in: Games | October 5, 2011 | by: David Novan

Review Hard Reset: Tembak Apapun Yang Bergerak!

Pertempuran melawan pasukan robot di dunia masa depan.

Game bertajuk First Person Shooter (FPS) yang tidak membutuhkan banyak basa-basi harus diakui sudah cukup langka belakangan ini. Buktinya, shooter zaman sekarang melulu bertema perang yang kental dengan agenda politik dan taktik rumit. Game shooter yang murni menembak musuh sampai puas, seperti Serious Sam dan Doom sudah sulit ditemui. Padahal, game jenis ini cukup menarik untuk dimainkan. Selain tidak membutuhkan banyak keseriusan, ia juga biasanya mampu membuat pemainnya puas membunuh musuh yang selalu berjumlah banyak. Hard Reset merupakan angin segar untuk gamer yang menyukai shooter semacam ini!

Tampilan yang indah akan menemani perjalanan Anda

Hard Reset memang tidak membutuhkan keahlian khusus, seperti memimpin pasukan dan memikirkan taktik untuk mengalahkan musuh. Game ini hanya meminta Anda untuk gesit menghindari serangan musuh, menggerakkan mouse untuk membidik musuh, dan tembak mereka sampai tidak bangun lagi. Sederhana sekali bukan? Untuk membuat suasana semakin menyenangkan, game ini juga menyertakan tampilan grafis yang indah dan dunia bertema masa depan. Apakah game semacam ini cocok dengan selera Anda? Kalau begitu, ikuti review ini untuk mengetahui apa yang akan Anda temukan di dalam Hard Reset.

Berperang Melawan Robot

Tema yang digunakan dalam game ini adalah perang melawan pasukan robot di sebuah kota masa depan bernama Bezoar City. Pada saat itu, manusia sedang dalam kondisi berperang melawan pasukan robot yang memberontak dari kendali manusia. Pahlawan yang akan Anda kendalikan adalah seorang anggota pasukan keamanan kota Bezoar bernama Fletcher. Seiring dengan cerita yang dibawakan ke hadapan Anda dalam gaya gambar komik unik, muncul masalah yang serius. Ternyata, pasukan robot berhasil masuk ke kota dan mulai membunuhi manusia. Panggilan tugas ini pula yang menjadi awal perjalanan Anda di Hard Reset.

Cerita dibawakan dalam komik yang unik.

Berdasarkan tema cerita pada game ini, musuh yang akan Anda hadapi adalah robot yang menyerang kota. Sayangnya, jenis robot yang akan Anda temui tidak begitu bervariasi. Secara ukuran, musuh robot yang Anda temui terbagi menjadi tiga, yaitu kecil, menengah, dan besar. Robot berukuran kecil hanya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu robot dengan gergaji di bagian depannya, robot bersenjatakan baling-baling, dan robot bulat yang dapat meledakkan diri. Sedangkan untuk robot berukuran menengah, mereka berbentuk seperti manusia dan hanya satu jenis saja. Perbedaan mereka hanya berasal dari warna dan cara menyerang. Ada yang menyerang dengan memukul, menembak dengan senapan mesin, dan meluncurkan roket dari jauh.

Lingkungan permainan dapat membantu Anda melawan musuh yang beringas.

Jenis robot terakhir adalah yang berukuran besar. Sama seperti jenis robot menengah, robot ini juga hanya terdiri dari satu bentuk saja. Begitu juga dengan perbedaan warna dan cara menyerangnya. Dari semua jenis robot yang ada, robot berukuran besar merupakan yang paling berbahaya. Pasalnya, mereka akan berlari ke arah Anda dan selalu berusaha untuk memojokkan ke tembok. Bila Anda telah berhasil mereka sudutkan seperti ini, maka Anda tinggal menunggu layar game over saja.

Serangan dari musuh yang Anda hadapi sangat beringas. Apalagi mereka selalu menyerang dengan jumlah pasukan yang cukup banyak. Jadi, Anda harus secepat mungkin menghabisi mereka sebelum berhasil mendekat. Bahkan, mereka juga mampu menyerang dari arah yang berbeda. Jadi, ketika Anda sibuk menyerang musuh yang ada di depan, jangan kaget bila musuh lain telah mengepung Anda dari samping dan belakang. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggiring musuh ke jalan sempit yang tidak banyak akses masuk.

Jangan malu untuk mengambil power up demi menambah amunisi dan kesehatan.

Apa yang terjadi bila mereka berhasil menyerang Anda? Biasanya layar game over akan muncul. Bagaimana tidak? Serangan mereka begitu cepat dan memiliki daya hancur yang besar! Bahkan pada tingkat kesulitan Normal sekalipun. Pada tingkat kesulitan yang lebih tinggi (masih ada dua tingkat di atas normal), jumlah musuh yang hadir akan semakin banyak! Mengapa karakter yang Anda gunakan begitu cepat mati? Apakah tidak ada pertahanan layaknya dalam game FPS lain, seperti Armor dan Shield?

Karakter Anda memang memiliki perisai (Shield) yang dapat bertambah sendiri ketika tidak terkena serangan. Namun, bisa dikatakan perisai itu tidak ada gunanya. Mengapa bisa begitu? Biasanya perisai harus habis terlebih dahulu sebelum serangan musuh mulai menghabisi nilai kesehatan karakter ‘kan? Tidak dalam game ini! Ketika terkena serangan, nilai perisai dan kesehatan Anda akan turun bersamaan. Tampaknya, setiap kerusakan yang ditimbulkan musuh akan dibagi kepada perisai dan kesehatan! Padahal, nilai kesehatan Anda tidak dapat bertambah sendiri seperti perisai! Untuk menambah nilai kesehatan dan amunisi senjata, Anda harus mengambil benda restorasi (power up) yang ada di daerah permainan.

Selain menembak, Anda juga dapat berinteraksi untuk membuka pintu.

Musuh pada game ini juga tidak memiliki daerah titik vital yang dapat membuatnya cepat mati, seperti menembak kepala di FPS lain. Anda memang dapat menembak bagian tubuh pada robot berukuran besar. Namun, hal itu tidak begitu berpengaruh pada kecepatan membunuhnya. Satu cara yang paling ampuh adalah menggunakan senjata besar, seperti Rocket Launcher dan Rail Gun.

Perhatikan retakan di dinding untuk menemukan daerah rahasia!
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES