Review Dark Souls: RPG Untuk Gamer Veteran

Author
David Novan
Reading time:
October 24, 2011

Kuncinya Adalah Kesabaran dan Pengamatan

Pertempuran dalam Dark Souls didominasi oleh kematian Anda. Jadi, kesabaran dan mengamati serangan musuh adalah kunci utama untuk berhasil melewati game ini. Perhatikan gerakannya dan serang ketika pertahanannya terbuka. Harus diingat, bukan hanya musuh saja yang dapat membunuh Anda. Lingkungan juga memberikan bahaya yang sama besarnya. Anda dapat dengan mudah mati ketika terkena jebakan musuh yang selalu mengejutkan dan jatuh dari tempat tinggi. Dark Souls tidak seperti game lain yang dengan baik hati membuat Anda tidak bisa jatuh ke jurang dengan cara memberikan dinding tak terlihat.

dark souls jagatreview 007a
Berikut rupa Anda ketika berada di kondisi manusia...
dark souls jagatreview 007b
...Dan ketika Anda mati, yang membuat semua kekuatan Anda berkurang!

Musuh yang Anda hadapi dapat dikalahkan dengan beberapa cara, seperti menyerangnya dari depan, dari belakang, mementalkan serangannya, menyerangnya dengan benda yang dapat melukai (misalnya bom), dengan serangan sihir, dan menggunakan lingkungan. Serangan dari depan tentu tidak perlu dibahas lagi, sebab cara inilah yang biasanya digunakan kebanyakan gamer. Begitu juga dengan serangan sihir, yang jauh lebih kuat dari serangan fisik. Namun, jumlah serangan sihir terbatas dan harus diisi kembali dengan beristirahat di api unggun. Menyerang dengan benda, seperti melemparkan bom dan pisau, merupakan opsi terbaik ketika melawan musuh yang kebal serangan fisik. Ya, musuh seperti ini cukup banyak ditemui di Dark Souls. Jenis serangan yang cukup menarik perhatian adalah mementalkan serangan, dari belakang, dan menggunakan lingkungan.

Untuk mementalkan serangan musuh, Anda hanya perlu menggunakan gerakan Parry (LT untuk Xbox 360 dan L2 untuk PS3) pada waktu yang tepat. Bila berhasil, pertahanannya akan terbuka lebar. Cukup tekan tombol serangan dan kerusakan yang ditimbulkan menjadi serangan kritikal (sesuai dengan statistik serangan kritikal di senjata). Biasanya, damage yang diterima menjadi 100 persen atau lebih dari serangan biasa. Untuk menggunakan serangan ini, Anda harus dengan cermat memperhatikan gerakan musuh. Sebab, terlalu cepat dan terlalu lambat akan membuat serangan gagal dan Anda mendapatkan luka.

dark souls jagatreview 008
Usahakan untuk mengambil Souls yang jatuh ketika mati sebelum Anda dibunuh kembali...

Serangan dari belakang juga hampir sama efeknya seperti mementalkan serangan musuh. Anda harus memutar ke belakang musuh dan melancarkan serangan. Bila tepat, animasi serangan tersebut akan muncul dan untungnya saat ini Anda tidak dapat diserang musuh. Namun, untuk menempatkan diri ke belakang musuh membutuhkan kecepatan gerakan (karakter dengan perlengkapan berat sulit melakukannya) dan ruang untuk bermanuver. Apalagi musuh pada game ini tidak membiarkan begitu saja Anda berada di belakangnya. Sebab, mereka akan berusaha untuk melindungi punggungnya dengan cara mendekati tembok.

Serangan kritikal biasanya dapat membunuh musuh biasa dengan sekali serang saja. Namun, ada kalanya Anda tertemu dengan musuh spesial yang memiliki kekuatan besar (serangan dan pertahanan). Jenis musuh ini membutuhkan beberapa kali serangan kritikal untuk mengalahkannya. Belum lagi bila mereka mundur dan meminum cairan penyembuh! Harus Anda ingat, bukan hanya Anda saja yang dapat menggunakan serangan kritikal tersebut. Musuh juga dapat mementalkan serangan Anda dan menyerang dari belakang! Musuh juga dapat Anda kalahkan dengan mudah bila mereka berhasil didorong ke jurang! Bahkan, sub boss sekalipun dapat langsung mati dengan cara ini!

dark souls jagatreview 009
Menyerang musuh dari belakang akan memberikan damage yang sangat besar dan menguntungkan Anda

Persiapkan Perlengkapan Tempur Anda!

