Review PC Apps – doPDF: Membuat PDF File dengan Mudah

Reading time:
October 17, 2011

Bertukar file di dunia maya akan sangat merepotkan bila tidak menggunakan sebuah standar file. Bisa saja file yang Anda kirim ke kolega tidak dapat dibuka karena tidak memiliki aplikasi file tersebut. Saat ini, PDF merupakan standar file yang paling sering digunakan untuk bertukar file. Di Indonesia sendiri penggunaan PDF juga sudah meluas, tidak terbatas digunakan di perkantoran saja.

Pertama2

Untuk dapat menjadikan berbagai file seperti doc, xls, odt, atau ppt, dibutuhkan sebuah konverter agar file tersebut dapat dijadikan PDF. Dari sekian banyak aplikasi konverter yang berbayar atau gratis, ada satu yang menarik perhatian kami yaitu doPDF. Aplikasi ini menawarkan kemudahan untuk urusan membuat file PDF.

Platform

Acer 1810TZ

Prosesor: Intel Pentium SU4100
Chipset: Mobile Intel® GS45 Express Chipset
Memory: 2 GB DDR2
Display: 1.6″ HD 1366 x 768 (WXGA)
Hard disk: 300 GB
WiFi: 802.11b/g
OS: Windows 7 Home Premium 64 bit

Instalasi

Untuk dapat meng-install aplikasi ini dan menggunakannya dengan baik, Anda cukup mengikuti proses yang telah disediakan dalam bentuk wizard. Setelah selesai, Anda akan menemukan ikon di dekstop dan menu link di start menu yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi ini. Kapasitas file setup aplikasi ini sebesar 3.99 MB yang dapat diunduh di http://www.dopdf.com/download.php.

instalasi1

Feature

doPDF adalah sebuah pdf konverter gratisan yang dapat digunakan dengan mudah. Dengan satu sentuhan jari, Anda dapat mengonversi word, excel, powerpoint, email, atau halaman web yang ingin Anda ubah menjadi file pdf. Berikut beberapa feature menarik yang kami temukan di aplikasi ini.

No Ghostscripts – Kebanyakan aplikasi PDF konverter yang beredar saat ini akan meminta ghostscript saat Anda meng-install-nya. Berbeda dengan doPDF, aplikasi ini tidak memerlukan ghostscript ataupun aplikasi tambahan lainnya.

Custom Resolution – Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembuatan sebuah file PDF, Anda dapat mengustomisasi resolusi sesuai dengan kebutuhan.

Custom Page – Untuk kebutuhan pencetakan materi file di kemudian hari, Anda dapat men-setting halaman di setiap file terlebih dahulu, seperti A4, letter, A5, A6, dan lainnya. Bahkan, Anda dapat menentukan sendiri ukuran halaman yang akan digunakan.

Print

Searchable – Feature ini mengizinkan Anda untuk mencari teks yang terdapat di file PDF yang telah dibuat. Untuk mempermudahnya dapat menggunakan kata kunci atau indeks file yang telah dibuat sebelumnya. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung multibahasa agar mempermudah penggunaan.

Pengujian

Cara kerja aplikasi ini sebenarnya memanfaatkan virtual printer driver untuk menciptakan sebuah PDF File. Jadi, setelah sukses di-install, doPDF akan muncul di Printer and Faxes. Anda dapat membuat pdf langsung dengan cara mencetak dokumen yang hendak dijadikan pdf atau dengan membuka menu doPDF melalui ikon dekstop atau start menu.

Pengujian

Aplikasi ini menggunakan sumber daya PC yang cukup efesien. Selain itu, software ini memiliki kinerja yang sangat baik dan cukup cepat dalam mengonversi sebuah file ke dalam pdf. Kelebihan lain dari doPDF adalah telah mendukung Windows 32 dan 64 Bit.

Pihak pengembang aplikasi ini menyediakan 33 bahasa untuk mempermudah penggunaan doPDF. Sampai saat ini, angka tersebut terus bertambah. Sementara itu, aplikasi ini memaksimalkan kinerjanya tanpa adanya software tambahan seperti Ghost Script atau .Net Frame work sehingga instalasi file ini sangat kecil dan tidak banyak memakan resource hard disk Anda.

Support

Dukungan yang diberikan terhadap aplikasi ini sangat baik dan memenuhi persyaratan penggunaannya. Anda hanya perlu melihat panduan file yang tersedia bila mengalami kesulitan. Salah satu yang bentuk dukungan yang menarik dari software ini adalah Anda dapat menggunakannya secara gratis untuk penggunaan personal ataupun komersial.

Help1

Kesimpulan

Sebuah aplikasi pembuat pdf yang memiliki kinerja yang baik dengan dukungan penuh dari pihak pengembang aplikasi ini. Software ini mengutamakan kemudahan penggunaan dan kecepatan dalam mengonversi sebuah file dokumen menjadi pdf. Sangat cocok digunakan untuk kalangan perkantoran dan sekolah untuk bertukar file dan menghemat biaya.

Keterangan

Kategori
PC Apps, Utilities

Platform
Windows OS (32 dan 64 bits)

Situs Resmi
http://www.dopdf.com/

Unduh File
http://www.dopdf.com/download.php

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…