LOGO

Review-Logitech G19 Gaming Keyboard: Main Game Makin Seru dengan Layar Kedua

Part: 1 2 3

Anda mungkin familiar dengan Logitech G15 gaming keyboard yang dirilis beberapa tahun lalu. Selain tombol-tombol macro dan backlighting, keyboard ini dilengkapi dengan sebuah feature unik berupa layar LCD kecil di bagian depan yang dapat menampilkan berbagai macam informasi, seperti  keterangan waktu dan beberapa parameter game. Kemampuan ini  membuatnya tampil berbeda dari keyboard gaming yang lain.

Nah, sekarang Logitech sudah menyempurnakan dan menambah beberapa feature pada penerusnya, G19 Gaming Keyboard. Layar LCD, misalnya, dibuat berwarna dan mampu menampilkan video! Selain itu, apa saja yang ditawarkan Logitech melalui keyboard gaming ini?

G19 Gaming Keyboard

Kotak kemasan Logitech G19 Gaming Keyboard

Sosok keyboard G19 tampak sedikit melebar karena memuat berbagai macam tombol tambahan di samping tombol-tombol standar

Inilah G19, keyboard gaming high-end buatan Logitech! Konsep desain yang diusung G19 sangat mirip dengan pendahulunya, G15. Selain tombol-tombol utama keyboard terdapat beberapa tambahan lain seperti tombol kontrol multimedia, tombol kontrol untuk layar LCD mungil yang terletak di bagian atas keyboard, dan deretan tombol macro di sebelah kiri. Berbeda dari G15, kali ini Logitech memilih warna dasar hitam untuk G19, dengan aksen abu-abu di sela-sela tombol.

Beberapa perubahan layout dapat ditemukan di G19, antara lain tombol-tombol multimedia yang kini diletakkan di sisi kanan atas dengan dial pengatur volume suara berbentuk scroll wheel. Tombol-tombol kontrol LCD terletak di tengah sehingga dapat digunakan dengan mudah untuk mengontrol tampilan di layar.

Tombol-tombol multimedia diletakkan di sisi kanan atas dan turut dilengkapi dengan pengatur volume suara berbentuk scroll wheel

Directional Buttons ini digunakan untuk navigasi menu di layar LCD. DI sebelah kiri terdapat tombol slider yang befungsi untuk menonaktifkan tombol bergambar logo Windows agar menu start tak muncul tanpa sengaja. Hal tersebut kadangkala terjadi saat bermain game, yang berujung pada pengalihan sementara (minimize) aplikasi game. Mengganggu bukan? Dengan tombol tersebut, kemungkinan itu bisa dihilangkan

Khusus untuk tombol macro, Logitech mengurangi jumlahnya dari 18 buah di G15 menjadi hanya 12 di G19. Hal tersebut mungkin dilakukan untuk menghemat tempat. Namun, pengguna masih memiliki banyak tombol untuk menyimpan macro karena ke-12 tombol tersebut secara individu dapat menyimpan tiga macro yang berbeda. Untuk berpindah-pindah antar macro yang tersimpan, pengguna cukup menekan tombol “M1” (grup macro 1), “M2” (grup macro 2), atau “M3” (grup macro 3) yang terletak di bagian kiri atas keyboard. Jadi, secara keseluruhan terdapat 36 fungsi berbeda yang dapat di-assign ke 12 tombol dalam 3 grup.

Ke-12 tombol macro dideretkan di sisi kiri keyboard. Masing-masing tombol ini mampu menyimpan tiga buah set macro

Tombol M1-M3 digunakan untuk berpindah-pindah antar 3 grup macro. Tombol “MR” digunakan untuk merekam macro secara on-the-fly

Logitech juga menyediakan sebuah palmrest untuk dipasang di G19 untuk menunjang kenyamanan bermain game

Salah satu feature yang paling menonjol dari G19 Gaming Keyboard adalah layar LCD “GamePanel” berwarna dengan resolusi 320×240 yang terpasang di bagian tengah. Layar LCD ini terpasang pada engsel putar sehingga bisa diputar beberapa derajat ke atas-bawah untuk disesuaikan dengan pandangan pengguna. Dibandingkan dengan layar monokrom milik G15, layar LCD berwarna pada G19 mampu menampilkan lebih banyak informasi, selain juga tampak lebih indah.

LCD GamePanel pada G19 menggunakan layar warna dan terpasang pada engsel putar

Serangkaian feature di atas membutuhkan daya dalam jumlah lebih besar dari yang dapat dipasok oleh port USB komputer. Oleh karena itu, Logitech menyertakan sebuah unit adaptor eksternal  di dalam kemasan G19 yang diperlukan agar semua fungsi keyboard dapat berjalan. Manfaat lainnya dari penggunaan adaptor eksternal adalah dua buah port USB 2.0 pada G12 memiliki cukup arus untuk me-recharge gadget seperti MP3 Player atau smartphone.

Logitech G19 Gaming Keyboard membutuhkan unit adaptor eksternal untuk memasok daya tambahan

Kabel dari G19 bercabang dua. Salah satunya dihubungkan ke unit adaptor eksternal

Dua buah port USB 2.0 di bagian depan keyboar G19 dapat digunakan untuk menancapkan peripherial USB (seperti flashdrive) atau me-recharge baterai gadget kesayangan Anda

Selain itu, di dalam kemasan, Anda akan menemukan beberapa aksesoris tambahan lain berupa quick user guide dan CD Driver. Di dalam CD ini terdapat sejumlah software, termasuk G-Series Profiler dan LCD Manager, yang diperlukan untuk mengkonfigurasi keyboard berikut layar LCD GamePanel yang dimilikinya.

Manual dan CD driver dalam kemasan Logitech G19 Gaming Keyboard

Part: 1 2 3
Random Articles
Back to Top