Memiliki perlengkapan terbaik merupakan salah satu hal terpenting dalam Dark Souls. Tentu saja bersamaan dengan memiliki statistik yang tinggi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda membutuhkan Souls untuk mengembangkan karakter Anda. Caranya juga mudah saja. Cukup beristirahat di api unggun dan Anda dapat menggunakan Souls untuk menaikkan poin statistik. Anda harus membayar sejumlah Souls untuk menaikkan poin tersebut. Harga Souls yang harus Anda bayar juga akan terus meningkat. Jadi, biaya untuk kenaikan statistik akan menjadi sangat mahal.

dark souls jagatreview 010
Jebakan di jalan yang sempit merupakan kejutan yang menyakitkan!
dark souls jagatreview 011
Musuh spesial dengan kemampuan yang mengerikan siap menyambut Anda di sudut tersembunyi

Untuk mengatasi inflasi Souls tersebut, Anda dapat mengakalinya dengan meng-upgrade senjata dan perlengkapan. Awalnya, Anda dapat membeli bahan untuk upgrade di penempa senjata (bila Anda dapat menemukannya). Setelah mencapai poin tertentu, senjata tersebut harus diubah menjadi bentuk baru melalui proses khusus dan nantinya akan membutuhkan bahan tempa yang berbeda. Jadi, perlengkapan Anda dapat terus berevolusi menjadi lebih baik. Namun, ada kalanya Anda akan menemukan perlengkapan spesial yang memiliki kekuatan jauh lebih baik. Akan tetapi, biasanya perlengkapan tersebut dijaga makhluk yang dapat membunuh Anda dengan mudah (misalnya naga dan monster lain yang berukuran besar serta memiliki senjata sangat besar).

Api unggun bukan hanya berguna untuk menyimpan lokasi untuk hidup kembali dan menaikkan statistik saja. Anda juga dapat mengisi kembali sebuah benda yang bernama Estus Flask. Anda akan akrab sekali dengan benda ini, sebab ia dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan luka. Api unggun yang baru Anda temukan biasanya hanya mampu mengisi Estus Flask hingga 5 saja. Bila Anda memperbesar apinya dengan mengorbankan Humanity, maka ia dapat mengisi Estus hingga 10. Kegunaan lain dari api unggun ini adalah mengembalikan Anda menjadi manusia dengan mengorbankan Humanity, memperbaiki perlengkapan (setelah Anda membeli alatnya), dan beberapa kegunaan lain yang akan muncul setelah Anda memenuhi persyaratannya.

Apakah perlengkapan dengan upgrade tinggi dan statistik tinggi akan membantu Anda? Ya, tentu saja. Lalu, apakah mereka akan membuat game ini menjadi mudah? Jawabannya adalah tidak. Anda dapat terbunuh dengan konyol dan mudah. Misalnya, musuh yang Anda hadapi ternyata menerkam dan memakan Anda. Begitu juga ketika dia mendorong Anda ke jurang. Intinya, tidak ada cara mudah untuk menyelesaikan game ini. Hanya keahlian sebagai seorang gamer sejati yang akan menyelamatkan Anda dari layar Game Over di tempat yang sama terus menerus.

dark souls jagatreview 012
Boss di Dark Souls selain berukuran raksasa juga memiliki jangkauan serangan yang besar!

Mengundang Petualang Lain

Dark Souls memiliki mode multiplayer yang menyatu dengan game utamanya. Bila Anda memiliki console yang terhubung dengan internet, maka jangan kaget bila pemain lain dapat memasuki dunia Anda. Pemain lain tersebut juga tidak diwajibkan untuk membantu Anda. Artinya, mereka dapat saja berusaha untuk membantu musuh untuk menghabisi Anda! Sebab, tujuan mereka ke dunia Anda adalah untuk mendapatkan Souls, baik itu dengan cara membantu Anda melawan musuh atau mengambil Souls yang Anda tinggalkan ketika mati! Uniknya, Anda dapat menemukan karakter dalam game yang menawarkan jasa pengaduan kejahatan pemain lain ke malaikat kematian! Jadi, pemain yang jahat akan diburu oleh musuh yang sangat mengerikan!

dark souls jagatreview 013
Anda harus menemukan karakter pembantu terlebih dahulu untuk dapat menikmati layanan mereka

Kesimpulan

Dark Souls ditujukan untuk gamer yang sabar dan pantang menyerah. Permainannya yang kejam dan tidak memberi ampun akan mematahkan semangat pemain dengan kemampuan yang rendah. Namun, di balik tingkat kesulitannya yang tinggi itu tersimpan sebuah kenikmatan yang telah dilupakan game masa kini, yaitu rasa puas dan bangga ketika berhasil melewati sebuah tantangan. Bila Anda adalah gamer yang merasa game terlalu mudah untuk diselesaikan, maka Dark Souls akan memberikan semangat baru dalam pengalaman bermain!

Kelebihan

  • Tingkat kesulitan yang sangat tinggi
  • Dunia permainan penuh dengan ketegangan dan kejutan
  • Musuh yang sangat menantang
  • Banyak variasi senjata dengan taktik penggunaan yang berbeda
  • Mode multiplayer yang menarik

Kekurangan

  • Terjadi penurunan frame rate ketika berada di daerah terbuka (untuk XBOX 360)
  • Musuh dapat mati konyol akibat jatuh ke jurang

Cocok Untuk Gamer

Menyukai tantangan yang tinggi, sabar, pantang menyerah, dan selalu siap untuk mati.

Tidak Cocok Untuk Gamer

Tidak suka tantangan, tidak sabar, dan merasa game harus selalu membantu gamer menyelesaikannya.

Info

Sistem: PlayStation 3 dan XBOX 360
Publisher: Bandai Namco
Developer: From Software
Jenis: Action Role Playing Game
Batas Umur: Dewasa (umur 18+)

Website Resmi

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…