in: News | October 19, 2011 | by: Ernest Dimitria

Volvo Gabungkan Mesin Turbodiesel dengan Motor Elektrik dalam V60 Estate

Tingkat efisiensi dan rendahnya emisi CO2 yang dihasilkan oleh mesin diesel memang sudah terbukti. Sejumlah perusahaan manufaktur otomotif pun telah mengadopsi mesin tersebut ke dalam mobil-mobil produksinya untuk menyuguhkan efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi bagi para pengguna. Kini, Volvo sedang menyiapkan mobil terbarunya yang menggabungkan mesin 2.4 liter 5 silinder turbodiesel dengan motor elektrik. Versi V60 plug-in hybrid estate ini dikabarkan akan siap dijual di pasaran pada tahun 2012 mendatang.

Mesin turbodiesel yang dibenamkan dalam mobil hybrid Volvo V60 ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 215HP yang mendorong laju roda depan, sedangkan motor elektrik bertenaga 70HP mentransfer tenaga ke roda belakang V60. Motor elektrik ini ditenagai oleh baterai lithium-ion bertenaga 12kWh yang mampu mendorong laju mobil hingga jarak 50 kilometer. Hal ini dapat dicapai oleh pengemudi dengan memilih model berkendara Pure yang sepenuhnya bersandar kepada kekuatan motor elektrik.

Ada dua pilihan model berkendara lainnya yang ditawarkan oleh Volvo dalam V60 plug-in hybrid ini, yaitu Hybrid dan Power yang menggabungkan performa dari mesin turbodiesel dan motor elektrik. Perbedaannya, model Hybrid mengutamakan tingkat konsumsi bahan bakar yang rendah, sedangkan model Power mengutamakan performa maksimum. Penggabungan kedua mesin ini memungkinkan V60 untuk melaju hingga jarak 1.200 kilometer dengan konsumsi bahan bakar sebesar 1,9 liter per 100 kilometer.

Stefan Jacoby, Presiden dan CEO Volvo Cars, mengatakan bahwa Volvo berusaha menyuguhkan kenikmatan mengemudi, standar keamanan yang tinggi, dan kemewahan melalui mobil hybrid V60. Selain itu, pengurangan emisi CO2 dan konsumsi bahan bakar sebanyak dua kali lipat dibanding kendaraan lainnya juga menjadi fokus Volvo. Sayangnya, belum ada informasi mengenai harga dan pasar otomotif negara mana saja yang dapat menikmati kehadiran mobil hybrid-diesel ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES