang menyesatkan pengguna internet itu sendiri. Nah, di sinilah Wikitup menjalankan tugasnya dalam memberikan data atau informasi yang sesuai kebutuhan Anda.

Pertama1

Pihak pengembang aplikasi ini menyatakan Wikitup sebagai satu metode pencarian terbaru di dunia maya yang disebut multisearch. Wikitup menggabungkan berbagai infromasi yang disediakan Youtube, Wikipedia atau Flickr; mengompilasikannya untuk Anda.

Platform

Acer 1810TZ

Prosesor: Intel Pentium SU4100

Chipset: Mobile Intel® GS45 Express Chipset

Memory: 2 GB DDR2

Display: 11.6″ HD 1366 x 768 (WXGA)

Harddisk: 300 GB

WiFi: 802.11b/g

OS: Windows 7 Home Premium 64 bit

Instalasi

Dengan kapasitas file setup sebesar 11.4 MB, aplikasi ini dapat langsung diunduh dari http://www.wikitup.com/?Lang=EN&CatId=179. Anda tidak hanya akan menemukan file setupnya saja, namun juga panduan untuk melakukan instalasi. Dengan adanya panduan tersebut, Anda akan terhindar dari kesalahan instalasi atau crash saat proses instalasi sedang berlangsung.

instalasi

Feature

Konsep dasar yang dikembangkan oleh pihak pengembang aplikasi ini adalah multisearch untuk memenuhi kebutuhan informasi dan mempermudah pencarian data tanpa harus membuka browser. Berikut beberapa feature yang disediakan aplikasi ini.

Word – Bila Anda mencari makna sebuah kata, artikel yang berhubungan dengan kata kunci yang Anda masukkan, atau bahasa yang menggunakan kata kunci tersebut, aplikasi ini akan membantu Anda. Cukup dengan memasukkan kata kunci yang dimaksud, Anda pun akan langsung mendapatkan beberapa pilihan hasil pencarian.

Video – Pencarian video menjadi lebih mudah dengan aplikasi ini. Anda tidak perlu browsing untuk mendapatkan video yang diinginkan. Dengan memasukkan kata kunci yang tepat di kolom pencarian, Anda pun akan mendapatkan beberapa pilihan hasil pencarian.

Picture – Pencarian gambar untuk berbagai kebutuhan juga dapat diperoleh melalui aplikasi ini. Wikitup akan menghadirkan gambar-gambar yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan.

Sound – Tidak jauh berbeda dengan menu word, picture, dan video, Wikitup juga menyediakan pencarian berdasarkan audio. Semua pencarian akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang tepat.

Language – Aplikasi ini mendukung lebih dari 700 bahasa dunia, termasuk bahasa Indonesia. Anda bahkan dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencari arti sebuah kata. Dengan kata lain, software ini dapat dipergunakan sebagai online dictionary.

Feature

Pengujian

Aplikasi ini mengedepankan fungsionalitasnya ketimbang tampilan fisiknya. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai feature kuat yang ditanamkan di aplikasi ini. Selama pengujian, kami menemukan fakta bahwa aplikasi ini dapat bekerja dengan baik di berbagai segi.

Konektivitas – Jaringan internet yang baik akan sangat berpengaruh dalam penggunaan freeware ini. Semakin cepat koneksi internet Anda, semakin cepat aplikasi ini bekerja. Internet bagaikan air untuk Wikitup. Tanpa jaringan yang baik, Anda tidak dapat menggunakan software ini secara optimal.

Koneksi

Right Click – Untuk mempermudah proses pencarian di dunia maya, Anda dapat melakukan pencarian dengan cara menekan tombol Ctrl + klik kanan di mouse.

Search Engine – Sebagai mesin pencarian yang baik, aplikasi ini merujuk ke beberapa website besar yang ada di dunia maya. Sumber yang digunakan pun cukup beragam sehingga hasil yang diperoleh pun sangat variatif.


Data Source

Support

Desain aplikasi yang sangat sederhana membuat pengguna tidak memerlukan panduan untuk menggunakannya. Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai aplikasi ini, Anda dapat mengunjungi situs resminya di http://www.wikitup.com/.

Support1

Kesimpulan

Aplikasi ini menawarkan fungsi multisearch tanpa harus mengakses browser. Tentunya ini memudahkan pengguna. Apalagi, aplikasi ini memiliki bank data yang cukup melimpah sehingga pengguna dapat menemukan berbagai informasi tanpa harus mengakses browser. Desainnya yang sederhana membuat aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh kalangan apa saja. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Keterangan

Kategori
PC Apps, Utilities, Search Engine

Platform
All Windows OS

Situs Resmi
http://www.wikitup.com/

Unduh
http://www.wikitup.com/?Lang=EN&CatId=179

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…