in: Games | October 5, 2011 | by: David Novan

Review Hard Reset: Tembak Apapun Yang Bergerak!

Senjata dan Upgrade

Jenis senjata yang dapat Anda gunakan dalam game ini pada dasarnya terbagi menjadi dua. Pertama, Anda dapat menggunakan senjata yang menggunakan peluru proyektil, seperti senapan mesin, shotgun, grenade launcher, dan Rocket Propeled Gun. Senjata jenis kedua adalah senjata berbasis listrik, seperti Plasma Rifle, Shock Blaster, Electric Mortar, Railgun, dan Smartgun. Peluru yang digunakan untuk kedua jenis senjata ini berbeda. Namun, untuk semua senjata dengan jenis yang sama hanya menggunakan satu jenis peluru saja. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir me-reload senjata. Jadi, Anda dapat menembak hingga peluru habis (terutama untuk senjata dengan kecepatan serang tinggi).

Terminal upgrade membantu Anda memperkuat diri dan membeli senjata baru.

Mulanya, Anda hanya dapat menggunakan Assault Rifle dan Plasma Rifle saja. Untuk menambah jumlah koleksi senjata, Anda harus mengumpulkan poin berbentuk power up berwarna kuning bernama nano point. Setelah mengumpulkan sejumlah nano point, indikator pada bagian kiri layar permainan akan menunjukkan ketersediaan upgrade. Setelah itu, Anda cukup datang ke terminal pembelian upgrade yang dapat mudah ditemukan. Pada terminal ini, Anda dapat menggunakan poin upgrade untuk membeli senjata baru, meningkatkan senjata dengan dua fungsi baru, dan membeli kemampuan tubuh baru. Kemampuan tubuh yang bisa Anda beli mencakup peningkatan Shield (yang hanya menambah 20 point dari 100 point yang telah ada), peningkatan kesehatan (sama seperti Shield), menambah jumlah peluru yang bisa dibawa, kemampuan untuk melambatkan waktu ketika di ambang kematian, dan radar untuk melihat posisi musuh.

Senjata listrik sangat efektif melawan musuh! Segera upgrade setinggi-tingginya!

Upgrade senjata merupakan hal yang penting. Peningkatan tersebut selain memberikan daya hancur yang lebih besar juga menambahkan fungsi baru di senjata. Contohnya, Anda dapat menembakkan peledak untuk menghentikan gerakan musuh, membuat mereka terdorong ke belakang, dan melihat musuh dari balik tembok. Begitu juga dengan upgrade di luar fungsi senjata. Anda dapat membuat perisai lebih cepat regenerasi, power up yang Anda ambil menjadi lebih tinggi nilainya (lebih cepat mengisi kesehatan dan peluru), dan meningkatkan ketahanan tubuh ketika akan mati.

Serangan dari senjata Anda memang cukup ampuh untuk menghabisi musuh. Namun, bintang utama dari game ini adalah kemampuan untuk menggunakan benda di sekitar untuk menghabisi musuh. Benda yang harus Anda perhatikan adalah outlet yang dialiri listrik dan tong berisi bahan peledak. Serangan ke benda mematikan ini akan langsung menghabisi musuh yang berada di radius ledakannya! Bahkan, Anda dapat dengan mudah menghabisi musuh berukuran besar bila mereka dapat dipancing ke dalam ledakan. Selain itu, bahan peledak juga dapat digunakan untuk menemukan daerah tersembunyi yang biasanya berisi nano point berjumlah besar!

Anda akan bertemu dengan boss yang berukuran super besar!

Permainan game ini memang menyenangkan ketika Anda bermain pada tingkat kesulitan termudah. Namun, ia akan menjadi sangat sulit dan dapat membuat frustasi pada tingkat kesulitan di atasnya. Celah peningkatan kesulitannya begitu besar dan dibutuhkan kesabaran yang besar ketika Anda begitu sering melihat layar game over. Ditambah lagi keampuhan senjata proyektil sangat jauh di bawah senjata listrik. Bila boleh kami memberikan saran, langsung upgrade Shock Blaster untuk menghabisi musuh kecil dan Railgun untuk musuh menengah dan besar. Serangan dari Blaster dapat menyerang banyak musuh sekaligus dan Railgun memiliki kekuatan yang dahsyat (lebih besar dibandingkan Rocket Launcher dan dapat menembus tembok!).

Kesimpulan

Hard Reset memang sangat menyenangkan untuk dimainkan berkat bentuk permainannya yang sederhana. Namun, ia dapat berubah menjadi neraka bila Anda tidak siap menghadapinya dan tidak mengetahui senjata apa yang efektif melawan jenis musuh tertentu. Begitu juga bila Anda tidak dapat menggunakan bantuan benda berbahaya yang ada di daerah permainan. Saat ini, Anda pasti akan berharap dapat menekan tombol reset sekeras-kerasnya, seperti nama dari game ini (Hard Reset). Selain itu, hal yang cukup mengecewakan adalah cerita yang tidak bermutu dan tidak jelas arahnya. Sisi positifnya adalah Anda dapat memainkan game ini kembali melalui EX Mode. Pada mode ini, Anda memulai permainan baru dengan semua upgrade yang telah dibeli!

Kelebihan

  • Tidak butuh banyak berpikir, cukup tembak apapun yang bergerak.
  • Dapat meng-upgrade perlengkapan perang.
  • Kualitas tampilan yang tinggi.
  • Efek cahaya yang keren.

Kekurangan

  • Shield tidak berguna.
  • Letak Checkpoint yang terlalu jauh.
  • Terlalu cepat selesai (3-5 jam).
  • Variasi musuh yang terlampau sedikit.
  • Cerita yang tidak jelas arahnya.

Cocok Untuk Gamer:

Menyukai shooter yang sederhana, gesit, dan menyukai tantangan (serta sabar).

Tidak Cocok Untuk Gamer:

Menyukai shooter taktikal, mengharapkan adanya elemen RPG, dan tidak sabar.

Spesifikasi PC Minimum

OS: Windows XP/Vista/7
Processor: 2.5 GHz Intel Pentium 4 / AMD Athlon 64
Memory: 2 GB
Graphics: 512 MB NVIDIA GeForce 8800GS / ATI Radeon HD 3870
Hard Drive: 4 GB
DirectX 9.0c

Info

Publisher: Flying Wild Hog
Developer: Flying Wild Hog
Jenis: Action First Person Shooter
Batas Umur: Dewasa (umur 18+)

Website Resmi:

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES