in: Digital Camera | October 13, 2011 | by: Pramanaya Tjokronegoro

Review Sony Handycam PJ5: Camcorder, Proyektor Harga 3 Jutaan

Performa Camcorder

Ada alasan mengapa Handycam PJ5 relatif terjangkau. Camcorder ini hanya dilengkapi kemampuan perekaman video standard definition. Video yang direkam hanya memiliki resolusi 720×576 pixel. Hasil fotonya pun hanya 640×480 pixel.

Untuk melihat kemampuan video, kami mencoba merekam studio scene standar dengan berbagai tingkat pencahayaan. Di bawah ini, kami tampilkan screen capture dari hasil rekaman tersebut.

EV8,33
EV5,33
EV4
EV2
EV0

Tentu saja, tingkat detail hasil video PJ5 tidak sebaik video high definition. Namun, yang dinilai juga adalah tingkat noise dan sensitivitas sensor. PJ5 terbukti mampu merekam dengan baik sampai tingkat pencahayaan EV4, atau sekitar 40 lux. Pada EV2, sekitar 10 lux, PJ5 masih dapat menghasilkan gambar, meskipun underexposed dan noisy. Titik extinction terdapat pada nilai exposure EV0.

Bagaimana dengan performa proyektornya? Proyektor pada PJ5 memiliki nilai lumens lebih tinggi dari PJ10, PJ30, maupun PJ50. Meskipun begitu, tentu saja proyektor ini hanya sekelas pico projector. Sony tidak memberi data spesifik nilai lumens maupun resolusinya, namun percobaan kami menunjukkan bahwa proyeksi masih termasuk jelas jika digunakan dalam ruangan di malam hari. Proyeksi lebih jelas jika lampu ruangan dimatikan, tentunya, tetapi tanpa dimatikan pun proyeksi masih dapat dinikmati.

Jarak proyeksi terdekat adalah 20cm, di mana pada jarak tersebut lebar proyeksi adalah 7,5cm. Dengan perbandingan ini, berarti untuk menghasilkan proyeksi berukuran 1 meter, PJ5 harus ditempatkan sekitar 2,5 meter dari layar. Satu hal yang menarik, akurasi warna dan kontras proyektor sangat baik, seperti memang dirancang khusus untuk foto dan video.

Kesimpulan

Biasanya, JagatReview tak mengulas camcorder standar definition. Kami bahkan tak menguji video 720p. Namun, Sony Handycam PJ5 adalah pengecualian. Camcorder ini mungkin hanya memiliki perekaman video standard definition, tetapi feature lainnya solid, dengan harga dan feature yang menarik. Kami menyukai bentuk, finishing, kecerahan dan akurasi warna proyektor, lensa zoom 57x, bahkan switch tutup lensa manual. Penggunaan sangat mudah dimengerti, Anda bahkan dapat menghubungkan perangkat lain ke proyektor. Jika Anda merasa tak membutuhkan proyektor, PJ5 tetap merupakan pilihan unik untuk hadiah.

Kelebihan:

  • Finishing kualitas tinggi
  • Lensa zoom 57x
  • Proyektor cukup terang, dengan akurasi warna dan kontras yang baik
  • Video fill light terintegrasi
  • Hasil perekaman baik pada kondisi kurang cahaya

Kekurangan

  • Tidak ada peredam getar optik, hanya tipe elektronik
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: