in: Gadget | October 10, 2011 | by: Dimas Galih Windujati

Review Tablet Huawei Ideos S7 Slim 201u: Android 7″ yang Ramping dan Murah

Saat ini, di pasaran Indonesia, tablet dengan sistem operasi Android dengan ukuran layar 7 inci masih mendominasi. Kebanyakan tablet tersebut berasal dari India maupun China. Sayangnya, banyak juga yang masih menggunakan prosesor yang berkecepatan rendah. Selain itu, ada pula tablet-tablet dengan prosesor berkecepatan 1 GHz akan tetapi tidak memiliki kinerja yang optimal.

Kali ini, Huawei mengeluarkan sebuah tablet yang mereka namakan Huawei Ideos S7 Slim. Mungkin Anda pernah pula mendengar nama yang sama akan tetapi memiliki bentuk yang berbeda. Pada sampel yang kami dapatkan ini, tablet tersebut memiliki nomor seri S7-201u. Huawei Ideos S7 Slim 201u ini memiliki homescreen yang menurut kami cukup unik. Sekilas terlihat bahwa tablet yang satu ini memakai sistem operasi Honeycomb.

Huawei Ideos S7 Slim menggunakan System on Chip buatan Qualcomm, yaitu QSD 8650. SoC yang satu ini memakai prosesor Qualcomm Scorpion 1 GHz dan GPU Adreno 200. Memori yang terpasang sebesar 512 MB. Untuk memory internalnya, terbagi dua, yaitu internal tablet storage sebesar 3 GB serta internal SD Card sebesar 4.66 GB. Selain itu, Anda dapat menambahkan SD card sendiri pada slot yang sudah tersedia. Lalu bagaimanakah dengan sistem operasi dari tablet yang satu ini?

Sistem Operasi: (Masih) Android Froyo

Seperti gambar di atas, Huawei Ideos S7 Slim 201u masih menggunakan sistem operasi Android Froyo versi 2.2.2. Sistem operasi ini tentu saja lebih baik dibandingkan dengan Android Eclair, akan tetapi sangat disayangkan, karena tablet ini seharusnya lebih optimal lagi apabila bisa dipasangkan sistem operasi Android Gingerbread. Akan tetapi pada penggunaan sehari-hari seharusnya tidak akan ada masalah berarti, mengingat aplikasi yang tersedia masih mendukung Android versi 2.2.2.

Sistem operasi Froyo ini tentu saja sudah di”permak” homescreen-nya oleh Huawei. Sekilas saat melihat, Anda mungkin akan mengira bahwa sistem operasinya adalah Android Honeycomb. Walaupun begitu, homescreen tersebut memang terlihat cukup “cantik” serta memiliki kesan Honeycomb. Homescreen yang dibuat oleh Huawei pada tablet ini juga ada lima buah, seperti di bawah ini.

Untuk tombol menu, Anda dapat menekan soft button menu pada bagian bawah sebelah kanan, tepat di sebelah soft button Favorites.

Orientasi menu pada Huawei Ideos S7 Slim hanya ada pada mode Landscape. Satu kemudahan yang hilang pada theme buatan Huawei ini adalah taskbar yang biasa di-slide dari bagian atas menjadi tidak berfungsi. Oleh karena itu, Anda harus kembali ke menu utama dan menekan softbutton yang ada pada bagian atas kanan. Uniknya, taskbar tersebut juga menjadi satu dengan task manager, sehingga Anda bisa langsung mematikan aplikasi-aplikasi yang masih berjalan di-background.

Satu hal yang harus diperhatikan pada tablet yang satu ini adalah Anda tidak dapat menginstal launcher pihak ketiga. Saat kami menginstal salah satu launcher, tablet ini kehilangan kemampuan touchscreen-nya dan kami harus mengembalikan tablet ini kepada Huawei. Launcher buatan Huawei sendiri memang sudah cantik dan memiliki fungsi yang lebih baik, akan tetapi saat pengguna bosan pada launcher tersebut, pilihannya adalah dengan mengganti wallpaper saja.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES